PENGERTIAN DENSITAS DAN VISKOSITAS


  • Pengertian densitas dan viskositas itu apa sih ?
  • Apa itu densitas air laut ?
  • Apa arti kata densitas dalam kimia?
  • Apa yang dimaksud dengan densitas ?
  • Apa perbedaan densitas dan viskositas ?

Pengertian Densitas dan Viskositas


Pengertian Densitas dan Viskositas Menurut Para Ahli

Arti densitas dan viskositas adalah :

Pengertian densitas adalah jumlah suatu zat yang terkandung pada suatu unit volume. Densitas bisa diukur ke dalam tiga bentuk yakni : Densitas massa, Berat spesifik dan Densitas relatif.

Pengertian viskositas adalah sifat kekentalan suatu fluida yang mempengaruhi daya tahan terhadap suatu gaya geser. Viskositas bisa diukur melalui dua bentuk yakni viskositas dinamik dan viskositas kinematik.

Pengertian densitas air laut adalah jumlah massa air laut per satu satuan volume. Densitas air laut bergantung pada salinitas (S), temperatur (T), dan tekanan (p). Secara umum, rata-rata nilai densitas air laut adalah 1020kg/m3 s/d 1070 kg/m3 dan akan terus bertambah sesuai dengan bertambahnya tingkat salinitas dan tekanan serta berkurangnya tingkat temperatur. (Pratiwi : 2014)


Mungkin kita pernah dihadapkan pada pertanyaan konyol seperti mana yang lebih berat batu 10 kilogram atau kapas 10 kilogram? Sebagian orang sempat ragu ketika akan menjawabnya, bahkan ada yang langsung menjawab bahwa yang lebih berat adalah batu. Namun jika kita pikirkan lagi dengan baik sebenarnya berat kedua benda itu sama yaitu 10 kilogram. Kita dibuat ragu karena perbandingan batu dan kapas.

Kedua benda itu memang memiliki berat yang sama namun volumenya jauh berbeda. Batu 10 kilogram tidak akan memakan banyak tempat, berbeda dengan kapas 10 kilogram yang memerlukan ruangan sangat besar untuk menyimpannya. Ukuran massa suatu benda setiap satuan volume benda tersebut disebut juga dengan massa jenis atau densitas.

Untuk lebih memahami massa jenis suatu benda mari kita ambil contoh sebuah batu. Massa jenis batu hancur adalah 1.602 kilogram per meter kubik, yang artinya batu dengan volume 1 meter kubik beratnya adalah 1.602 kilogram. Semakin tinggi massa jenis suatu benda maka massa benda tersebut juga akan semakin tinggi setiap satuan volume. Oleh karena itu dengan massa yang sama volume benda-benda bermassa jenis tinggi pasti lebih kecil daripada benda-benda bermassa jenis rendah. Hal ini menjelaskan mengapa volume 10 kilogram batu lebih kecil daripada volume 10 kilogram kapas karena massa jenis batu lebih besar dari massa jenis kapas.

Selain densitas juga ada viskositas. Viskositas adalah ketahanan fluida yang mendapat perubahan baik dengan tekanan atau tegangan. Dimana fluida merupakan zat yang dapat berubah-ubah bentuk sesuai dengan bentuk wadahnya dan dapat mengalir. Yang termasuk fluida adalah zat gas dan zat cair.

Viskositas menunjukkan kemampuan fluida tersebut untuk tidak mengalir. Dalam bahasa awamnya viskositas menunjukkan kekentalan sebuah zat cair. Misalnya ketika kita membandingkan tetesan air dengan tetesan madu dari sendok, mana yang lebih dulu turun? Tentu saja air lebih dulu turun karena air memiliki viskositas yang lebih rendah daripada madu atau air lebih encer daripada madu. Ukuran viskositas sebuah benda dipengaruhi oleh besarnya friksi atau pergeseran dan tegangan geser pada partikel-partikel fluida.


Itulah penjelasan singkat tentang perbedaan densitas dan viskositas. Semoga artikel pengertian densitas dan viskositas ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua. Lihat juga pengertian pro parte dolus pro parte culpa 🙂