PENGERTIAN DAYA TAHAN OTOT


  • Pengertian daya tahan otot dalam kebugaran jasmani itu apa sih ?
  • Apa itu daya tahan otot ? Apa arti kata daya tahan otot ?
  • Apa pengertian daya tahan otot dalam olahraga ?
  • Apa yang dimaksud dengan daya tahan otot lengan ?
  • Apa pengertian daya tahan otot lokal ?

Pengertian Daya Tahan Otot


Pengertian Daya Tahan Otot Menurut Para Ahli

Arti daya tahan otot adalah :

Pengertian daya tahan otot adalah suatu kapasitas sekelompok otot untuk berkontraksi secara berulang-ulang atau beruntun dalam jangka waktu tertentu terhadap suatu beban. (Asep Kurnia Nenggala : 2006)

Definisi daya tahan otot adalah kesanggupan otot dalam mengatasi beban atau suatu rintangan secara berulang-ulang. Contohnya otot-otot kaki ketika berlari jarak jauh. (H. Gapor Ahmad : 2007)

Pengertian daya tahan otot tubuh adalah suatu kemampuan otot dalam melakukan gerak yang membebani otot di dalam tubuh dalam jangka waktu yang cukup lama. Weight training atau latihan beban merupakan salah satu bentuk latihan daya tahan otot. (Drs Muhajir : 2007)

Pengertian daya tahan otot lokal adalah suatu kemampuan serta daya tahan otot-otot setempat pada tubuh atlet untuk melawan berbagai kelelahan yang timbul akibat dari beban latihan yang intensitasnya maksimal, biasa disebut juga dengan speed endurance atau local muscular endurance. (Suharno : 1993)

Pengertian daya tahan otot lengan adalah kemampuan otot atau sekelompok otot untuk melakukan kontraksi secara berturut-turut (contohnya push up & wirst curl) dan mampu mempertahankan kontraksi statis dalam jangka waktu yang lama. (contohnya pull up). (Munawar : 2013)


Untuk dapat melaksanakan segudang aktivitas sehari-hari seseorang memerlukan tubuh yang sehat yang dikenal dengan istilah kebugaran jasmani. Suatu kondisi tubuh dimana seseorang dapat menjalankan aktivitas sehari-hari dengan produktif tanpa merasa kelelahan yang berarti dan masih memiliki energi untuk melakukan aktivitas lainnya. Baik seseorang itu sebagai pekerja kantoran, ibu rumah tangga, atau anak sekolah. Masing-masing memiliki aktivitas sehari-hari yang hanya dapat dijalankan dengan baik dan efektif jika didukung oleh jasmani yang bugar.

Seseorang dikatakan memiliki kebugaran jasmani ketika seluruh komponen dari tubuhnya sehat dan dapat bekerja dengan efektif. Salah satu komponen atau faktor dari kebugaran jasmani adalah daya tahan otot atau muscle endurance. Pengertian daya tahan otot adalah kemampuan otot untuk melakukan suatu gerakan secara terus-menerus dalam waktu yang lama dalam tempo sedang sampai cepat tanpa merasa sangat kelelahan atau sakit. Misalnya daya tahan otot untuk mengangkat beban 15 kg selama beberapa waktu tanpa berhenti. Atau ketahanan seseorang berlari dalam tempo tertentu selama setengah jam tanpa ada jeda, dalam hal ini menunjukkan ketahanan otot kakinya.

Untuk mendapatkan daya tahan otot yang baik tentu memerlukan latihan. Diantara bentuk latihan untuk daya tahan otot adalah squats, rowing, triceps stretch, wrist roll, serta latihan angkat beban. Gerakan squats dilakukan dengan cara meletakkan beban di atas pundak di bagian belakang kepala, kemudian lutut dibengkokkan dengan catatan pantat tidak boleh menyentuh tumit.

Rowing dilakukan dengan membungkukkan badan sampai punggung sejajar membentuk sudut 90 derajat. Kemudian tangan menghadap lurus ke bawah ke arah beban. Angkat beban ke arah dada. Untuk menjaga keseimbangan kita bisa menyenderkan dahi di atas meja.

Triceps stretch merupakan gerakan mengangkat beban yang ada di belakang kepala. Posisi siku bengkok di samping telinga dengan tangan menghadap ke bawah memegang beban yang ada di belakang kepala. Kemudian beban diangkat ke atas hingga kedua lengan lurus ke atas.

Wrist roll dilakukan dengan cara duduk dan meletakkan lengan bawah di atas paha dengan posisi telapak tangan menghadap ke atas. Kemudian gelindingkan beban melalui ujung jari ke telapak tangan dengan cara membengkokkan pergelangan tangan ke arah atas.

Agar mendapatkan hasil yang maksimal latihan seperti ini sebaiknya rutin dilakukan sekitar 2-3 kali seminggu. Bisa dilakukan di rumah atau di tempat latihan olahraga seperti tempat fitness yang dengan mudah dapat kita temukan.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian daya tahan otot dalam kebugaran jasmani. Semoga artikel pengertian daya tahan otot kesehatan ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua. Lihat juga pengertian hangout 🙂