PENGERTIAN APATIS DAN CONTOHNYA


  • Pengertian apatis dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa itu sikap apatis ? Apa arti kata apatis ?
  • Apa yang dimaksud dengan apatis ?
  • Apa pengertian apatis dalam kesehatan ?
  • Apa pengertian apatis dalam politik ?

Pengertian Apatis


Pengertian Apatis Menurut Para Ahli

Arti apatis adalah :

Pengertian apatis adalah ketidakpedulian suatu individu dimana mereka tidak memiliki perhatian atau minat khusus terhadap aspek-aspek tertentu seperti aspek fisik, emosional dan kehidupan sosial. (Solmitz : 2000)

Definisi apatis adalah sikap menarik diri dan seakan-akan pasrah pada keadaan. (Minderop : 2013)

Pengertian apatis dalam politik adalah sikap masyarakat yang masa bodoh terhadap berbagai gejala politik. Apatis ini pada umumnya dilatarbelakangi oleh rendahnya ketertarikan dan kepercayaan masyarakat terhadap politik. Selain itu, pemicu lainnya adalah dominasi politik yang diciptakan oleh beberapa oknum politisi yang lebih condong untuk memperhatikan karir politiknya tanpa melihat dan memperdulikan apa saja yang terjadi di negaranya secara keseluruhan.


Ketika musim pemilihan umum (pemilu), seringkali kita mendengar ungkapan seperti tingkat apatisme. Bila di dunia perkuliahan kita juga sering mendengar sebutan mahasiswa apatis. Lalu, apakah arti sebenarnya dari apatis itu? Berikut ini kami berikan ulasannya.

Istilah apatis, secara etimonogi, merupakan serapan dari kata ‘apathy’ dalam bahasa Inggris yang muncul sekitar tahun 1595 hingga 1605 . Istilah ‘apathy’ berasal dari bahasa Latin ‘apathia’ yang diadaptasi dari dari bahasa Yunani ‘apathea’ yang berarti ‘ketidakpekaan terhadap suatu penderitaan’. Merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), istilah apatis (/apa-tis/) didefinisikan sebagai sikap tidak peduli, acuh tidak acuh atau masa bodoh. Lawan kata apatis adalah antusias.

Dalam kamus Cambridge, apatis diartikan sebagai perilaku yang menunjukan tidak adanya ketertarikan atau energi dan menunjukan jika seseorang tidak memiliki suatu kemauan untuk mengambil suatu tindakan, terutama terhadap sesuatu yang penting.

Selanjutnya, Merriam – Webster mengemukakan bahwa pengertian apatis adalah perasaan tidak memiliki emosi atau ketertarikan terhadap suatu hal. Sedangkan “Oxford Dictionary” mendefinisikan apatis sebagai kurangnya ketertarikan, semangat, ataupun fokus terhadap suatu hal. Sumber lain menyatakan jika apatis merupakan kurangnya ketertarikan terhadap suatu hal yang dianggap oleh orang lain menyenangkan.

Dalam ilmu kedokteran, menurut Littre dan Robin, pengertian apatis dalam kesehatan adalah keadaan di mana suatu individu memiliki ketumpulan moral. Orang tersebut bertindak seakan tidak peka terhadap segala rasa sakit, penderitaan, kesenangan atau dapat di katakana orang tersebut malas bergerak.

Dari segi segi psikologis, apatis diartikan sebagai suatu keadaan di mana seseorang menunjukkan ketidakpedulian atau tidak menanggapi rangsangan kehidupan secara emosional, sosial, maupun fisik. Sedangkan dari aspek fisik, seseorang dapat dianggap apatis ketika ia mengalami kelelahan fisik, kelemahan otot, dan kekurangan energy, atau dalam istilah lain disebut dengan letargi.

Penyebab apatis berasal dari dalam individu masing – masing. Penyebab apatis dapat berupa hilangnya nilai – nilai yang dianut di masyarakat, hilangnya kepedulian, hilangnya respek atau nurani, serta pandangan tentang tidak adanya keadilan dalam hukum. Tindakan apatis, seperti yang telah disinggung di awal, sering terjadi dalam kehidupan bermasyarakat, kehidupan berpolitik, dan juga kehidupan bernegara. Berikut ini beberapa contoh penggunaan kata apatis :

  1. Sebagai warga negara yang baik, kita tidak boleh apatis dalam hal mengawal pemerintahan yang ada saat ini.
  2. Tidak ada yang mencoba untuk mengajakk Doni masuk ke dalam diskusi kelas ini. Meski seluruh sekolah sedang mempersiapkan dengan heboh class meeting minggu depan, dia memang terkenal apatis dan tidak akan mau ambil bagian.
  3. Tingkat apatis mahasiswa dalam pemilihan raya calon presiden mahasiswa dan wakilnya tahun ini mencapai 34 persen.
  4. Gadis itu menjadi apatis semenjak kejadian ibunya yang tewas tertembak polisi ketika penggusuran dua tahun lalu.

Oke itulah penjelasan singkat tentang pengertian apatis dan contoh apatis. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian apatis dan contohnya secara umum ya ! Lihat juga pengertian substansi konstitusi 🙂