PENGERTIAN ARTISTIK


  • Pengertian artistik dalam seni rupa itu apa sih ?
  • Apa itu artistik ? Apa arti kata artistik ?
  • Apa yang dimaksud dengan artistik ?
  • Apa pengertian artistik dalam teater drama ?
  • Apa pengertian artistik dalam film ?

Pengertian Artistik


Pengertian Artistik Menurut Para Ahli

Arti artistik adalah :

Pengertian artistik adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan kreasi artistik, ekspresi emosi, ekspresi diri dan kegiatan individualistik. Contoh pekerjaan yang melibatkan unsur artistik adalah artis, musisi, eksekutif periklanan dsb. (Marihot Tua Efendi : 2002)

Definisi artistik adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan bentuk seni, termasuk lukisan, musik, sastra, akting, menari dsb.

Pengertian artistik dalam teater adalah segala unsur kreasi seni pendukung pementasan yang menjadikan panggung menjadi lebih hidup. Unsur artistik ini meliputi tata rias, tata panggung, tata busana, pencahayaan dan suara.

Pengertian artistik dalam film adalah segala sesuatu hal yang membuat sebuah film menjadi lebih berseni. Hal ini mencakup rancangan suatu skenario atau naskah yang berkelas.


Istilah artistik digunakan untuk menyatakan segala sesuatu yang bersifat seni atau memiliki nilai seni. Contohnya pementasan drama, pertunjukkan musik, tayangan film, lukisan, dan lain sebagainya. Masing-masing memiliki nilai seni sehingga terlihat dan terdengar indah bagi orang yang melihat atau mendengarnya. Tidak hanya benda-benda atau kegiatan kesenian, benda-benda di luar produk seni juga dapat memiliki sisi artistik atau seni di dalamnya. Misalnya gelas untuk minum yang dilukis bunga di dindingnya, atau kursi bambu yang dirancang sedemikian rupa sehingga terlihat indah.

Unsur artistik adalah salah satu unsur penting dalam suatu pertunjukkan seni, apakah itu teater, drama, musik, atau film. Ada orang atau tim yang khusus menangani dan bertanggung jawab mengenai keseluruhan tampilan secara visual, bagaimana tampilan tersebut dapat mengomunikasikan konsep atau pesan yang akan disampaikan sehingga terbangun suasana yang diinginkan dan menarik minat penonton. Orang atau tim ini biasa disebut penata artistik atau tim artistik. Penata artistik lah yang menentukan segala elemen visual dan gaya artistik yang akan digunakan, serta kapan gerakan-gerakan diperlukan.

Penata artistik dituntut untuk mampu menerjemahkan konsep, ide, pesan, serta mood ke dalam tampilan secara visual sesuai dengan yang diinginkan klien sehingga diperlukan proses diskusi untuk menyatukan pandangan mengenai konsep yang ingin dibangun dan mengimajinasikannya ke dalam tampilan secara visual. Seringkali apa yang diinginkan klien berbeda dengan apa yang diterjemahkan oleh penata artistik sehingga perlu revisi beberapa kali. Belum lagi jika ada masukan-masukan dari klien di saat-saat terakhir dimana jadwal sudah mepet.

Tata artistik meliputi beberapa unsur diantaranya tata panggung, tata cahaya, tata musik, tata suara, tata rias, dan tata busana. Tata panggung berhubungan dengan penataan tampilan atau pemandangan di atas panggung yang disesuaikan dengan adegan sehingga dapat membantu menghidupkan suasana.

Tata cahaya berkaitan dengan pengaturan pencahayaan di panggung untuk mendukung setiap adegan. Seperti tata cahaya ketika adegan sedih tentu jauh berbeda dengan tata cahaya ketika adegan gembira, atau pemberian lampu sorot untuk pemain yang akan ditonjolkan kehadirannya.

Tata musik berhubungan dengan pengaturan musik yang mengiringi setiap adegan sehingga membantu membangun suasana yang diinginkan seperti suasana horor musiknya bagaimana, adegan sedih musiknya lain lagi, dan lain sebagainya.

Sementara tata suara berhubungan dengan pengaturan suara-suara di panggung seperti suara pemain dan suara musik pengiring. Diatur sedemikian rupa agar jangan sampai tumpang tindih dan dapat didengar dengan jelas oleh penonton.

Tata rias dan tata busana diperlukan untuk menghidupkan tokoh-tokoh yang diperankan para pemain. Seperti seorang ibu tiri yang jahat memiliki riasan dan busana tertentu yang akan menonjolkan karakternya.


Oke itulah penjelasan singkat tentang pengertian artistik dan contohnya. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian artistik dalam seni rupa secara umum ya ! Lihat juga pengertian logam mulia dan contohnya 🙂