PENGERTIAN ABSOLUT DAN CONTOHNYA


  • Pengertian absolut dan relatif itu apa ?
  • Apa itu absolut ? Apa arti kata absolut ?
  • Apa yang dimaksud dengan absolut ?
  • Apa yang dimaksud dengan monarki absolut ?
  • Apa yang dimaksud dengan kemiskinan absolut ?

Pengertian Absolut


Pengertian Absolut Menurut Para Ahli

Arti absolut adalah :

Definisi absolut adalah sesuatu hal yang tidak dibatasi oleh pembatasan atau pengecualian contohnya : hak absolut.

Pengertian absolut adalah hal yang bersifat tanpa keraguan yang tidak bisa dinegosiasikan seperti seorang diktator yang memiliki kekuasaan mutlak atas orang-orang. Sesuatu hal yang mutlak berarti mengindikasikan hal tersebut tidak akan pernah berubah.

Lawan kata absolut adalah relatif. Relatif adalah sesuatu yang tidak dapat dijadikan suatu tolak ukur kepastian. Contoh : kecantikan wanita adalah hal yang relatif karena bisa jadi kecantikan seorang wanita menurut seorang pria adalah benar-benar cantik akan tetapi di mata pria lainnya mengatakan bahwa wanita itu jelek dan sama sekali tidak cantik.

Ketika kita membicarakan istilah absolut maka satu kata yang dapat mewakilinya adalah mutlak. Apapun yang dikatakan absolut sifatnya mutlak dan pasti, serta tidak dapat dibantah lagi. Kita tentu tidak bisa menyebut sesuatu itu absolut tanpa betul-betul yakin akan kepastiannya dan memang sudah diakui secara luas.

Selain itu sesuatu yang sifatnya absolut juga dapat dibuktikan kebenarannya dan tidak dapat disanggah lagi. Seperti bentuk bumi itu bulat. Hal ini memang sudah diyakini secara luas dan dapat dibuktikan oleh ilmu pengetahuan.

Istilah absolut juga berarti sepenuhnya dan tidak terbatas oleh apapun. Contohnya kekuasaan yang absolut dimana seseorang berkuasa penuh atas sesuatu dan tidak ada satu orang pun yang dapat membatasi kekuasaannya. Sesuatu yang sudah dikuasai secara absolut maka sama saja ia sudah menjadi milik penguasanya karena apapun yang terjadi tergantung si penguasa.

Sesuatu yang sifatnya absolut juga tidak bersyarat. Ia sudah sempurna dan lengkap tanpa perlu syarat-syarat tertentu. Seperti nilai dari satu ditambah satu sama dengan dua, hal ini sudah mutlak tanpa harus memenuhi syarat-syarat, misalnya nilai dari satu ditambah satu sama dengan dua berlaku untuk perhitungan di bumi, sementara hasilnya akan berbeda jika kita hitung di bulan.

Istilah absolut banyak digunakan di berbagai bidang, contohnya kekuasaan absolut, kebenaran absolut, bentuk pemerintahan monarki absolut, bahkan di matematika pun juga ada istilah nilai absolut.

Pengertian monarki absolut adalah bentuk pemerintahan tertua di dunia dimana sebuah negara dipimpin oleh seorang raja atau istilah lainnya seperti ratu atau kaisar yang kekuasaannya tidak terbatas. Ia bertindak sebagai kepala negara dan pemerintahan. Walaupun memiliki struktur pemerintahan akan tetapi kekuasaan dan keputusan akhir mutlak ada ditangannya.

Contohnya kerajaan yang dipimpin oleh seorang raja yang berkuasa penuh atas kerajaan dan rakyatnya. Pada zaman sekarang tinggal sedikit negara yang menggunakan sistem pemerintahan ini, diantaranya Brunei Darussalam, Oman, Qatar, Arab Saudi, Swaziland, dan Vatikan.

Dalam matematika ada istilah nilai absolut. Pengertian nilai absolut adalah nilai yang digunakan untuk nilai yang mengabaikan tanda di depan nilai tersebut. Nilai absolut selalu positif dan lambangnya adalah |a|, dimana baik |a| maupun |-a| nilainya sama yaitu a.


Nah itulah penjelasan singkat mengenai absolut dan contohnya. Semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca definisimenurutparaahli.com 🙂