PENGERTIAN BUDIDAYA TANAMAN


  • Pengertian budidaya tanaman pangan itu apa sih ?
  • Apa itu budidaya tanaman hias ?
  • Apa arti kata budidaya tanaman obat ?
  • Apa yang dimaksud dengan budidaya tanaman sayuran ?
  • Apa manfaat budidaya tanaman ?

Pengertian Budidaya Tanaman


Pengertian Budidaya Tanaman Menurut Para Ahli

Arti budidaya tanaman adalah :

Definisi budidaya tanaman adalah suatu proses menghasilkan bahan pangan dan berbagai produk agroindustri lainnya dengan memanfaatkan sumber daya tumbuhan. Yang menjadi objek budidaya tanaman ini antara lain tanaman holtikultura, tanaman pangan dan tanaman perkebunan. (Chairani Hanum dalam buku Teknik Budidaya Tanaman tahun 2008)

Pengertian budidaya tanaman adalah berbagai macam kegiatan pengembangan dan pemanfaatan sumber daya alam nabati yang dilakukan oleh manusia dengan menggunakan modal, teknologi ataupun dengan sumber daya lainnya untuk menghasilkan suatu produk berupa barang yang bisa memenuhi kebutuhan manusia. (PP RI No 18 Tahun 2010 tentang Usaha Budidaya Tanaman)

Pengertian budidaya tanaman pangan adalah proses budidaya berbagai tanaman yang menjadi kebutuhan pokok atau kebutuhan dasar manusia untuk memenuhi berbagai nutrisi seperti karbohidrat, mineral, protein, vitamin dsb. Tanaman pangan ini dapat dikelompokkan menjadi 3 jenis yakni tanaman umbi-umbian (contoh tanaman budidaya : talas, singkong, ubi jalar & kentang), tanaman kacang-kacangan (contoh tanaman budidaya : kacant tanah, kacang hijau & kedelai) dan tanaman serelia atau biji-bijian (contoh tanaman budidaya : padi, jagung, gandum & sorgum).

Pengertian budidaya tanaman sayuran adalah serangkaian kegiatan budidaya tanaman yang digunakan untuk sayur dan lalapan. Tanaman sayuran dapat dikelompokkan menjadi sayuran daun (contoh tanaman budidaya : sawi, kangkung, bayam, kubis), sayuran batang (contoh : rebung, kailan, asparagus), sayuran akar (wortel & lobak), sayuran umbi (kentang, bawang merah), sayuran bunga (bunga kol, brokoli), sayuran buah (tomat, cabe, labu) dan sayuran biji (kacang merah, ercis).

Pengertian budidaya tanaman hias adalah proses budidaya berbagai tanaman yang banyak digunakan sebagai dekorasi baik untuk indoor ataupun outdoor. Contoh tanaman hias seperti pakis haji, mawar, melati, palem kipas, cemara dsb.

Pengertian budidaya tanaman obat adalah suatu kegiatan budidaya berbagai tanaman yang memiliki khasiat obat atau tanaman yang seringkali digunakan sebagai obat untuk mencegah penyakit maupun mengobati penyakit. Contoh tanaman obat seperti pepaya (mengobati malaria), jintan hitam, blustru, pegagan, urang aring dsb.


Kekayaan alam beserta isinya diciptakan Tuhan untuk kelangsungan hidup manusia. Salah satunya berbagai jenis tanaman yang dapat digunakan manusia untuk mempertahankan kehidupannya. Seperti padi, gandum, jagung, dan sagu sebagai makanan pokok, kulit kayu untuk pakaian dan kertas, batang pohon untuk bahan membuat rumah, oksigen yang dihasilkan dari tanaman, dan lain sebagainya. Untuk itu kita harus dan wajib menjaga dan memelihara kekayaan alam ini agar jangan sampai rusak. Salah satunya dengan melakukan budidaya tanaman.

Istilah budidaya berarti usaha yang dilakukan manusia yang bermanfaat dan memberikan hasil. Sedangkan pengertian budidaya tanaman adalah serangkaian kegiatan atau usaha manusia untuk mengembangkan dan memanfaatkan sumber daya alam nabati dengan berbagai cara, modal, dan teknologi untuk menghasilkan berbagai komoditas tanaman seperti bahan pangan dan produk agroindustri lainnya untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan lebih baik. Budidaya dapat diterapkan pada tanaman pangan, perkebunan, holtikultura, tanaman hias, dan lain sebagainya.

Manfaat budidaya tanaman yang paling utama adalah agar produksi tanaman lebih meningkat baik dari segi kuantitas maupun kualitas seperti tanaman lebih besar, lebih berat, lebih manis, tidak mudah rusak, dan lain-lain. Misalnya budidaya tanaman cabai untuk menghasilkan cabai yang lebih pedas atau budidaya tanaman semangka untuk mendapatkan semangka yang lebih manis dan tidak berbiji.

Tidak semua kegiatan bercocok tanam dapat dikatakan budidaya tanaman. Suatu kegiatan dapat dikatakan budidaya tanaman jika komoditi yang dilibatkan dalam jumlah atau volume yang besar dan proses produksinya relatif beresiko tinggi. Sehingga kegiatan-kegiatan seperti menanam sayuran di halaman rumah atau menanam bunga di kebun sekolah belum dapat dikategorikan budidaya tanaman.

Dalam budidaya tanaman setidaknya ada tiga kegiatan pokok yang dilakukan yaitu pengolahan tanah sebagai lahan pertanian atau media tanam lainnya, pemeliharaan tanaman dengan berbagai cara, sistem, atau teknologi untuk mendapatkan hasil maksimal, serta menetap atau tidak berpindah-pindah tempat. Teknologi yang digunakan dalam budidaya tanaman tergantung pengetahuan yang dimiliki manusia pada masa itu. Semakin berkembang peradaban dan semakin canggih teknologi tentu teknik budidaya tanaman semakin meningkat serta lebih efektif dan efisien.


Itulah penjelasan pengertian tanaman budidaya dan contohnya secara singkat. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian budidaya tanaman pangan, hias, obat dan sayuran secara umum ya ! Lihat juga pengertian sembelit dan penyebabnya 🙂