PENGERTIAN BIOLOGIS


  • Pengertian biologis dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa itu biologis ? Apa arti kata biologis ?
  • Apa yang dimaksud dengan biologis ?
  • Apa pengertian biologis dalam sosiologi ?
  • Apa pengertian kebutuhan biologis ?

Pengertian Biologis


Pengertian Biologis Menurut Para Ahli

Arti biologis adalah :

Pengertian biologis adalah sesuatu hal yang terkait dengan biologi atau untuk kehidupan dan makhluk hidup.

Definisi biologis adalah sesuatu yang terhubung dengan proses alami dari makhluk hidup seperti kelahiran, genetik dsb.


Biologis menurut KBBI adalah hal yang bersangkutan dengan biologi. Sedangkan biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup. Semua makhluk hidup yang ada di alam ini dipelajari lewat ilmu biologi. Obyek kajian ilmu biologi sangatlah luas, beberapa contohnya adalah botani (ilmu tentang tumbuhan), zoologi (ilmu tentang hewan), anatomi (ilmu tentang ciri fisik tubuh), dan sebagainya.

Suatu hal disebut bersifat biologis apabila hal tersebut berhubungan dengan kehidupan atau makhluk hidup. Contohnya, apabila ada kata-kata seperti “ayah biologis”, kata tersebut berarti ayah kandung atau ayah yang memiliki genetik yang sama. Banyak hal yang menggunakan kata biologis. Selain contoh singkat di atas, ada beberapa contoh lain dari penggunaan kata biologis.

Dalam dunia psikologi, perilaku manusia selain dipengaruhi oleh faktor lingkungan juga dipengaruhi oleh faktor biologis. Faktor biologis yang dimaksud adalah berkaitan dengan otak dan saraf manusia yang akan menentukan perilaku. Otak dan saraf manusia merupakan hal yang bersifat biologis, karena otak dan saraf adalah bagian dalam tubuh manusia, dan manusia merupakan salah satu makhluk hidup yang menjadi objek kajian biologi.

Contoh lain yang menggunakan kata biologis adalah dalam dunia sosiologi. Pengertian biologis dalam sosiologi adalah hal-hal yang terkait dengan kondisi fisik pribadi atau jasmani suatu individu. Contohnya adalah kebutuhan biologis yang berarti kebutuhan individu untuk dapat tetap bertahan hidup yang diperoleh dari mendapatkan makanan dsb.

Pengertian kebutuhan biologis adalah kebutuhan pokok manusia agar tetap dapat bertahan hidup. Contoh kebutuhan biologis adalah minum, makan, menghirup oksigen, sex, tidur, tempat tinggal dan rasa aman.

Di dalam ilmu sosiologi, hal yang menyebabkan manusia mau bekerja sama salah satunya adalah adanya aspek biologis. Untuk bisa bertahan hidup manusia membutuhkan kerjasama yang mana bertahan hidup disini salah satunya adalah memperoleh makanan. Makhluk hidup pasti mengalami gejala lapar, dan karena gejala lapar merupakan gejala umum yang terjadi pada makhluk hidup, maka bertahan hidup termasuk hal yang bersifat biologis.

Dalam ilmu psikolinguistik, kata biologis juga digunakan yaitu dalam hal pemerolehan bahasa. Aspek biologis dalam pemerolehan bahasa yaitu tahap manusia dalam berbicara, mulai dari bayi hingga dewasa.

Mengapa dikatakan sebagai aspek biologis? Karena pertumbuhan manusia sangat mempengaruhi pemerolehan bahasanya, walaupun pertumbuhan manusia berbeda satu dengan lainnya. Di dalam ilmu biologi, fase pertumbuhan makhluk hidup juga merupakan salah satu hal yang dipelajari, sehingga tak salah jika pengaruh pertumbuhan manusia terhadap pemerolehan bahasa termasuk dalam aspek biologis.


Oke itulah penjelasan singkat mengenai pengertian biologis dan contohnya. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian biologis secara umum ya ! Lihat juga pengertian afeksi 🙂