PENGERTIAN BANK DRAFT DAN CONTOHNYA


  • Pengertian bank draft dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa itu bank draft ? Apa makna bank draft ?
  • Apa yang dimaksud dengan bank draft ?

Pengertian Bank Draft


Pengertian Bank Drafts Menurut Para Ahli

Arti bank draft adalah :

Definisi bank draft adalah kertas perintah untuk membayar nominal tertentu yang diberikan kepada sebuah bank. Bank yang ditunjuk ini harus membayarkan nominal uang yang tertera di dalam bank draft tersebut kepada pihak yang yang berhak menerimanya yaitu nama yang tertera di dalamnya. Bank draft dalam bahasa indonesia adalah wesel aksep.

Pengertian bank draft adalah pembayaran atas nama pembayar yang dijamin oleh bank penerbit. Bank draft berbeda dengan cek dimana bank draft ini terdapat jaminan ketersediaan dana dari pihak bank yang mengeluarkan draft. Dengan kata lain jika pemilik bank draft ingin mencairkan uangnya, maka 100% uang itu pasti cair. Pada umumnya bank draft digunakan untuk hal-hal yang terkait dengan transaksi di luar negeri / non lokal.

contoh bank draft mandiri
contoh bank draft mandiri

Siapa yang tidak tahu dengan cek ? Sebagian besar dari kita tentu tahu dengan selembar kertas berharga yang menjadi salah satu pilihan metode pembayaran dalam sebuah transaksi. Tapi sayangnya penggunaan cek ini masih memiliki kelemahan karena bisa saja ketika pemegang cek akan mencairkan cek tersebut ternyata saldo rekening pemberi cek tidak mencukupi sehingga penerima cek akan dirugikan. Hal ini tentu saja menimbulkan perasaan was-was bagi penerima cek.

Untuk mengatasi hal ini bank menerbitkan bank draft atau wesel aksep. Bank draft artinya surat berharga yang berisi perintah tak bersyarat dari bank yang menerbitkan bank draft tersebut kepada pihak lain (bank lain yang ditunjuk) untuk membayar sejumlah uang kepada seseorang yang disebutkan namanya pada bank draft tersebut pada waktu yang telah ditentukan.

Contohnya jika kita akan menempuh pendidikan di luar negeri dan bermaksud membayar biaya pendidikan maka kita bisa menggunakan bank draft. Pertama tentu kita berkonsultasi ke pihak bank untuk mengajukan penerbitan bank draft. Kemudian pihak bank akan memeriksa saldo di rekening kita untuk memastikan apakah dananya cukup. Selain itu pihak bank juga akan memeriksa bank di negara tujuan yang memiliki relasi untuk ditunjuk sebagai tempat pencairan bank draft tersebut. Setelah itu bank draft diterbitkan dan kita dapat mengirimkannya ke pihak sekolah di luar negeri. Nantinya mereka dapat mencairkan bank draft tersebut di bank yang tertera pada lembar bank draft yang kita kirim.

Jika pada pencairan cek dana diambil atau didebet dari rekening orang yang mengeluarkan cek, pada bank draft justru dana diambil dari rekening bank yang menerbitkan bank draft tersebut sehingga dapat dijamin bahwa dana akan selalu mencukupi kecuali jika bank tersebut bangkrut atau bank draftnya palsu.

Selain itu penggunaan bank draft juga lebih aman karena jika bank draft tersebut hilang atau dicuri maka pemiliknya dapat memerintahkan penghentian pembayaran. Pilihannya uang pemilik dapat dikembalikan atau membuat bank draft baru. Selain itu kurs mata uang dan biaya penerbitan bank draft juga lebih murah bila dibandingkan dengan transaksi tarik tunai.


Itulah penjelasan singkat tentang definisi bank draft dan contoh bank draft. Oke mudah-mudahan sobat bisa memahami pengertian bank draft dan contohnya ya ! Lihat juga pengertian auskultasi 🙂