PENGERTIAN AKTIVITAS FISIK


  • Pengertian aktivitas fisik itu apa sih ?
  • Apa itu aktivitas fisik ? Apa arti kata aktivitas fisik ?
  • Apa yang dimaksud dengan aktivitas fisik ?
  • Apa contoh aktivitas fisik & manfaat aktivitas fisik ?
  • Apa pengertian aktivitas fisik ringan sedang berat ?

Pengertian Aktivitas Fisik


Pengertian Aktivitas Fisik Menurut Para Ahli

Arti aktivitas fisik adalah :

Pengertian aktivitas fisik adalah suatu bentuk gerakan tubuh yang dilakukan oleh otot-otot rangka yang merupakan bentuk pengeluaran tenaga (yang dinyatakan dengan kilo-kalori) seperti melakukan suatu pekerjaan, waktu senggang dan aktivitas sehari-hari lainnya. (Adi sapoetra : 2005)

Definisi aktivitas fisik adalah gerakan tubuh yang dihasilkan otot rangka yang memerlukan suatu pengeluaran energi. Kurangnya aktivitas fisik akan menjadi salah satu faktor risiko independen dalam suatu penyakit kronis yang bisa menyebabkan kematian secara globa. (pengertian aktivitas fisik menurut WHO : 2008)

Aktivitas fisik adalah gerakan fisik yang dilakukan oleh berbagai macam otot serta sistem yang menunjangnya. (Almatsier : 2003)

Pengertian aktivitas fisik adalah kerja fisik yang menyangkut sistem lokomotor yang bertujuan untuk menjalankan aktivitas hidup sehari-hari. (Lesmana : 2002).

Pengertian aktivitas fisik pada ibu hamil adalah berbagai macam kegiatan yang sebaiknya dilakukan oleh ibu hamil yang berguna agar proses kelahiran si bayi menjadi lancar seperti senam, yoga, berenang, dsb.

Pengertian aktivitas fisik anak adalah berbagai macam gerakan dan kegiatan yang dilakukan pada anak seperti merangkak, berjalan, senyum, berbicara, berjoget dsb.

Pengertian aktivitas fisik pada lansia adalah berbagai macam aktivitas fisik yang bisa dilakukan atau tidak bisa dilakukan oleh orang yang sudah tua renta seperti berlari, melompat, berjalan, berolahraga dsb.


Adapun pengertian aktivitas fisik ringan sedang berat serta contoh aktivitas fisik ringan sedang dan berat yaitu :

Jenis Aktivitas Fisik Pengeluaran kalori Contoh Aktivitas Fisik
Aktivitas fisik berat 7,5 s/d 12 kcal per menit Sepak bola, lari sprint, angkat beban, berenang.
Aktivitas fisik sedang 5 s/d 7,4 kcal per menit Menari, bersepeda, tenis lapangan, ski, menaiki tangga.
Aktivitas fisik ringan 2,5 s/d 4,9 kcal per menit Berjalan kaki, golf, tenis meja, mengetik, berbelanja, membersihkan kamar.

Pengertian aktivitas fisik adalah sebuah kegiatan yang dilakukan melibatkan anggota tubuh, baik dilakukan secara personal maupun bersama pasangan. Umumnya kegiatan aktifitas fisik identik dengan kegiatan olahraga. Tentunya kegiatan tersebut akan menggunakan energi hingga membakar kalori.

Namun tidak semua aktifitas fisik selalu identik dengan berolahraga, karena aktifitas rutin yang biasa kita lakukan ketika bekerja juga merupakan sebuah kegiatan yang melibatkan anggota tubuh. Dengan demikian bekerja juga termasuk ke dalam aktivitas fisik.

Aktifitas fisik merupakan rangkaian gerakan otot yang menghasilkan energi dari pembakaran kalori. Menurut saran dokter, aktifitas fisik sebaiknya dilakukan setiap harinya agar tubuh tetap sehat dan terjaga staminanya. Dengan begitu kita bisa menjalankan berbagai kegiatan sehari-hari dengan semangat. Lain halnya jika kita jarang melakukan aktivitas fisik, hal tersebut justru akan menurunkan stamina tubuh dan kita akan menjadi lebih rentan terkena resiko penyakit.

Lalu bagaimana sih cara mengatur aktivitas fisik setiap harinya? Caranya adalah dengan membuat jadwal rencana kegiatan yang akan dilakukan setiap harinya. Dengan cara tersebut, maka kamu akan senantiasa melakukan kegiatan berfikir sehingga otak pun bekerja. Jika aktivitas otak tersebut dilakukan secara rutin, maka hal tersebut juga akan menjaga performa daya ingat kamu dalam keadaan optimal.

Aktivitas fisik juga dapat menciptakan kehidupan baru, dimana hal tersebut hanya bisa dilakukan oleh orang yang sudah resmi menikah yang sah secara hukum dalam melakukan hubungan intim. Adapun dampak positif dari kegiatan fisik bagi orang yang sudah berumah tangga yakni menciptakan kehidupan baru yaitu peluang munculnya bayi yang lahir ke dunia nantinya.

Jadi aktivitas fisik cukup banyak dan beragam jenisnya dan olahraga merupakan wujud khusus dari aktivitas fisik. Apakah senam termasuk dalam aktifitas fisik? Tentu saja karena di dalam kegiatan yang dilakukan terdapat kontraksi otot dalam tubuh, sehingga dapat dikatakan sebagai wujud olahraga yang berbentuk peregangan tubuh.

Jadi kesimpulannya, setiap aktifitas tubuh yang kamu lakukan mulai dari kegiatan di rumah hingga di luar rumah termasuk dalam aktivitas fisik. Hanya saja yang harus kamu utamakan adalah tujuan dalam melakukan aktivitas fisik tersebut sehingga dapat berjalan secara berkelanjutan.


Nah itulah beberapa contoh definisi aktivitas fisik menurut para ahli. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian aktivitas fisik dan contohnya secara umum ya ! Lihat juga pengertian eksklusif dalam sosiologi 🙂