PENGERTIAN ASSEMBLING


  • Pengertian assembling itu apa sih ?
  • Apa itu assembling ? Apa arti kata assembling ?
  • Apa yang dimaksud dengan assembling ?
  • Apa pengertian assembling dalam industri ?
  • Apa pengertian assembling rekam medis ?
  • Apa pengertian assembling dalam manajemen ?

Pengertian Assembling


Pengertian Assembling Menurut Para Ahli

Arti assembling adalah :

Definisi assembling adalah suatu kegiatan atau proses untuk membawa bersama-sama atau mengumpulkan beberapa hal dalam satu tempat menjadi satu keutuhan.

Pengertian assembling adalah perakitan komponen atau item akhir pada satu titik yang terdiri dari sejumlah bagian yang kemudian disatukan untuk melakukan fungsi tertentu.

Istilah assembling bukanlah istilah yang umum digunakan di masyarakat, istilah ini hanya kita temui pada beberapa bidang tertentu seperti bidang kesehatan, seni, dan dalam proses produksi. Secara umum istilah assembling dapat diartikan sebagai penggabungan atau perakitan komponen-komponen menjadi satu kesatuan.

Pengertian assembling dalam seni rupa adalah penggabungan komponen berbagai macam benda menjadi sebuah karya seni rupa. Contohnya teknik assembling dalam pembuatan karya seni patung dimana teknik ini dilakukan dengan menggabungkan bahan-bahan yang terdapat di lingkungan sekitar dan dirakit atau dibentuk menjadi sebuah patung. Komponennya bisa dari baru, plastik, kaca, es, baja dsb.

Dalam dunia kesehatan dikenal istilah assembling berkas rekam medis. Pengertian assembling rekam medis adalah kegiatan mengumpulkan dan mengurutkan dokumen-dokumen rekam medis sesuai urutan sehingga diketahui kronologi riwayat kesehatan pasien. Setelah disusun sesuai urutan baru kemudian dokumen-dokumen ini disimpan oleh petugas filing.

Adapun pengertian assembling rekam medis menurut para ahli diantaranya :

Pengertian assembling rekam medis adalah proses mengumpulkan kemudian mengurutkan berkas yang berisikan dokumen tentang identitas, diagnosa pengobatan, anamnesis, pemeriksaan, tindakan, pengobatan, serta pelayanan lainnya yang diberikan kepada pasien (Watson : 1992).

Assmbling rekam medis adalah pengumpulan suatu berkas catatan mengenai identitas pasien, pengobatan, hasil pemeriksaan serta tindakan dan pelayanan lainnya yang sudah diberikan kepada pasien tersebut. (Permenkes No 269)

Definisi assembling rekam medis adalah pelayanan rekam medis berbasis kertas (paper based documents) yang diolah, ditata dan disimpan secara manual ataupun yang berbasis Computerized Patient Record (CPR) yang dikelola melalui sistem informasi terpadu. (DEPKES RI 2008 : 10)

Tujuan dilakukannya assembling berkas rekam medis pasien adalah untuk mengetahui gambaran riwayat kesehatan pasien dari dulu hingga sekarang yang dapat membantu petugas medis memberikan penanganan yang tepat pada pasien. Hal ini sangat penting dilakukan mengingat betapa berbahayanya jika penanganan seorang pasien tanpa mengetahui riwayat kesehatan dan pengobatannya. Jika tidak berhati-hati malah dapat memperburuk kondisi pasien.

Di bidang industri dalam proses produksi juga dikenal istilah assembling atau perakitan. Pengertian assembling dalam industri adalah menggabungkan beberapa komponen baik itu barang jadi maupun setengah jadi menjadi suatu produk baru tanpa mengubah bentuk fisik dan susunan kimiawi komponen-komponen pendukungnya. Contohnya perusahaan alat listrik, karoseri mobil, dan lain-lain. Pada proses produksinya perusahaan ini sama sekali tidak mengubah bentuk fisik dan susunan kimiawi dari komponen pembentuk produk, yang dilakukan adalah menggabungkan tiap komponen dengan cara yang tepat agar bisa bekerja sama dengan baik.

Agar produk yang dihasilkan berkualitas baik, dalam melakukan assembling pada proses produksi perlu memperhatikan beberapa hal seperti jenis bahan dari komponen yang akan dirakit, tenaga yang dibutuhkan dalam proses perakitan, pemilihan metode penyambungan antar komponen, pemilihan metode penguatan, toleransi, ergonomis atau kesesuaian bagi pengguna, dan finishing atau polesan akhir terhadap produk yang dihasilkan.

Dalam melakukan assembling pada proses produksi perlu diketahui dengan baik jenis bahan komponen karena akan sangat berpengaruh pada tenaga yang dibutuhkan dalam proses penyambungan serta metode penyambungan yang akan digunakan. Selain itu juga harus diperhatikan apakah produk ergonomis atau tidak. Hal ini sangat penting karena bagaimanapun juga kepuasan pengguna adalah tujuan akhirnya. Sangat penting diperhatikan apakah pengguna akan merasa nyaman, bagaimana keselamatan pengguna, dan lain sebagainya.

Pengertian assembling dalam fungsi manajemen adalah proses pengurutan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan urusan manajemen itu sendiri. Contohnya : pengikhtisaran sistem anggaran keuangan untuk jangka panjang, menengah, dan jangka pendek.

Sedangkan pengertian assembling of resources dalam manajemen adalah fungsi manajemen yang bertugas untuk menyusun siapa-siapa saja yang menjadi sumber daya manusia dalam suatu organisasi yang dimulai dari tahap perekrutan, pelatihan sampai dengan tahap pengembangan agar SDM tersebut berdaya guna bagi organisasi.


Oke mudah-mudahan sobat bisa memahami arti dan pengertian assembling ya ! Lihat juga pengertian patogen dan apatogen 🙂