PENGERTIAN AKOMODASI DALAM SOSIOLOGI


  • Pengertian akomodasi dalam sosiologi itu apa sih ?
  • Apa itu akomodasi sosial ? Apa arti kata akomodasi ?
  • Apa yang dimaksud dengan sosiologi ?
  • Apa contoh akomodasi dalam sosiologi sosial ?

Pengertian Akomodasi Dalam Sosiologi


Pengertian Akomodasi Menurut Para Ahli

Arti akomodasi dalam sosiologi adalah :

Pengertian akomodasi dalam sosiologi adalah suatu keadaan yang memiliki keseimbangan (equilibrium) interaksi antar individu dalam suatu masyarakat, atau berbagai usaha yang dilakukan manusia untuk meredakan suatu pertentangan seperti usaha-usaha yang dilakukan untuk mencapai kestabilan (Soekanto : 1990)

Definisi akomodasi adalah istilah yang digunakan sosiolog untuk menggambarkan adaptasi sosial yakni dimana seseorang baik individu ataupun kelompok yang pada awalnya saling bertentangan kemudian mengadakan penyesuaian diri untuk mengatasi berbagai ketegangan yang terjadi. (Gillin dan Gillin dalam Soekanto : 1990)


Dalam dunia sosial atau hidup bersosial tidak sepenuhnya berjalan dengan rukun yang sesuai dengan harapan. Namun, ketika bersosial, kita menghadapi banyak hal diantaranya perbedaan pendapat, perbedaan faham atau cara pandang, konflik dan sebagainya. Penyebabnya adalah banyak faktor dan salah satunya adalah faktor adaptasi. Sejatinya, manusia merupakan makhluk yang harus beradaptasi atau menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungannya, terutama dalam hal hidup bermasyarakat.

Secara umum pengertian akomodasi dalam sosisologi adalah bentuk interkasi sosisal yang dilakukan manusia, baik perorangan maupun kelompok yang bertujuan untuk menyelesaikan suatu permasalah atau pertentangan yang terjadi tanpa menghancurkan manusia yang lainnya agar tidak muncul rasa kehilangan kepribadian.

Contoh bentuk akomodasi dalam kehidupan masyarakat diantaranya :

  1. Arbitrase

Merupakan penunjukan pihak ketiga untuk dijadikan sebagai penyelesaian masalah. Dalam bentuk ini pihak-pihak yang bertentangan mencari pihak ketiga untuk dikambinghitamkan agar permasalahannya selesai.

  1. Mediasi

Dalam bentuk ini terdapat pihak yang menjadi penetral atau penengah dari perantara yang terjadi. Kedua pihak yang sedang bertentangan dipertemukan oleh penetral atau perantara untuk mencapai kesepakatan damai.

  1. Koersi

Yaitu bentuk penyelesaian masalah dengan cara kekerasan.  Sehingga salah satu pihak akan bersikap anarki terhadap lawannya untuk menyelesaikan masalahnya.

  1. Konsiliasi

Penyelesaian masalah dalam bentuk ini dijembatani oleh suatu lembaga yang bertujuan untuk mencegah masalah antara pihak yang bertentangan tidak terulang kembali.

  1. Ajudikasi

Proses penyelesaian masalah ini dilaksanakan oleh pengadilan untuk mencapai proses peradilan antara pihak- pihak yang sedang bertentangan.

  1. Kompromi

Cara ini dilakukan oleh pihak-pihak yang bermasalah untuk mencapai kesepakatan damai dengan cara bersama-sama saling mengurangi tuntutannya.

  1. Toleransi

Bentuk toleransi ini merupakan sikap saling menghargai perbedaan yang ada. Namun, dilarang untuk ikut mencampuri dalam hal urusan agama yang berbeda.

  1. Stalamete

Dimana terdapat kondisi yang seimbang antara pihak-pihak yang bertentangan, maka dalam bentuk ini masalah akan selesai pada titik tertentu.

Dari berbagai bentuk akomodasi yang telah dipaparkan, maka kesimpulan dari semua bentuk permasalahan yang ada yaitu tercapainya titik penyelesaian masalah, sehingga masyarakat bisa hidup berdampingan dengan rukun.


Oke itulah penjelasan singkat tentang pengertian akomodasi pada sosiologi & contoh akomodasi dalam sosiologi. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian akomodasi dalam sosiologi dan contohnya secara umum ya ! Lihat juga pengertian akomodasi dalam pariwisata 🙂