PENGERTIAN AKOMODASI DALAM PARIWISATA


  • Pengertian akomodasi dalam pariwisata itu apa sih ?
  • Apa itu akomodasi hotel ? Apa arti kata akomodasi ?
  • Apa yang dimaksud dengan akomodasi perhotelan ?
  • Apa jenis-jenis akomodasi dalam pariwisata ?
  • Apa pengertian akomodasi dan contohnya ?

Pengertian Akomodasi


Pengertian Akomodasi Menurut Para Ahli

Arti akomodasi dalam pariwisata adalah :

Pengertian akomodasi dalam pariwisata adalah segala sesuatu yang disediakan untuk memenuhi kebutuhan seseorang ketika berwisata. Akomodasi bisa berupa tempat dimana seorang wisatawan bisa menginap, beristirahat, makan, minum, mandi dsb (Setzer Munavizt : 2009)

Definisi akomodasi adalah suatu tempat penginapan yang dilengkapi pelayanan lainnya seperti layanan makan dan minum. Contoh akomodasi adalah hotel, bungalow, losmen dsb. (arti akomodasi dan contohnya menurut SK Menteri Pariwisata No.37/PW.304/MPT/86)

Pengertian biaya akomodasi adalah segala biaya yang digunakan untuk menginap serta makan dan minum selama melakukan kegiatan pariwisata.


Berbicara tentang pengertian akomodasi, tentu saja ranahnya akan luas dalam berbagai bidang keilmuan. Tapi yang akan kita bahas kali ini adalah akomodasi dalam pariwisata. Akomodasi dalam dunia pariwisata sangat identik dengan penginapan. Namum, banyak orang yang mengetahui bahwa akomodasi dalam pariwisata hanyalah hotel, padahal banyak sekali jenis-jenis akomodasi dalam dunia pariwisata.

Sebelum masuk ke permasalahan yang lebih dalam lagi, kita harus mengetahui pengertian akomodasi dalam dunia pariwisata secara umum. Pada umumnya jika kita berwisata menggunakan agen travel, maka akomodasi adalah sebuah tempat penginapan yang disediakan oleh penyedia jasa ketika anda dalam perjalanan atau berlibur.

Biasanya fasilitas akomodasi yang disediakan agen travel akan berbeda-beda, tergantung paket, kebutuhan atau kesepakatan yang anda buat dan anda setujui bersama dengan agen travel yang membantu perjalanan anda.

Adapun contoh akomodasi / jenis jenis akomodasi dalam pariwisata yang sering dijumpai di Indonesia antara lain :

  1. Hotel

Fasilitas menginap lengkap dengan jamuan makan, minum dan jasa lainnya.

  1. Motel

Merupakan tempat menginap yang berada dekat dengan jalan yang memungkinkan anda bisa memarkir kendaraan di sebelah kamar anda.

  1. Guest House

Berupa hunian rumah biasa, hanya saja ada beberapa kamar yang disewakan untuk tamu penginap, fasilitas yang diberikan cukup sederhana berupa, makanan dan minuman rumahan.

  1. Apartemen

Merupakan akomodasi jangka panjang untuk beberapa orang dengan kelengkapan rumah normal.

  1. Sanatorium

Akomodasi ini dikhususkan bagi orang yang menderita penyakit tertentu, dengan fasilitas makan dan fasilitas kesehatan.

  1. Bungalow

Merupakan jenis akomodasi yang berbentuk rumah yang tersedia di daerah pegunungan pada saat musim berlibur.

  1. Mess

Adalah tempat tinggal yang dikhususkan bagi karyawan atau anggota kelompok tertentu.

  1. Logement (Losmen)

Fasilitas akomodasi berupa rumah atau sebagian rumah, namun tanpa fasilitas makan dan minum bagi konsumennya.

  1. Hostel atau asrama

Fasilitas akomodasi ini digunakan oleh pelajar dalam waktu tertentu

  1. Perkemahan

Biasanya terdapat di alam terbuka dan tanpa pungutan biaya, namun dengan syarat tertentu mengenai fasilitas dan kebutuhan selama berkemah.


Oke itulah penjelasan singkat tentang pengertian akomodasi dalam pariwisata. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian akomodasi perhotelan secara umum ya ! Lihat juga pengertian apatis 🙂