PENGERTIAN DAYA TAHAN TUBUH (BODY ENDURANCE)


  • Pengertian daya tahan tubuh (body endurance) itu apa sih ?
  • Apa itu daya tahan tubuh ? Apa arti daya tahan tubuh ?
  • Apa yang dimaksud dengan daya tahan tubuh ?
  • Apa pengertian daya tahan tubuh dalam olahraga ?

Pengertian Daya Tahan Tubuh


Pengertian Daya Tahan Tubuh Menurut Para Ahli

Arti daya tahan tubuh adalah :

Definisi daya tahan tubuh adalah kemampuan kondisi tubuh untuk bekerja dalam jangka waktu yang lama, tanpa disertai kelelahan yang berlebihan ketika sudah menyelesaikan pekerjaan tersebut. (Harsono : 1988)

Pengertian daya tahan tubuh adalah suatu kemampuan makhluk hidup untuk melawan kelelahan yang datang pada saat menjalankan aktivitas dalam waktu yang lama. (Suharno : 1985)


Jika kita dianugerahi kemampuan untuk melihat benda-benda berukuran sangat kecil, mungkin kita tidak akan mau menyentuh apapun. Mengapa? Karena ada sangat banyak benda-benda berukuran kecil seperti bakteri, virus, dan lain sebagainya yang ada di sekitar kita yang tidak dapat kita lihat dengan mata biasa. Mulai dari keyboard komputer, handphone, bahkan gagang pintu yang kita sentuh sehari-hari, terdapat banyak bakteri maupun virus yang ada di sana.

Bakteri dan virus ini ada yang sifatnya merugikan, ada pula yang justru menguntungkan bagi tubuh. Kita tidak mungkin seratus persen menghindari semua bakteri dan virus yang berbahaya bagi tubuh. Yang dapat kita lakukan adalah menjaga daya tahan tubuh selalu prima agar bakteri dan virus berbahaya tidak mengganggu kesehatan tubuh.

Apakah yang dimaksud dengan daya tahan tubuh ? Untuk menjawabnya mari kita bahas dulu pengertian daya tahan. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, pengertian daya tahan adalah kemampuan bertahan menghadapi segala sesuatu dari luar seperti serangan fisik ataupun penyakit, serangan mental, dan lain sebagainya yang dapat merusak atau merugikan.

Dapat disimpulkan bahwa pengertian daya tahan tubuh adalah kemampuan seseorang secara fisik menghadapi bakteri maupun virus yang menyerang. Ketika daya tahan tubuh dalam kondisi prima maka kita tidak akan mudah terserang penyakit. Kebalikannya ketika kondisi daya tahan tubuh sedang menurun maka seseorang akan mudah terserang penyakit. Contohnya ketika musim hujan, orang dengan daya tahan tubuh prima tidak akan mudah terserang atau tertular flu dan batuk walaupun di lingkungan sekitarnya sudah banyak yang tertular dan sakit.

Untuk itu kita perlu menjaga daya tahan tubuh dalam kondisi prima. Ada beberapa cara yang dapat ditempuh diantaranya dengan istirahat yang cukup, selalu berpikiran positif, olahraga secara teratur, menjaga kebersihan tubuh dan makanan, makan makanan bergizi dan kaya serat dengan porsi cukup, serta mengonsumsi vitamin.

Istirahat yang cukup sangat diperlukan untuk menjaga daya tahan tubuh. Setidaknya orang dewasa membutuhan waktu tidur sekitar 7-8 jam per hari. Karenanya begadang tidak dianjurkan jika tidak diperlukan. Kondisi mental seperti stres yang berlebihan juga dapat berpengaruh pada daya tahan tubuh. Agar memiliki daya tahan tubuh yang baik maka kita dianjurkan untuk selalu berpikiran positif. Olahraga teratur juga sangat diperlukan karena sangat banyak manfaatnya untuk daya tahan tubuh seperti melancarkan aliran darah.

Olahraga juga dapat meningkatkan hormon endorfin dalam tubuh yang membuat seseorang merasa bahagia. Yang tidak kalah penting kita juga harus menjaga kebersihan tubuh seperti mandi dan mencuci tangan sebelum makan. Makanan yang akan dikonsumsi pun selain bergizi juga harus bersih sehingga bebas dari kuman penyakit. Selain makanan kita juga dianjurkan mengonsumsi vitamin seperti vitamin D yang dapat menstimulus sel imun untuk mengusir bakteri dan virus.

Sedangkan pengertian daya tahan tubuh dalam olahraga adalah kemampuan seorang atlet untuk tetap fit dalam melakukan berbagai gerakan mulai dari tempo yang lambat hingga tempo super cepat tanpa mengalami kelelahan yang berat. Contohnya : Christiano Ronaldo yang tetap fit dan bugar selama 2 x 45 menit pertandingan sepakbola, ia dapat mengambil bola hingga sprint jarak jauh tanpa ngos-ngosan, maka dapat dikatakan body endurance / daya tahan tubuhnya sangat baik. Contoh daya tahan tubuh yang baik lainnya seperti : tidak mudah mengalami kram, tetap fokus dan semangat walaupun keringat sudah mengucur deras, tidak gampang cedera dsb.


Itulah penjelasan singkat mengenai definisi daya tahan tubuh. Semoga artikel pengertian daya tahan tubuh (body endurance) ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua. Lihat juga pengertian daya saing menurut para ahli 🙂