PENGERTIAN CARGO MANIFEST


  • Pengertian cargo manifest itu apa sih ?
  • Apa itu cargo manifest ? Apa arti kata cargo manifest ?
  • Apa yang dimaksud dengan cargo manifest ?
  • Apa definisi cargo manifest ?

Pengertian Cargo Manifest


Pengertian Cargo Manifest Menurut Para Ahli

Pengangkutan barang merupakan hal yang sangat penting untuk mendistribusikan barang ke berbagai daerah baik melalui jalur darat, laut, ataupun udara. Dengan adanya sistem pengangkutan yang baik, maka akan ikut menunjang kelancaran lalu lintas barang dalam perdagangan antar daerah dalam negeri ataupun antar negara. Agar sistem pengangkutan berjalan baik dan teratur maka perlu didukung dengan pengaturan dokumen-dokumen yang diperlukan seperti dokumen air waybill atau bill of lading untuk tanda terima barang antara pengirim dan penyedia jasa pengiriman, faktur atau kwitansi barang yang dikirim, cargo manifest, dan lain sebagainya.

Pada artikel ini kita akan mencoba membahas pengertian dari cargo manifest. Dilihat dari namanya sudah jelas bahwa dokumen ini berhubungan dengan kargo. Mungkin ada sebagian teman-teman yang belum tahu apa yang dimaksud dengan kargo. Kargo adalah seluruh barang yang dimuat dan dikirim antar wilayah baik dalam maupun luar negeri melalui sarana pengangkutan baik darat, laut, maupun udara. Kargo meliputi seluruh barang kiriman kecuali bagasi penumpang dan benda-benda pos, baik yang ditujukan untuk diperdagangkan atau tujuan lain yang bersifat non-komersial.

Catatan detail mengenai seluruh kargo yang sedang diangkut disebut dengan cargo manifest. Terjemahan cargo manifest adalah manifest pengiriman muatan kargo. Cargo manifest artinya jenis manifest yang berisi ringkasan dari semua surat muatan kapal atau pesawat pembawa muatan. Biasanya disebut sebagai manifest pengiriman karena memuat dokumen dan daftar rincian barang yang dimuat sebagai kargo seperti nomor, tujuan, asal barang dan nilai barang.

Pendek kata, pengertian cargo manifest adalah dokumen yang berisi informasi detail mengenai seluruh kargo yang dibawa seperti informasi pengirim, informasi barang yang dibawa, informasi penerima barang, dan lain sebagainya. Dokumen ini digunakan pada semua jenis pengangkutan baik darat, laut, maupun udara untuk mencatat seluruh bawaan.

Cargo manifest sangat penting dan berguna, tidak hanya bagi perusahaan penyedia jasa pengangkutan  tetapi juga otoritas wilayah asal dan tujuan kargo. Bagi pihak perusahaan cargo manifest dapat dimanfaatkan untuk memastikan barang dikirim ke tujuan yang benar dan waktu yang sesuai. Selain itu dapat juga digunakan untuk tujuan akuntansi dan sebagai dokumentasi perusahaan.

Setiap wilayah apalagi sudah memasuki negara lain tentu memiliki peraturan sendiri mengenai izin masuk dan keluar barang. Dengan adanya cargo manifest ini tentu otoritas di wilayah tersebut dapat mengetahui informasi detail mengenai barang yang dibawa dan diperiksa sesuai peraturan masing-masing wilayah. Juga dapat dipergunakan untuk memeriksa apakah ada barang terlarang yang tidak boleh dibawa keluar atau masuk suatu wilayah.


Itulah penjelasan cargo manifest secara singkat. Mudah-mudahan sobat bisa memahami arti cargo manifest secara umum ya ! Lihat juga pengertian bank garansi 🙂