PENGERTIAN BANKIR


  • Pengertian bankir profesional itu apa sih ?
  • Apa itu bankir ? Apa arti kata bankir ?
  • Apa yang dimaksud dengan bankir ?
  • Apa pengertian bankir investasi ?
  • Apa pekerjaan bankir / apa tugas bankir ?

Pengertian Bankir


Pengertian Bankir Menurut Para Ahli

Arti bankir adalah :

Pengertian bankir adalah seseorang yang bekerja di suatu bank tertentu yang mempunyai pengalaman di bidang teknis operasional maupun non-operasional perbankan. Bankir yang professional adalah bankir yang selain mampu menciptakan laba, ia juga dapat menciptakan iklim bisnis perbankan yang sehat dan kompetitif.

Definisi bankir adalah seseorang yang dipekerjakan oleh bank dengan jabatan eksekutif atau pejabat tinggi lainnya. Tugas bankir adalah mengelola keuangan dan tentunya memaksimalkan tingkat keuntungan pada bank dimana dia bekerja.

Pengertian bankir investasi adalah seseorang atau kelompok yang bertindak sebagai agen atau perantara antara penerbit sekuritas dengan masyarakat umum yang ingin melakukan melakukan investasi. Para bankir investasi ini umumnya adalah manajer atau para pejabat eksekutif dari suatu bank investasi (bank investment) atau kelompok perbankan.

Pengertian bankir hipotek adalah seorang bankir yang bertugas untuk menganalisis dan menyetujui suatu pendanaan hipotek properti atau pinjaman utang untuk pemilik rumah. Para bankir ini akan membuat analisa dan menetapkan keputusan berdasarkan beberapa faktor seperti seberapa besar penghasilan pemilik rumah, berapa jumlah hutang kreditnya dsb.


Apa yang ada dibenak kalian saat mendengar kata bankir ? Apakah pria tua buncit yang mengenakan busana kantoran yang memiliki harta yang berlimpah ? Atau bos-bos bank yang punya gaji puluhan juta ? Yup memang ada benarnya !

Bankir adalah sebutan untuk seseorang yang sudah lama berkecimpung di dunia perbankan dan sudah mempunyai jam terbang yang cukup tinggi. Bankir tidaklah sama seperti pegawai bank yang baru bekerja beberapa tahun. Yang membedakan bankir dengan pegawai bank adalah dari sisi jabatan strategis yang dipegangnya seperti manajer cabang dsb.

Para bankir ini umumnya sudah mempunyai pengalaman di dunia perbankan selama puluhan tahun. Gajinyapun tak main-main. Untuk level bankir yang menjabat menjadi manager cabang bank, gajinya bisa mencapai 30 juta lebih tergantung dari pengalamannya. Belum lagi ditambah beberapa fasilitas dan tunjangan lainnya. Jadi nggak ada salahnya donk kalau ada orang yang mengira bankir adalah “dedengkotnya” bank yang hidup makmur berbalut dengan kemewahan.

Untuk menjadi seorang bankir yang profesional, selain dibutuhkan kerja keras juga dibutuhkan attitude yang baik. Adapun attitude atau sikap yang harus ada pada diri bankir yaitu :

  • Taat kepada peraturan.
  • Kejujuran dalam melaksanakan tugas.
  • Menjaga kerahasian nasabah dan bank.
  • Mempunyai sikap sopan santun.
  • Loyal terhadap profesi dan bank tempat dia bekerja.
  • Menghindari conflict of interest.
  • Lebih mementingkan atau mendahulukan tugas daripada kepentingan pribadi.
  • Bentindak secara profesional dalam melakukan pencatatan atas suatu pelaporan.
  • Mempunyai rasa ingin maju dan mau mengembangkan diri.

Seorang bankir yang baik sejatinya adalah seorang pelayan. Ya seorang pelayan ! Bisa dikatakan hampir sama dengan pelayan restoran. Bedanya kalau pelayan restoran melayani pelanggan dalam memilih menu yang akan disantap sedangkan bankir melayani nasabah dan calon nasabahnya dalam hal-hal yang berbau “keuangan”

Jadi tidak ada namanya bankir yang membentak-bentak nasabahnya ataupun para bankir yang tidak mau melayani nasabahnya. Hal ini dikarenakan mereka “hidup” dari uang nasabahnya. Mau tidak mau mereka harus menjadikan nasabah sebagai raja.


Nah itulah penjelasan singkat mengenai pengertian bankir. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian bankir secara umum ya ! Lihat juga pengertian investment company 🙂