PENGERTIAN AZOIKUM PALEOZOIKUM MESOZOIKUM NEOZOIKUM


  • Pengertian azoikum paleozoikum mesozoikum neozoikum itu apa sih ?
  • Apa itu apa itu zaman azoikum ? Apa arti paleozoikum ?
  • Apa ciri utama dari zaman mesozoikum ?
  • Jelaskan apa yang dimaksud dengan zaman azoikum !

Pengertian Azoikum Paleozoikum Mesozoikum Neozoikum


Bumi tempat kita tinggal saat ini mengalami begitu banyak perubahan sejak dari awal terbentuknya. Mulai dari ketika belum ada kehidupan sama sekali, kemudian munculnya makhluk hidup bersel satu, adanya dinosaurus, kemudian digantikan dengan manusia purba, sampai kehidupan modern yang kita kenal pada saat sekarang. Semua itu terjadi dalam rentang waktu yang panjang berjuta-juta tahun yang lalu.

Perjalanan kehidupan di bumi secara umum dibagi dalam empat zaman yaitu zaman azoikum atau archaikum, paleozoikum, mesozoikum, dan neozoikum. Pada setiap zaman ini menandai kepunahan suatu jenis makhluk hidup dan kemunculan makhluk hidup lainnya.

Yang pertama adalah zaman azoikum atau archaikum. Pengertian azoikum adalah zaman yang masih belum ada kehidupan di bumi karena suhu bumi yang masih sangat panas sehingga tidak memungkinkan adanya makhluk hidup. Zaman ini sekitar 2.500 sampai 1.200 juta tahun yang lalu.

Kemudian setelahnya ada zaman paleozoikum atau ada juga yang menyebut zaman primer. Pengertian zaman paleozoikum adalah zaman yang terjadi sekitar 340 juta tahun lalu dan ditandai dengan suhu bumi yang mulai dingin dan terbentuknya kutub. Walaupun demikian iklim masih berubah-ubah dan curah hujan sangat tinggi. Kehidupan sudah mulai ada yaitu dengan munculnya makhluk hidup bersel satu, hewan-hewan kecil yang tidak memiliki tulang punggung, jenis-jenis ikan, dan ganggang atau rumput-rumputan.

Sekitar 140 juta tahun yang lalu dimulailah zaman mesozoikum atau disebut juga zaman sekunder. Pengertian mesozoikum adalah zaman yang ditandai dengan iklim bumi sudah mulai stabil dan curah hujan yang sudah mulai berkurang sehingga sungai dan danau mulai mengering dan berlumpur. Pohon-pohon besar mulai tumbuh dan terjadi evolusi. Ikan-ikan yang tidak dapat menyesuaikan diri banyak yang mati. Sementara yang sanggup bertahan hidup ada yang ke darat dan berevolusi menjadi reptil. Reptil berkembang pesat pada zaman ini dan tumbuh menjadi sangat besar seperti dinosaurus, brontosaurus, dan tyrannosaurus. Tidak hanya di darat, ada juga reptil besar yang dapat terbang di udara seperti pterosaurus.

Terakhir ada zaman neozoikum. Pengertian zaman neozoikum adalah zaman yang berlangsung sekitar 65 juta tahun yang lalu yang mana zaman ini terbagi dalam dua zaman yaitu zaman tersier dan kuarter. Pada zaman tersier binatang-binatang reptil berukuran besar mulai punah dan mulai berkembangnya binatang menyusui seperti kera. Kemudian diikuti dengan zaman kuarter yang merupakan masa awal kemunculan manusia.

Zaman ini pun terbagi dua lagi yaitu zaman pleistosen dan holosen. Pada zaman pleistosen yang terjadi sekitar 600.000 tahun yang lalu, mulai muncul manusia purba. Pada zaman ini kondisi bumi masih belum stabil karena zaman es yang terjadi berganti-ganti. Baru pada zaman holosen kondisi bumi sudah stabil seperti sekarang dan berakhirnya zaman es. Manusia purba juga sudah punah dan muncul manusia modern yang ciri-cirinya sama seperti manusia zaman sekarang.


Oke mudah-mudahan sobat bisa memahami pengertian zaman azoikum paleozoikum mesozoikum dan neozoikum ya ! Lihat juga pengertian auskultasi 🙂