PENGERTIAN AIRWAYBILL


  • Pengertian airwaybill itu apa sih ?
  • Apa itu nomor airwaybill ?
  • Apa itu jne airwaybill number ?
  • Apa arti airwaybill number ?
  • Apa yang dimaksud dengan airwaybill ?

Pengertian Airwaybill


Pengertian Air Waybill Menurut Para Ahli

Arti airwaybill adalah :

Definisi airwaybill adalah dokumen angkutan transportasi udara (pesawat) yang berisikan berbagai informasi tentang barang yang dikirim seperti jenis, berat, nilai barang tersebut, dari mana asal barang tersebut dan hendak kemana barang tersebut dikirimkan.

Pengertian airwaybill adalah tanda bukti bahwa barang telah diangkut atau dikirim dan bisa digunakan sebagai tanda bukti dalam mengambil paket atau barang kiriman.

Mungkin teman-teman pernah mendengar tentang airwaybill jne, airwaybill dhl ataupun airwaybill tiki. Airwaybill artinya di sini berarti nomer resi yang tertera pada dokumen pengiriman. Kalau sekarang JNE sudah memakai e consignment not (e-connote) sebagai AWB mereka. Pengiriman airwaybill biasanya diberitahukan oleh penjual kepada pembeli lewat sms setelah barang dipaketkan. Contoh airwaybill lengkap : CGKTS01584124116 (airway bill tracking jne).

Air waybill tracking number berarti pelacakan status pemesanan barang melalui nomer airwaybill yang berguna untuk mengetahui sedang berada dimana posisi barang tersebut. Perlu diingat bahwa airwaybill number tidak selalu bisa dilacak seperti airwaybill number jne yang bisa dicek melalui situs jne.co.id ataupun cekresi.com

Contohnya pengiriman barang dari luar negeri ke Indonesia dengan biaya pengiriman murah seperti dari Cina melalui ebay dengan free ongkir mayoritasnya tidak bisa dilacak secara real time. Kalaupun ada maka tracking atau pelacakan ini akan diberi biaya tambahan.

Distribusi adalah salah satu faktor penting dalam usaha apapun. Barang yang sudah diproduksi dengan baik tidak akan sampai dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas jika tidak didistribusikan. Hasil pertanian di desa tidak akan dapat dinikmati oleh masyarakat perkotaan jika tidak dapat didistribusikan dengan baik. Misalnya jika jalur transportasi atau kendaraan yang akan membawa hasil pertanian tidak tersedia atau mengalami kerusakan, maka distribusi barang akan terhambat.

Oleh karena itu jasa pengangkutan barang merupakan usaha yang sangat menjanjikan. Apalagi pada zaman sekarang dimana segala sesuatu sudah dapat dilakukan melalui internet, seperti jual beli online dimana transaksi yang terjadi antara penjual dan pembeli dalam jarak yang jauh sering terjadi sehingga jasa pengangkutan dan pengiriman barang mutlak diperlukan, apakah jasa pengangkutan darat, laut, ataupun udara.

Dalam melakukan pengiriman barang baik tujuan dalam maupun luar negeri tentu diperlukan dokumen-dokumen pendukung agar serah terima barang berlangsung dengan baik, apalagi jika barang yang dikirim dalam jumlah besar. Salah satu dokumen yang mutlak diperlukan dalam pengiriman barang melalui jalur angkutan udara adalah AWB atau Air Waybill.

Air waybill merupakan dokumen yang dibuat oleh penyedia jasa pengiriman sebagai tanda terima barang dari pengirim kepada penyedia jasa pengiriman. AWB digunakan untuk pengiriman barang ke luar negeri. Untuk pengiriman barang dalam lingkungan domestik maka yang diperlukan adalah SMU atau Surat Muatan Udara.

Dapat disimpulkan bahwa, pengertian airwaybill adalah dokumen yang sangat penting, tidak hanya sebagai tanda terima tetapi juga kontrak antara pengirim dan penyedia jasa dimana penyedia jasa bertanggung jawab atas keselamatan dan keutuhan barang tersebut sampai di tujuan.

Selain itu air waybill juga sebagai faktur atau kwitansi biaya pengangkutan karena di sana sudah tertera jumlah barang yang diangkut. Juga dalam transaksi menggunakan L/C atau Letter of Credit dimana pencairan dana dari importir untuk eksportir baru bisa dilakukan jika L/C sudah dibuka dengan menyertakan dokumen air waybill yang asli.

Salah satu poin penting air waybill adalah sifatnya non-negotiable, hal ini tertera sangat jelas pada dokumen air waybill. Maksudnya bahwa air waybill merupakan kontrak untuk transportasi atau pengangkutan barang saja tetapi tidak berhubungan dengan barang yang diangkut baik sifat barang maupun jumlahnya.

Hal-hal yang dimuat dalam air waybill adalah nama dan alamat pengirim, nama dan alamat penerima, jumlah berat barang yang diangkut, tanggal terjadinya transaksi, serta tanda tangan pengirim barang dan penyedia jasa angkutan. Pada air waybill terdapat barcode yang dapat digunakan untuk melacak keberadaan barang dan mengetahui spesifikasi barang yang sedang diangkut.


Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian airwaybill secara umum ya ! Baca juga pengertian absolut dan contohnya 🙂