PENGERTIAN BLUSUKAN


  • Pengertian blusukan itu apa sih ?
  • Apa itu blusukan ? Apa arti kata blusukan ?
  • Apa yang dimaksud dengan blusukan ?

Pengertian Blusukan


Pengertian Blusukan Menurut Para Ahli

Arti blusukan adalah :

Pengertian blusukan adalah kegiatan inspeksi langsung secara tersembunyi ke suatu tempat tertentu tanpa pengetahuan banyak orang yang bertujuan untuk memonitor kinerja pelayanan publik, melihat situasi dan kondisi di lapangan serta untuk melakukan komunikasi kepada warga masyarakat di sekitar tempat tersebut sekaligus menanggapi keluh kesah mereka.


Semenjak Jokowi, sapaan akrab Bapak Joko Widodo mencalonkan diri menjadi Gubernur DKI Jakarta hingga kini menjadi orang nomor satu di Indonesia istilah blusukan mulai dikenal dan tidak asing lagi di telinga seluruh masyarakat Indonesia. Bisa dikatakan Jokowi lah yang mempopulerkan istilah ini. Jika kita mencoba mencari arti istilah ini melalui kamus besar bahasa Indonesia maka kita tidak akan menemukannya karena istilah ini berasal dari bahasa Jawa yaitu kata blusuk yang mendapat akhiran -an.

Dalam beberapa situs disebutkan kata blusuk dalam bahasa Jawa artinya masuk atau memasuki suatu tempat yang jarang dikunjungi orang yang dilakukan secara berulang-ulang. Seperti masuk ke hutan, semak, dan tempat terpencil. Sedangkan makna lainnya, blusukan artinya sekitar.

Jika kita tinjau dari maknanya, istilah blusukan yang sering kita dengar di media massa berarti suatu kegiatan mengunjungi atau mendatangi masyarakat di berbagai tempat seperti di pasar, di terminal, dan lain sebagainya untuk mengetahui dan turun tangan langsung terhadap kondisi masyarakat. Sering dilakukan secara tiba-tiba tanpa pemberitahuan sehingga sering disamakan dengan sidak atau inspeksi mendadak.

Hal ini dilakukan untuk mengetahui secara pasti kondisi masyarakat di lapangan karena terkadang ada oknum pemerintahan yang suka melaporkan hal yang bertolak belakang dengan kondisi sebenarnya hanya untuk menyenangkan atasan atau untuk tujuan tertentu.

Istilah blusukan memiliki citra positif di benak masyarakat karena memiliki makna kepedulian dan kedekatan seorang pemimpin dengan masyarakat. Jika sebelumnya rakyat biasa sangat sulit untuk menemui seorang presiden maka dengan gaya blusukan ini masyarakat berkesempatan bertemu langsung dengan pemimpin tertinggi negeri ini dan mencurahkan keluh kesahnya, bahkan presiden langsung yang turun ke lapangan.

Meskipun demikian ada juga sebagian orang yang memandang negatif gaya blusukan ini. Mereka menganggap bahwa ini hanyalah cara seorang pejabat untuk meraih simpati masyarakat atau disebut juga pencitraan. Bahkan sampai ada yang menuding bahwa ini hanyalah sekedar pencitraan karena jika benar-benar turun ke lapangan dengan niat mengetahui kondisi rakyat kenapa selalu diliput media dan muncul di televisi.


Oke itulah penjelasan singkat mengenai pengertian kata blusukan. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian blusukan secara umum ya ! Lihat juga pengertian isolasi 🙂