PENGERTIAN BREAKDOWN MAINTENANCE


  • Pengertian breakdown maintenance itu apa sih ?
  • Apa itu breakdown maintenance ?
  • Apa arti kata breakdown maintenance ?
  • Apa yang dimaksud dengan breakdown maintenance ?
  • Apa contoh breakdown maintenance ?

Pengertian Breakdown Maintenance


Pengertian Breakdown Maintenance Menurut Para Ahli

Arti breakdown maintenance adalah :

Pengertian breakdown maintenance adalah perawatan yang dilakukan pada peralatan yang telah rusak dan tidak dapat digunakan.

Definisi breakdown maintenance adalah perbaikan atau penggantian yang dilakukan setelah mesin gagal untuk kembali ke keadaan fungsional normalnya dikarenakan adanya suatu kerusakan.


Breakdown maintenance merupakan jenis perawatan yang dilakukan setelah terjadi kerusakan. Istilah ini digunakan dalam bidang teknik mesin. Istilah breakdown maintenance dipakai ketika kerusakan pada mesin terjadi secara mendadak sehingga dibutuhkan perbaikan yang dilakukan tanpa perencanaan.

Hal yang menyebabkan terjadinya kerusakan terdiri dari berbagai macam faktor, diantaranya kurangnya perhatian terhadap kinerja mesin. Contohnya adalah lepasnya couple penghubung poros pompa dan poros penggerak dikarenakan kendornya baut yang dipasang.

Selama ini aktivitas breakdown maintenance berfokus pada seberapa cepat mesin dapat diperbaiki dan kembali bekerja normal, bukan pada penelitian lebih dalam tentang akibat kerusakan mesin sehingga kerusakan mesin di lain waktu tidak akan kembali terulang. Padahal selain perawatan, pemeliharaan terhadap mesin juga perlu dilakukan. Sedangkan breakdown maintenance bukanlah pemeliharaan mesin, melainkan perawatan mesin.

Lalu apa perbedaannya? Bukankah pemeliharaan dan perawatan itu sama saja?

Jawabannya tentu tidak. Pemeliharaan adalah hal yang dilakukan untuk menghindari kerusakan mesin, seperti pengecekan mesin. Sedangkan perawatan adalah hal yang dilakukan setelah terjadi kerusakan, jadi bila mesin tersebut tidak rusak maka tidak terjadi perawatan mesin.

Breakdown maintenance memakan biaya yang tidak sedikit. Karena pada umumnya breakdown maintenance dilakukan secara mendadak dan dalam waktu singkat, sehingga sangat besar kemungkinan bahwa perencanaan untuk perawatan tidaklah matang.

Selain membutuhkan banyak biaya, perawatan ini juga memiliki keterbatasan. Yaitu antara teknisi dan alat untuk perawatan mesin dan suku cadang masih minim. Kemudian pemusatan perbaikan mesin hanya pada titik rusaknya mesin tersebut, bukan pada keseluruhan mesin. Jadi kemungkinan kerusakan terulang kembali di tempat berbeda sangatlah besar. Padahal perusahaan membeli mesin untuk mempermudah dan mempercepat kinerja karyawannya.

Ada baiknya sebelum terjadi perawatan akibat kerusakan, pemeliharaan mesin haruslah diperhatikan. Biasanya perusahaan telah membuat daftar yang disusun secara mingguan, bulanan, tahunan, bahkan harian sebagai jadwal pemeliharaan mesin untuk menghindari kerusakan mesin ketika beroperasi. Pemeliharaan tersebut bisa berupa inspeksi, perbaikan kecil, penyetelan dan pelumasan. Karena selain mengganggu aktivitas pekerja, kerusakan pada mesin juga memakan biaya yang dapat menjadi expense bagi perusahaan.


Oke mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian breakdown maintenance dan contohnya secara umum ya ! Lihat juga pengertian biologis 🙂