PENGERTIAN AJUDIKASI DAN CONTOHNYA


  • Pengertian ajudikasi dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa itu ajudikasi ? Apa arti kata ajudikasi ?
  • Apa yang dimaksud dengan ajudikasi ?
  • Apa pengertian ajudikasi dalam sosiologi ?

Pengertian Ajudikasi


Pengertian Ajudikasi Menurut Para Ahli

Arti ajudikasi adalah :

Pengertian ajudikasi adalah salah satu cara penyelesaian konflik atau sengketa melalui pihak ketiga yang mana pihak ketiga ini ditunjuk oleh pihak yang bersengketa untuk menetapkan suatu keputusan yang bersifat mengikat.

Pengertian ajudikasi dalam sosiologi adalah suatu upaya untuk mencapai kesepakatan melalui jalur peradilan apabila ada dua pihak yang silang pendapat dan masing-masih pihak tersebut bersikukuh bahwa dialah yang paling benar. Kesepakatan ini bisa ditempuh lewat lembaga peradilan dan kemudian akan diputuskan dengan berbagai bukti dan alasan tertentu yang sesuai dengan peraturan yang berlaku. (Drs. Andreas Soeroso : 2008)

Pengertian ajudikasi dalam pendaftaran tanah adalah suatu kegiatan yang dilakukan dalam rangka proses pendaftaran tanah untuk pertama kalinya. Kegiatan ajudikasi ini meliputi pengumpulan data fisik dan data yuridis terhadap objek tanah. (Irma Devita Purnamasari : 2010)


Konflik merupakan sesuatu yang tidak dapat dihindari oleh manusia sebagai makhluk sosial. Berbagai macam perbedaan dapat memicu timbulnya konflik atau perselisihan. Meskipun kita berusaha menjadi orang baik namun belum tentu orang lain menerimanya demikian. Sehingga yang dapat kita lakukan adalah meminimalisir timbulnya konflik, tidak memperkeruh konflik, atau menyelesaikan konflik dengan cara-cara damai, mudah, dan cepat.

Ada beberapa macam cara penyelesaian konflik seperti arbitrasi, toleransi, mediasi, konsiliasi, ajudikasi, dan lain sebagainya. Pengertian ajudikasi adalah upaya penyelesaian konflik melalui jalur hukum atau pengadilan. Cara ini merupakan pilihan terakhir jika cara-cara lain yang lebih bersifat musyawarah atau kesepakatan tidak berhasil atau tidak dapat ditempuh.

Penyelesaian konflik dengan ajudikasi menghabiskan banyak sumber daya seperti waktu dan biaya. Sidang yang dilakukan beberapa kali dalam rentang waktu tertentu serta biaya untuk proses pengadilan seperti biaya untuk membayar kuasa hukum. Meskipun demikian keuntungan menggunakan cara ini dalam penyelesaian konflik adalah adanya keputusan akhir yang berkekuatan hukum tetap sehingga kecil kemungkinan masalah atau konflik tersebut timbul kembali. Konflik atau masalah yang dapat diselesaikan di pengadilan seperti masalah pidana, perdata, perceraian, korupsi, dan lain-lain.

Misalnya seperti konflik antara dua orang yang terlibat tabrakan kendaraan. Kedua belah pihak bersikukuh telah berkendara dengan benar. Jalan damai dengan cara mediasi ataupun konsiliasi telah diupayakan namun tidak membuahkan hasil. Mau tidak mau ditempuh jalur pengadilan untuk penyelesaian konflik. Nantinya proses di pengadilanlah yang memutuskan pihak mana yang bersalah dan apa konsekuensi hukumnya. Keputusan yang dikeluarkan pengadilan memiliki kekuatan hukum tetap sehingga pihak lain tidak akan bisa menuntut lagi di kemudian hari.

Contoh lainnya adalah ajudikasi pendaftaran tanah dalam hal penentuan status hukum tanah sesuai dengan peraturan pemerintah nomor 24/1997. Ajudikasi di sini bukanlah seperti proses pengadilan pada umumnya akan tetapi merupakan kegiatan pengumpulan dan penetapan kebenaran mengenai data fisik dan data yuridis atas tanah yang akan didaftarkan. Hasilnya akan digunakan dalam proses pendaftaran tanah untuk mendapatkan status hukum tanah tersebut oleh pemilik yang berwenang.


Oke itulah penjelasan singkat tentang pengertian ajudikasi dan contoh ajudikasi. Semoga artikel pengertian ajudikasi dan contohnya ini bisa bermanfaat bagi kalian ya ! Lihat juga pengertian sinkronik dan diakronik 🙂