PENGERTIAN BANDUL MATEMATIS DAN BANDUL FISIS


  • Pengertian bandul matematis dan bandul fisis dan perbedaannya itu apa sih ?
  • Apa itu bandul matematis ? Apa arti bandul fisis?
  • Apa perbedaan bandul matematis dan bandul fisis ?
  • Apa yang dimaksud dengan bandul matematis dan bandul fisis ?

Pengertian Bandul Matematis dan Bandul Fisis


Pengertian Bandul Matematis dan Bandul Fisis Menurut Para Ahli

Pengertian bandul matematis adalah suatu partikel yang tergantung pada titik tetap dari seutas tali yang mana tali tersebut tidak bisa bertambah panjang dan massanya bisa diabaikan. Bandul matematis adalah salah satu contoh dari gerak harmonis sederhana.

Pengertian bandul fisis adalah benda yang bergantung sehingga bisa berosilasi dengan bebas. Pendek kata, arti bandul fisis adalah segala macam bentuk benda tegar yang digantungkan sehingga benda tersebut bisa berayun dalam bidang vertikal terhadap sumbu yang melaluinya.

Dengan demikian perbedaan bandul matematis dan bandul fisis secara sederhana dapat kita simpulkan yaitu : bandul fisis adalah bandul yang bisa berosilasi secara bebas pada suatu sumbu tertentu dari suatu benda rigid. Dan bandul fisis tidak bisa mengabaikan ukuran, bentuk dan massa benda.


Bandul merupakan suatu sistem sederhana yang dapat digunakan untuk menentukan nilai gravitasi di suatu tempat. Bandul terdiri dari sebuah barang yang diayunkan dengan menggantungkannya ke suatu atap menggunakan tali/batang penggantung. Dalam ilmu fisika dikenal 2 jenis bandul secara umum, yakni bandul matematis dan bandul fisis. Secara fisik keduanya memang tidak berbeda. Pengoperasiannya pun sangat mirip, yakni dengan menyimpangkan benda yang digantungkan sejauh beberapa cm agar bandul bergerak. Akan tetapi ternyata kedua metode ini dapat memberikan perbedaan yang signifikan dalam hasil perhitungannya. Lantas apakah perbedaannya?

Bandul Matematis

Bandul matematis merupakan perwujudan dari sebuah bandul yang sangat ideal. Pada bandul matematis massa tali penggantung sangat kecil sehingga tidak diikut sertakan didalam perhitungan. Dalam perhitungan bandul matematis sendiri dapat digunakan 2 jenis perhitungan, yakni perhitungan dengan menggunakan prinsip ayunan sederhana dan perhitungan dengan menggunakan prinsip ayunan teredam dengan sudut besar.

Perbedaan mencolok dari kedua metode perhitungan bandul matematis ini terletak pada penggunaan deret taylor pada prinsip ayunan teredam dengan sudut besar. Deret taylor adalah fungsi matematika yang merupakan penjumlahan dari tak hingga suku yang dihitung dengan menggunakan nilai turunan dari fungsi tersebut di suatu titik tertentu. Perhitungan ini tetap tergolong sederhana dan mudah untuk dioperasikan.

Bandul Fisis

Adapun untuk bandul fisis, secara umum memang sangat mirip dengan bandul matematis. Perbedaannya terletak pada media penggantung benda. Apabila pada bandul matematis digunakan tali yang tipis sehingga massa tali dapat diabaikan, maka dalam bandul fisis digunakan suatu batang pejal yang massa nya wajib diikut-sertakan didalam perhitungan. Nilai massa ini tidak boleh diabaikan karena akan sangat berpengaruh pada hasil perhitungan.

Karena mendapat tambahan variabel massa, perhitungan bandul fisis juga wajib menyertakan faktor torsi dalam analisis dan kalkulasinya. Perhitungan bandul yang lebih nyata (real) ini juga harus menggunakan deret Taylor karena tidak dapat dihitung pada kondisi yang sangat ideal (menggunakan perhitungan ayunan sederhana). Oleh karenanya apabila Anda menggunakan suatu bandul dalam praktikum untuk menentukan nilai gravitasi, jangan lupa untuk selalu memperhatikan jenis bandul yang dipakai ya!


Itulah penjelasan definisi bandul matematis dan bandul fisis secara singkat. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian bandul matematis dan bandul fisis serta perbedaannya secara umum ya ! Lihat juga pengertian staccato dalam seni musik 🙂