PENGERTIAN AUSKULTASI DALAM KESEHATAN


  • Pengertian auskultasi dalam kesehatan itu apa sih ?
  • Apa itu auskultasi ? Apa arti auskultasi ?
  • Apa yang dimaksud dengan auskultasi ?

Pengertian Auskultasi


Pengertian Auskultasi Menurut Para Ahli

Arti auskultasi adalah :

Definisi auskultasi adalah salah satu tindakan pemeriksaan pasien dengan cara mendengarkan bunyi yang terbentuk di dalam tubuh yang bertujuan untuk mendeteksi apakah ada suatu  kelainan yang dialami pasien dengan cara membandingkannya dengan bunyi normal orang yang sehat. 

Pengertian auskultasi adalah proses pemeriksaan karakteristik bunyi pada tubuh pasien yang meliputi frekuensi, kekerasan atau amplitudo gelombang bunyi serta kualitas bunyi.

Apa yang paling kita ingat dari penampilan seorang dokter ? Ya, jas putih dan sebuah alat yang digantungkan di leher yang digunakan untuk memeriksa pasien atau disebut juga stetoskop. Jika kita menonton film atau menyaksikan karnaval, profesi seorang dokter tidak terlepas dari kedua atribut ini.

Stetoskop merupakan peralatan medis yang digunakan untuk mendengarkan suara dari dalam tubuh apakah dari jantung, paru-paru, ataupun usus untuk mengetahui kondisi kesehatan seseorang. Selain menggunakan alat bantu, kita juga dapat menggunakan telinga secara langsung untuk mendengarkan suara dari dalam tubuh seperti yang sering kita saksikan di film-film.

Pemeriksaan fisik dengan cara mendengarkan suara dari dalam tubuh pasien baik dengan menggunakan alat bantu atau tidak disebut dengan auskultasi. Dengan melakukan auskultasi maka petugas medis dapat mengetahui apakah ada suara tidak normal yang dihasilkan dari dalam tubuh pasien dan kemudian menganalisanya untuk mendiagnosa penyakit yang diderita pasien.

Pemeriksaan auskultasi adalah salah satu cara yang sering digunakan petugas medis untuk menganalisa penyakit pasien selain dengan cara mendengar keluhan pasien, tes darah, rontgen, dan lain sebagainya. Contohnya adalah pemeriksaan auskultasi pada ibu hamil dan pemeriksaan auskultasi paru.

Keterampilan petugas medis dalam melakukan auskultasi mutlak diperlukan sehingga harus dilatih agar ia dapat membedakan dengan baik apakah suara yang dihasilkan tubuh pasien normal atau tidak karena akan sangat berpengaruh pada hasil diagnosis. Jika terjadi kesalahan tentu akan sangat berbahaya bagi pasien karena bisa menyebabkan terjadinya kesalahan diagnosis yang bisa membahayakan pasien.

Dalam melakukan auskultasi tidak hanya sekedar mendengarkan suara dari dalam tubuh saja tetapi juga memperhatikan beberapa hal yaitu frekuensi suara yang meliputi jumlah getaran suara yang dihasilkan tubuh permenit, durasi atau lamanya suara yang terdengar, intensitas suara atau ukuran kuat atau lemahnya suara, serta kualitas suara yang meliputi warna atau variasi suara yang dihasilkan. Dari faktor-faktor inilah dianalisa apakah suara yang terdengar dari dalam tubuh pasien normal atau tidak.

Selain mendengarkan suara dari dalam tubuh, auskultasi juga dapat digunakan untuk mendengarkan detak jantung calon bayi pada ibu hamil dengan menggunakan alat yang disebut fetal doppler sehingga diketahui pertumbuhan janin dengan mendengarkan detak jantungnya.


Itulah penjelasan singkat mengenai definisi pemeriksaan auskultasi. Mudah-mudahan sobat bisa memahami pengertian auskultasi dalam kesehatan ya ! Lihat juga pengertian assembling 🙂