PENGERTIAN AFEKSI


  • Pengertian afeksi dalam psikologi itu apa sih ?
  • Apa itu afeksi ? Apa arti kata afeksi ?
  • Apa yang dimaksud dengan afeksi ?
  • Apa pengertian afeksi dalam demokrasi ?
  • Apa pengertian afeksi positif dan negatif ?

Pengertian Afeksi


Pengertian Afeksi Menurut Para Ahli

Pengertian afeksi adalah suatu kebutuhan manusia untuk mendapatkan respon yang baik atau perlakukan yang hangat dari orang lain. (Cronbach dalam Dirgagunarsa : 1989)

Definisi afeksi adalah kasih sayang yang mempunyai prinsip dasar perasaan untuk dicintai atau disukai. (Schutz dalam Sarwono : 1991)

Arti afeksi adalah suatu bentuk kebutuhan cinta dan kasih sayang yang di dalamnya terdapat unsur memberi dan menerima. (Goble : 1987)


Afeksi adalah kasih sayang. Afeksi bisa terjadi antara dua orang atau lebih, dan terjadinya afeksi disebabkan oleh adanya interaksi sosial antar individu. Dalam bahasa Inggris afeksi diartikan sebagai affection. Afeksi memiliki perbedaan dengan emosi. Afeksi dan emosi merupakan sebuah perasaan yang sama-sama dirasakan satu orang atau bersifat pribadi, hanya saja emosi dapat terlihat dengan jelas oleh mata melalui ekspresi yang dibuat seseorang ketika mengeluarkan emosi, sedangkan afeksi tidak demikian.

Di dalam afeksi, hanya perasaan di dalam hati yang berperan sementara sikap diri atau gerak-gerik sama sekali tidak berperan. Contoh mudahnya bisa kita lihat sehari-hari. Semisal, ketika keluarga kita mengalami musibah kecelakaan, kita yang merasakan afeksi dan emosi secara bersamaan akan merasa sedih dan menangis. Sedangkan jika kita hanya merasakan afeksi, kita hanya merasa sedih tetapi tidak menangis dikarenakan kita ingin menutupi kesedihan kita.

Dalam ilmu psikologi, afeksi memiliki arti yang berbeda dengan arti yang terdapat di dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Di dalam KBBI pengertian afeksi diambil berdasarkan arti umum dalam bahasa Inggris, yaitu kasih sayang.

Tetapi di dalam ilmu psikologi, pengertian afeksi tidaklah sederhana. Pengertian afeksi dalam psikologi adalah sikap yang timbul karena adanya faktor eksternal dan bukanlah bawaan sejak lahir. Faktor eksternal tersebut salah satu contohnya adalah pengalaman atau situasi yang terjadi dengan orang lain. Jadi, afeksi terjadi akibat interaksi dengan orang lain.

Misalnya, kasih sayang yang diberikan ibu kepada anaknya. Kasih sayang yang ditujukan ibu kepada anaknya sangat lembut dan tidak selalu ditampakkan melalui emosi. Contoh lain adalah kasih sayang antara suami dan istri, antar teman dan sahabat, dan lain sebagainya.

Afeksi adalah salah satu kebutuhan dasar yang penting bagi kelangsungan hidup manusia. Tanpa afeksi, manusia akan sulit bertahan dalam lingkungannya karea memiliki mental yang tidak baik. Afeksi yang umum terjadi adalah perasaan simpati. Dengan adanya perasaan simpati antar individu, maka hubungan dengan sesama akan berjalan baik sehingga kehidupan bisa berjalan dengan selayaknya.

Pengertian afeksi dalam demokrasi adalah adanya suatu hubungan dan interaksi antara wakil rakyat yang duduk di lembaga perwakilan dengan rakyatnya.

Pengertian afeksi spontan adalah suatu bentuk afeksi yang datang secara tiba-tiba dan terjadi tanpa adanya suatu aktivitas pertimbangan atau perhitungan terlebih dahulu. Contoh afeksi spontan adalah perasaan cinta pada pandangan pertama.

Pengertian afeksi positif adalah afeksi yang membuat orang merasa bersemangat serta waspada. Sedangkan pengertian afeksi negatif adalah afeksi yang membuat orang merasa tegang dan tidak nyaman yang biasanya didapat dari suatu penghinaan, kebencian, kemarahan, ketakutan, rasa bersalah dsb.


Oke itulah penjelasan singkat mengenai pengertian afeksi dalam psikologi. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian afeksi dan contohnya secara umum ya ! Lihat juga pengertian signifikan dalam statistik 🙂