DEFINISI KOMUNIKASI MENURUT PARA AHLI DAN SUMBER BUKUNYA


  • Definisi komunikasi menurut para ahli dan sumber bukunya itu apa sih ?
  • Apa pengertian komunikasi menurut para ahli dan tahunnya ?
  • Apa pengertian komunikasi menurut para ahli dan sumber ?

Definisi Komunikasi Menurut Para Ahli


Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli Dalam Bukunya

Arti komunikasi adalah :

Pengertian komunikasi adalah suatu bentuk interaksi manusia yang bisa mempengaruhi manusia lainnya satu sama lain yang dilakukan baik secara sengaja ataupun tidak sengaja, dan tidak terbatas pada bentuk komunikasi verbal saja, namun juga bisa lewat bentuk ekspresi muka, seni, lukisan dan teknologi. (Shannon & Weaver dalam buku The Mathematical Theory of Communication : 1949)

Definisi komunikasi adalah suatu proses penyampaian pesan dari seseorang kepada orang lain yang bertujuan untuk memberitahu, mengemukakan pendapat, dan mengubah perilaku atau mengubah sikap yang dilakukan baik secara langsung ataupun tidak langsung. Empat komponen inti dari komunikasi adalah Sumber, Penerima, Pesan dan Saluran. (Lydia Harlina Martono & Satya Joewana dalam buku Menangkal Narkoba dan Kekerasan : 2008)

Pengertian komunikasi adalah suatu proses dimana si sumber mentransmisikan suatu pesan kepada si penerima lewat berbagai saluran. (Sarah Trenholm & Arthur Jensendalam buku Interpersonal Communication tahun 1996)

Definisi komunikasi adalah proses dimana dua orang atau lebih melakukan pertukaran informasi dan membentuk informasi tersebut dengan cara sedemikian rupa sehingga pada akhirnya tercipta suatu rasa saling pengertian yang mendalam. (Everett M Rogers & Lawrence Kincaid dalam buku Communication Network: Towards a New Paradigm for Research tahun 1981)

Definisi komunikasi adalah proses dimana seorang individu atau komunikator mentransmisikan suatu stimulus berupa simbol verbal untuk mengubah perilaku individu lainnya. (Hoveland sumber buku Social Communication tahun 1948)

Pengertian komunikasi adalah suatu proses untuk membuat suatu kebersamaan bagi dua orang atau lebih. (Alexander Gode dalam buku What is Communication? tahun 1969)

Definisi komunikasi adalah proses menyortir dan mengirimkan simbol-simbol tertentu yang bertujuan untuk membantu pendengarnya memahami apa yang komunikator maksudkan. (Raymond S Ross dalam buku Speech Communication: Fundamentals and Practice tahun 1983)

Komunikasi adalah penyampaian suatu informasi, emosi, gagasan, keterampilan dsb dengan menggunakan suatu simbol tertentu. (Bernard Berelson & Gary A Steiner dalam buku Human Behavior: An Inventory of Scientific Finding tahun 1983)


Itulah definisi komunikasi menurut para ahli dan sumber bukunya. Semoga artikel definisi komunikasi menurut para ahli dalam bukunya ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua. Lihat juga pengertian pasar tradisional dan pasar modern 🙂