PENGERTIAN AKTIVITAS RITMIK


  • Pengertian aktivitas ritmik itu apa sih ?
  • Apa itu aktivitas ritmik ? Apa arti kata aktivitas ritmik ?
  • Apa yang dimaksud dengan aktivitas ritmik ?
  • Apa pengertian aktivitas ritmik senam irama ?
  • Apa contoh aktivitas ritmik ?

Pengertian Aktivitas Ritmik


Pengertian Aktivitas Ritmik Menurut Para Ahli

Arti aktivitas ritmik adalah :

Pengertian aktivitas ritmik adalah suatu bentuk pola gerak langkah serta olah tubuh yang dibentuk dengan cara sedemikian rupa sehingga nantinya akan menghasilkan suatu keindahan gerak yang beraturan yang muncul dari gerakan yang satu ke gerakan yang lainnya. (Satrio Ahmad Y : 2007)

Definisi aktivitas ritmik adalah serangkaian gerakan manusia yang dilakukan dengan menyesuaikan perubahan tempo, pola irama atau juga bisa semata-mata hanya gerakan ekspresi tubuh yang mengikuti iringan musik tertentu. (Agus Mahendra : 2005)

Pengertian aktivitas ritmik adalah suatu bentuk keterampilan tentang irama gerak dan seni gerak berirama yang juga meliputi berbagai aspek pengetahuan dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. (Depdiknas Kurikulum 2003)

Pengertian aktivitas ritmik anak adalah kegiatan berirama yang kreatif yang tujukan khusus untuk anak-anak seperti anak usia dini yang berguna untuk melatih sistem motorik dan kognitif. Contohnya seperti tarian. (Sutoto dkk : 1993)

Pengertian aktivitas ritmik senam irama adalah gerakan senam yang dilakukan dengan irama musik atau suatu bentuk latihan bebas yang dilakukan secara berirama. Prinsip dasar aktivitas ritmik adalah irama (ritme), kelentukan tubuh, serta kontinuitas gerakan. (Muhajir : 2007)


Aktifitas ritmik adalah serangkaian gerakan tubuh yang berirama mengikuti tempo musik yang dialunkan, dimana gerakan tersebut dapat berubah seiring dengan tempo musik yang berubah-ubah. Aktifitas ritmik ini identik dengan gerakan para penari yang memang keahliannya menari mengikuti tempo musiknya. Namun adapula gerakan yang bergerak berirama berdasarkan perintah seperti contoh baris-berbaris.

Gerakan menari yang berirama memang umumnya mengikuti mood si penari. Namun adapula yang gerakannya sudah terencana dan tersusun rapih yang diarahkan oleh seorang koreografer. Koreografer sendiri merupakan seorang penari yang terlatih sehingga dapat memberikan serta mengarahkan gerakan yang harus dilakukan oleh seorang penari. Tentunya penghasilannya lebih besar dari seorang penari biasa karena pengalamannya yang banyak.

Kamu tidak perlu menjadi seorang dancer untuk melakukan aktifitas ritmik. Kamu juga bisa melakukan aktivitas ritmik dengan gerakan semau kamu namun tetap sambil diiringi musik, namun gerakannya tetap harus mengikuti tempo musik yang sedang kamu dengar.

Adapun beberapa contoh manfaat aktifitas ritmik antara lain :

  • Melatih otak kanan dan kiri

Kemampuan berfikir otak juga dapat dilatih melalui alunan musik yang didengar. Itulah mengapa untuk ibu yang sedang mengandung memang sebaiknya banyak mendengar alunan musik klasik untuk membuat perkembangan otak anak lebih kreatif. Kaitannya dengan aktifitas ritmik adalah musik yang didengar masuk keotak, dan otakpun mengirimkan sinyal untuk melakukan gerakan sesuai tempo musik.

  • Membuat tubuh sehat

Dengan bergerak berirama mengikuti musik yang dialunkan maka membuat aktifitas tubuh terus bergerak sehingga otot dalam tubuh menjadi kuat, stamina tubuh kita juga menjadi meningkat serta tidak mudah terserang penyakit.

  • Menjadi kreatif

Dengan mengikuti gerakan sesuai irama akan membuat kamu jadi lebih kreatif untuk memikirkan gerakan apa yang selanjutnya dibuat dengan tempo musik yang berubah.

Dengan mengetahui manfaat tersebut tentu kamu akan berpikir untuk lebih banyak melakukan aktifitas ritmik bukan? Yuk latih kemampuan gerakan kamu sambil diiringi musik favorit kamu dan buat hati kamu senang dengan gerakan tersebut.


Itulah penjelasan pengertian aktivitas ritmik dan contohnya secara singkat. Semoga kalian bisa menjelaskan apa yang dimaksud dengan aktivitas ritmik secara umum ya ! Lihat juga pengertian aktivitas fisik 🙂