PENGERTIAN DAYA SAING MENURUT PARA AHLI


  • Pengertian daya saing perusahaan itu apa sih ?
  • Apa itu daya saing ? Apa arti daya saing ?
  • Apa yang dimaksud daya saing nasional ?
  • Apa pengertian daya saing produk ?
  • Apa pengertian daya saing daerah ?

Pengertian Daya Saing


Pengertian Daya Saing Menurut Para Ahli

Definisi daya saing adalah tingkat produktivitas yang diartikan sebagai output yang dihasilkan oleh suatu tenaga kerja. (Michael Porter : 1990)

Pengertian daya saing adalah suatu keunggulan pembeda dari yang lain yang terdiri dari comparative advantage (faktor keunggulan komparatif) dan competitive advantage (faktor keunggulan kompetitif). (Tambunan : 2001)

Arti daya saing adalah kesanggupan, kemampuan dan kekuatan untuk bersaing. (Brata Atmaja : 1994) 


Teman-teman pasti sudah tahu bahwa sejak tahun 2016 negara-negara ASEAN mulai memberlakukan MEA atau yang dikenal dengan Masyarakat Ekonomi ASEAN. Perdagangan bebas antar negara ASEAN ini menuntut kita untuk meningkatkan daya saing jika masih ingin bertahan apakah sebagai tenaga profesional ataupun pemilik usaha.

Sebagai tenaga profesional kita harus meningkatkan kualitas dan kompetensi agar dapat bersaing dengan tenaga kerja dari negara lain. Begitupula dengan pemilik usaha harus mampu meningkatkan kualitas produk dan menggunakan strategi yang tepat agar usahanya dapat bertahan menghadapi pengusaha-pengusaha dari negara tetangga.

Daya saing turut menentukan apakah kita mampu bertahan atau tidak dalam berbagai bidang. Pendek kata, pengertian daya saing adalah kemampuan sesuatu atau seseorang untuk tumbuh dan berkembang  dengan baik diantara entitas sejenis dalam suatu lingkungan yang sama.

Contohnya dalam suatu wilayah dimana terdapat beberapa usaha makanan. Setiap pemilik usaha pasti akan berusaha menarik konsumen sebanyak-banyaknya seperti dengan meningkatkan kualitas makanan, meningkatkan pelayanan, memperbarui strategi promosi, dan lain sebagainya. Dapat dikatakan bahwa para pemilik usaha sedang meningkatkan daya saingnya. Jika tidap dapat bersaing dengan baik maka usaha tersebut tidak akan berkembang atau malah mengalami kebangkrutan.

Daya saing itu bersifat relatif karena untuk menentukannya memerlukan pembanding. Daya saing seseorang bersifat relatif tergantung siapa para pesaingnya. Bisa saja suatu waktu sebuah perusahaan memiliki daya saing tinggi, tetapi di waktu lain ketika para pesaingnya berganti dengan yang jauh lebih kompeten, bisa saja daya saingnya menurun terhadap para pesaingnya.

Dengan adanya persaingan memunculkan daya saing yang bernilai positif bagi kemajuan. Demi meningkatkan daya saing membuat orang meningkatkan kualitas diri dari berbagai sisi dan mencoba mengatasi kelemahan-kelemahan yang ada. Jika semua orang berlomba-lomba meningkatkan daya saing tentu sangat baik bagi kemajuan bersama. Kualitas hidup akan lebih baik dan ilmu pengetahuan akan semakin meningkat.

Istilah daya saing digunakan pada berbagai bidang seperti daya saing siswa dalam belajar, daya saing perusahaan, daya saing industri, daya saing ekonomi, sampai pada daya saing negara. Semua istilah ini walaupun berbeda konteks tapi memiliki makna yang sama yaitu usaha yang dilakukan setiap entitas untuk meningkatkan kualitasnya agar dapat bertahan dan mengembangkan diri diantara entitas lain dalam suatu lingkungan.


Pengertian daya saing perusahaan adalah kemampuan sebuah perusahaan untuk membuat dan memformulasikan berbagai macam strategi yang bisa menempatkannya pada suatu posisi yang strategis dan lebih menguntungkan jika dibandingkan dengan perusahaan yang lainnya. (Tangkilisan : 2003)

Pengertian daya saing produk adalah tingkat kemampuan produk untuk dijual atau kemampuan manajemen produksi pada suatu perusahaan dalam menghasilkan struktur biaya variabel rata-rata yang nilainya lebih rendah daripada nilai / harga produk.

Pengertian daya saing strategis adalah nilai-nilai yang tidak bisa ditiru manfaatnya oleh kompetitor atau perusahaan lainnya, jikapun bisa ditiru maka harganya terlalu tinggi untuk ditiru. Dengan kata lain daya saing strategis adalah senjata perusahan untuk bersaing dengan para kompetitornya untuk menguasai pangsa pasar.

Pengertian daya saing ekonomi adalah kapasitas sebuah negara dalam menghadapi tantangan persaingan pasar internasional sekaligus meningkatkan pendapatan riil-nya.

Pengertian daya saing nasional adalah kemampuan suatu negara dalam menciptakan nilai tambah yang bertujuan untuk menambah kekayan nasional di berbagai sektor seperti sektor ekonomi dan sosial.

Pengertian daya saing daerah adalah kemampuan perekonomian daerah untuk menggapai suatu pertumbuhan tingkat kesejahteraan yang tinggi serta berkelanjutan tanpa menutup pintu persaingan domestik ataupun internasional. (Abdullah, dkk : 2002) 


Oke mudah-mudahan sobat bisa memahami pengertian daya saing secara umum ya ! Lihat juga pengertian cargo manifest 🙂