PENGERTIAN ANGKET TERBUKA DAN TERTUTUP


  • Pengertian angket terbuka dan tertutup itu apa ?
  • Apa itu angket ? Apa arti kata angket ?
  • Apa yang dimaksud dengan angket tertutup?
  • Apa pengertian angket dalam penelitian ?
  • Apa pengertian angket menurut para ahli ?

Pengertian Angket


Pengertian Angket Menurut Para Ahli

Definisi angket adalah suatu daftar rincian yang berisikan berbagai pertanyaan yang harus kerjakan dan dijawab oleh responden. (Bimo walgito : 1987)

Pengertian angket adalah suatu daftar pertanyaan tertulis mengenai suatu masalah tertentu yang harus  dijawab secara tertulis juga. (Ws wingkel : 1987)

Arti angket adalah alat pengumpul informasi yang secara garis besar terdiri dari tiga bagian penting yaitu : judul angket, pengantar yang berisi tujuan dan petunjuk pengisian angket, dan daftar pertanyaan yang berisi opini atau kombinasi antara pendapat dan fakta. (Komalasari : 2011)

Bagi teman-teman yang telah menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi tentu pernah melakukan penelitian, setidaknya untuk penelitian tugas akhir. Dalam melakukan sebuah penelitian tentu dibutuhkan data-data untuk dijadikan bahan penelitian. Misalnya penelitian dalam bidang ekonomi dengan kajian mengenai pengaruh tingkat pendidikan dengan tingkat pendapatan di suatu daerah. Tentu dibutuhkan data-data seperti data jumlah penduduk, persentase penduduk per jenjang pendidikan, rata-rata pendapatan per bulan, persentase penduduk berdasarkan profesi, dan masih banyak lagi.

Ada banyak teknik yang dapat digunakan untuk mengumpulkan data yaitu melalui angket, tes, wawancara, dokumen dan foto, dan observasi. Salah satu teknik yang paling pokok dalam pengumpulan data adalah melalui angket.

Saya yakin banyak diantara kita pernah setidaknya sekali mengisi angket atau kuesioner. Apakah di sekolah, di rumah, dan lain sebagainya. Mulai dari pertanyaan sederhana seperti tingkat kepuasan dengan cara guru mengajar sampai seputar masalah pekerjaan dan penghasilan per bulan. Lantas apa yang dimaksud dengan angket?

Pengertian angket adalah daftar pertanyaan tertulis mengenai suatu topik atau permasalahan tertentu yang diberikan kepada responden dan dijawab dalam bentuk tertulis pula oleh responden untuk mendapatkan data-data yang akan digunakan dalam suatu penelitian. Responden dalam hal ini adalah orang yang menjadi subjek penelitian. Pengumpulan data melalui angket banyak digunakan para peneliti karena dianggap efektif dan efisien untuk mengumpulkan data dari responden yang jumlahnya besar dan dalam ruang lingkup wilayah penelitian yang luas.

Angket berdasarkan bentuknya ada dua jenis yaitu angket tertutup dan angket terbuka. Pengertian angket tertutup adalah angket yang menyajikan pertanyaan dan pilihan jawaban sehingga responden hanya dapat memberikan tanggapan terbatas pada pilihan yang diberikan. Contohnya pertanyaan angket mengenai pelayanan sebuah cafe dan diberikan beberapa pilihan jawaban seperti buruk, cukup, bagus, atau sangat bagus.

Sebaliknya, pengertian angket terbuka adalah angket yang memberikan kebebasan bagi responden untuk memberikan jawaban atau tanggapan, biasanya diberikan sebuah pertanyaan dan responden dapat menulis sendiri jawabannya berupa uraian. Contohnya diberikan pertanyaan mengenai seberapa penting penggunaan smartphone, dan kemudian responden dapat memberikan jawabannya sendiri.

Ada juga jenis angket yang menggabungkan keduanya dimana selain diberikan pilihan jawaban, responden juga diberikan ruang untuk menuliskan jawaban atau tanggapannya sendiri bila tidak terdapat pada pilihan jawaban yang diberikan.


Oke mudah-mudahan sobat bisa memahami pengertian angket terbuka dan tertutup beserta contohnya ya ! Lihat juga pengertian air waybill 🙂