PENGERTIAN BREAKDOWN NASKAH


  • Pengertian breakdown naskah itu apa sih ?
  • Apa itu breakdown naskah ?
  • Apa arti kata breakdown naskah ?
  • Apa yang dimaksud dengan breakdown naskah ?

Pengertian Breakdown Naskah


Pengertian Breakdown Menurut Para Ahli

Arti breakdown naskah adalah :

Pengertian breakdown naskah adalah sebuah rincian naskah yang dipergunakan dalam produksi sebuah drama, film, buku komik, atau pekerjaan lainnya yang tahapan awalnya direncanakan menggunakan script.


Breakdown naskah atau biasa disebut script breakdown merupakan istilah dalam dunia kepenulisan skenario. Arti dari breakdown naskah ialah uraian naskah skenario, menjadi bagian-bagian yang menggambarkan tiap detil adegan untuk pengambilan gambar.

Semua hal yang diperlukan untuk kepentingan shooting dicantumkan dalam breakdown naskah agar tidak terjadi masalah saat proses pengambilan gambar sedang berlangsung. Di dalam breakdown naskah, ada lembaran breakdown naskah yang berisi seluruh adegan dalam film.

Satu lembar breakdown naskah (script breakdown) mencakup seluruh properti serta keperluan yang digunakan dalam film. Breakdown naskah, dalam dunia perfilman merupakan proses pra produksi. Karena dalam breakdown naskah berisi seluruh uraian untuk kebutuhan film dan kebutuhan film tersebut dapat dipersiapkan setelah adanya breakdown naskah. Pekerjaan script breakdown bukanlah pekerjaan yang ringan, karena saat menulisnya kita harus mampu menguraikan seluruh adegan, properti, dan keperluan dalam film walaupun itu hanya berupa detail kecil.

Hal yang biasanya tercantum dalam lembar breakdown naskah yaitu make up/hair do, wardrobe (kostum pemain), stunt (pemeran pengganti dalam adegan beresiko tinggi), kendaraan, sound effect, petugas keamanan (bertugas mengawasi lingkungan di sekitar lokasi syuting), estimated production time (perkiraan waktu yang diperlukan untuk set up tiap adegan), dan lain sebagainya.

Jika dalam sebuah film memiliki skenario 200 lembar scene (adegan), maka dalam film tersebut juga memiliki 200 lembar breakdown naskah. Setelah menyelesaikan penulisan breakdown naskah, lembaran tersebut difoto kopi dan dibagikan ke seluruh departemen pembuatan film agar bisa dipelajari oleh tiap-tiap kru film.

Pekerjaan breakdown naskah ini dilakukan oleh sutradara. Hal itu harus dilakukan sutradara karena sutradara dianggap berperan amat penting dalam pembuatan film, saat pra produksi hingga saat pascaproduksi, dan breakdown naskah juga merupakan hal penting dalam pembuatan film. Sutradara harus kreatif, teliti dan detail demi kesempurnaan pembuatan film.

Orang pertama yang harus mempelajari skenario yang telah diberikan oleh penulis skenario adalah seorang sutradara. Setelah mempelajari naskah skenario, seorang sutradara dituntut harus bisa menguraikan seluruh adegan dan properti yang digunakan dalam skenario tersebut. Hal ini biasa disebut breakdown naskah (script breakdown).


Oke itulah penjelasan singkat mengenai definisi breakdown naskah. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian breakdown naskah secara umum ya ! Lihat juga pengertian breakdown maintenance 🙂