PENGERTIAN BEJANA


  • Pengertian bejana perunggu itu apa sih ?
  • Apa itu bejana ? Apa arti kata bejana ?
  • Apa yang dimaksud dengan bejana tekan ?
  • Apa pengertian bejana berhubungan dan contohnya ?

Pengertian Bejana


Pengertian Bejana Menurut Para Ahli

Arti bejana adalah :

Pengertian bejana adalah benda berongga yang bisa diisi dengan berbagai jenis cairan atau serbuk dan pada umumnya digunakan sebagai bak, wadah, tabung dsb.

Pengertian bejana berhubungan adalah bejana yang bagian bawahnya saling berhubungan, sementara bagian atasnya terbuka. Apabila bejana berhubungan diisi dengan zat cair yang sejenis maka permukaan zat cair tersebut akan terletak pada satu bidang datar yang sama. Contoh bejana berhubungan adalah pipa yang berbentuk U.

Pengertian bejana perunggu adalah bejana yang terbuat dari perunggu, berbentuk mirip seperti gitar spanyol yang tidak bertangkai, dan berfungsi sebagai tempat atau wadah penyimpan makanan.

Pengertian bejana tekan adalah tabung tertutup yang berbentuk silinder, berfungsi sebagai wadah penampung yang dapat menahan internal pressure (tekanan dalam) maupun external pressure (tekanan luar). Contoh bejana tekan adalah storage tank (bejana penampung), tabung gas, instalasi pipa gas, instalasi pendingin, reaktor, dsb


Secara umum, pengertian bejana adalah sebuah benda yang berongga yang dapat diisi dengan zat cair dan dapat digunakan sebagai wadah bagi zat cair tersebut. Contoh : Bak dan tabung.

Di dalam pelajaran fisika, khususnya pada materi tekanan fluida di mana tekanan itu dibagi menjadi 3 bagian, yaitu tekanan pada zat padat, tekanan pada zat cair, dan tekanan pada zat gas atau tekanan pada udara.

Pada tekanan pada zat cair ada konsep mengenai bejana berhubungan. Nah, bejana berhubungan itu sebuah bejana yang bersambungan satu dengan yang lain, bisa diambil contoh teko ceret untuk minum. Dalam teko kita bisa melihat desainnya yang unik ada tempat untuk air yang bentuk bulat untuk nampung air dan juga ada untuk tempat untuk menuang air ke dalam gelas.

Salah satu alasan kenapa desain teko ceret dibuat seperti itu adalah karena zat cair sejenis yang dimasukkan ke dalam bejana berhubungan akan selalu mendatar dan memiliki ketinggian yang sama.


Oke itulah pengertian dan contoh bejana secara singkat. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian bejana secara umum ya ! Lihat juga pengertian relevansi 🙂