PENGERTIAN DEKLARASI DAN CONTOHNYA


  • Pengertian deklarasi dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa itu deklarasi ? Apa arti kata deklarasi ?
  • Apa yang dimaksud dengan deklarasi bangkok ?
  • Apa pengertian deklarasi ekonomi ?
  • Apa pengertian deklarasi pajak ?

Pengertian Deklarasi


Pengertian Deklarasi Menurut Para Ahli

Arti deklarasi adalah :

Definisi deklarasi adalah suatu bentuk pernyataan, pengungkapan, keterangan ataupun tindak tutur lainnya yang bertujuan untuk menghubungkan isi proposisi dengan realitas. Contohnya : mengangkat pegawai, mengundurkan diri, memecat, menjatuhkan hukuman, membaptis, memberi nama, membuang dan sebagainya.

Pengertian deklarasi adalah bentuk tutur yang dimaksudkan penuturnya untuk menciptakan sesuatu hal yang baru dari tuturan yang telah ia diucapkan. (Searle dalam Tarigan : 2009)

Pengertian deklarasi pemrograman adalah bagian dari algoritma yang berfungsi untuk mendefinisikan nama-nama yang akan digunakan pada algoritma pemrogaman. Jenis deklarasi tersebut antara lain : Deklarasi konstanta, Deklarasi tipe, Deklarasi variabel dan Deklarasi fungsi/prosedur.

Pengertian deklarasi tax amnesty adalah pengungkapan berbagai macam harta yang berada di luar negara Indonesia, yang mana harta tersebut tidak ditanamkan, tidak dialihkan ataupun tidak
diinvestasikan ke dalam wilayah Indonesia.

Pengertian deklarasi bangkok adalah deklarasi yang diadakan di Bankok (Thailand) pada tanggal 8 agustus 1967 yang bertujuan untuk mendirikan dan mengukuhkan ASEAN sebagai bentuk kerja sama di berbagai sektor antara negara-negara yang berada di kawasan Asia Tenggara.

Pengertian deklarasi ekonomi adalah pedoman atau garis-garis besar haluan dasar pelaksanaan pembangunan di bidang ekonomi, seringkali disebut dengan istilah “Dekon”.


Setiap menjelang masa pemilu, partai-partai politik yang ada biasanya saling berlomba dalam mendeklarasikan calon presiden atau calon pemimpin daerah yang diusung oleh partai tersebut. Deklarasi ini biasa dilakukan di tempat tertentu seperti kantor pusat partai atau rumah ketua umum partai yang bersangkutan. Acara deklarasi selalu berlangsung meriah karena sebagian besar awak media dan pejabat partai di setiap jenjang ikut berdatangan untuk melihat peristiwa yang penting itu.

Setelah membaca paragraf diatas, sudahkah Anda mengerti pengertian dari istilah deklarasi? Kalau belum mari kita bahas disini. Kalau sudah Anda tetap bisa melengkapi wawasan Anda seputar istilah deklarasi lewat penjelasan berikut.

Deklarasi berasal dari bahasa latin declaration yang berarti pernyataan, pembukaan atau pengungkapan. Secara umum deklarasi memang bermakna pernyataan yang merupakan pengukuhan atas ditetapkannya sesuatu. Dalam contoh sebelumnya satu atau beberapa partai politik baru saja menetapkan pasangan calon pemimpin daerah atau calon presiden. Maka dari itu mereka melakukan deklarasi atas hal tersebut.

Deklarasi dapat dimaknai berbeda-beda bergantung pada hal apa yang dideklarasikan. Akan tetapi secara umum segala macam deklarasi yang ada tetap bermakna pernyataan atas suatu ketetapan atau kesepakatan yang telah dibuat. Dalam perjanjian internasional misalnya dikenal Deklarasi ASEAN (Deklarasi Bangkok) yakni kesepakatan antar negara-negara di Asia Tenggara untuk melakukan kerjasama regional dalam bidang sosial, ekonomi dan kebudayaan. Deklarasi tersebut dilaksanakan di Bangkok, Thailand sehingga diberi nama Deklarasi Bangkok.

Adapun contoh pemakaian istilah deklarasi yang artinya agak sedikit berbeda dengan konteks pernyataan bisa kita temukan dalam ilmu hukum tata usaha dan hukum perjanjian internasional. Dalam hukum tata usaha dikenal istilah deklarasi perjalanan yang berarti perhitungan ongkos dan seluruh pengeluaran yang ditanggung oleh badan tertentu (biasanya pemerintah) selama perjalanan berlangsung. Sementara pada hukum perjanjian internasional istilah deklarasi sudah dimaknai secara tersendiri sebagai traktat yang memuat aturan-aturan hukum antar bangsa-bangsa yang terlibat. Akan tetapi pada hakikatnya kedua jenis deklarasi ini tetap dapat dimaknai sebagai pernyataan kesepakatan atas suatu hal.


Oke itulah penjelasan definisi deklarasi dan contohnya secara singkat. mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian deklarasi dan contohnya secara umum ya ! Lihat juga pengertian resesif dan dominan 🙂