PENGERTIAN BERTANGGUNG JAWAB DAN CONTOHNYA


  • Pengertian bertanggung jawab dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa itu bertanggung jawab ? Apa arti kata bertanggung jawab ?
  • Apa yang dimaksud dengan bertanggung jawab ?
  • Apa yang dimaksud dengan kebebasan yang bertanggung jawab ?
  • Apa contoh tanggung jawab terhadap diri sendiri ?

Pengertian Bertanggung Jawab


Pengertian Bertanggung Jawab Menurut Para Ahli

Arti bertanggung jawab adalah :

Pengertian bertanggung jawab adalah kemampuan seseorang untuk menjalankan suatu kewajiban karena adanya dorongan di dalam dirinya, biasanya disebut juga dengan panggilan jiwa. (Abdullah : 2010)

Definisi bertanggung jawab adalah suatu bentuk sikap dan perilaku seseorang dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya baik terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan alam, lingkungan sosial budaya, negara dan Tuhan. (Agus : 2012)

Pengertian bertanggung jawab adalah suatu perbuatan untuk siap menanggung segala sesuatu hal yang muncul sebagai akibat dari dilakukannya suatu aktivitas tertentu (Magdalena : 2011)

Pengertian kebebasan yang bertanggung jawab adalah kebebasan yang tidak mencelakakan atau menimbulkan kerugian bagi orang lain yang dilakukan dengan sikap menghargai dan menghormati hak-hak orang lain.


Berbicara tentang pengertian tanggung jawab, tentu akan sangat bervariasi tergantung dari sudut mana seseorang menafsirkan maupun makna yang tergantung didalamnya.

Ringkasnya, bertanggung jawab adalah sikap menyelesaikan tugas yang dipenuhi rasa sadar.  Berbicara tentang tanggung jawab, maka tidak akan lepas dari kewajiban. Kewajiban merupakan bandingan kepada hak maupun mengacu pada hak.

Terdapat 2 jenis kewajiban, diantaranya :

  1. Kewajiban yang terbatas

Yaitu kewajiban yang dibatasi oleh hukum, aturan, adat maupun norma yang berlaku di lingkungan sekitarmu.

  1. Kewajiban yang tidak terbatas

Kewajiban ini yaitu kewajiban yang didasari oleh nurani seperti, keadilan dan kebajikan.

Apabila manusia mampu menunaikan kewajibannya maka pribadinya akan merasa hidup tenang, karena tidak terbelenggu oleh kewajiban-kewajiban yang belum ia selesaikan. Sebaliknya, apabila manusia tidak atau belum menunaikan kewajibannya maka hidupnya akan sulit atau merasa tidak tenang karena dikejar oleh banyak kewajiban yang belum ia selesaikan.

Sejatinya, manusia yang tahu dan menjalankan kewajibannya dapat dikatakan sebagai manusia yang bertanggung jawab.

Manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang bersifat individual dan sosial tentu memiliki tanggung jawab. Tanggung jawab tidak melihat batasan umur, status sosial, harta, gender dan yang lainnya. Semenjak manusia diciptakan dan dilahirkan ke dunia, sebenarnya ia sudah dibebankan dengan berbagai kewajibannya yang harus dituntaskan dengan rasa penuh tanggung jawab.

Contoh yang sederhana dari tanggung jawab manusia sebagai makhluk individual yaitu merawat dirinya sendiri supaya tetap sehat dan sebagai perwujudan rasa syukur kepada Tuhan yang telah menciptakannya. Manusia juga merupakan makhluk sosial yang berarti ia tidak bisa hidup sendiri saja, melainkan ada ketergntungan terhadap manusia maupun objek lain di sekitarnya. Maka contoh sederhana dari tanggung jawab tersebut adalah manusia diwajibkan untuk tolong-menolong, menghormati sesamanya dan juga bahu membahu agar menjadi manusia yang senantiasa terus menjadi pribadi yang baik dan bermanfaat baik bagi dirinya sendiri, keluarganya, masyakat sekitarnya, lingkungan sekitarnya maupun objek lain yang ada di sekelilingnya.

 


Oke itulah penjelasan singkat tentang pengertian bertanggung jawab beserta contohnya. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian bertanggung jawab dan contohnya secara umum ya ! Lihat juga pengertian akomodasi dalam sosiologi 🙂