PENGERTIAN DETERMINASI DIRI


  • Pengertian determinasi diri itu apa sih ?
  • Apa itu determinasi diri ?
  • Apa arti kata determinasi diri ?
  • Apa yang dimaksud dengan determinasi diri ?
  • Apa pengertian teori determinasi diri ?

Pengertian Determinasi Diri


Pengertian Determinasi Diri Menurut Para Ahli

Arti determinasi diri adalah suatu sikap mental yang ditandai dengan komitmen yang kuat untuk mencapai suatu tujuan tertentu walaupun banyak kesulitan atau hambatan yang menghalanginya. (Vandenbos : 2008)

Pengertian determinasi diri adalah ketetapan hati atau kebulatan tekad seseorang pada suatu tujuan yang mau dicapai dalam hidupnya. (Henny Christine : 2014)

Definisi determinasi diri adalah suatu kemampuan manusia untuk mencapai kebebasan diri yang bertanggung jawab. (Beth Ackerman : 2006)

Pengertian teori determinasi diri adalah suatu teori yang berfokus pada sejauh mana perilaku individu bisa terdeterminasi dan termotivasi oleh individu itu sendiri. Teori ini juga mengkaji tentang apa saja motivasi yang melatarbelakangi seseorang dalam menentukan suatu pilihan dalam hidupnya tanpa gangguan dan pengaruh dari pihak eksternal. Teori ini mengungkapkan bahwa seorang individu akan terus berusaha untuk memuaskan kebutuhan akan pergaulan, otonomi dan kompetensi. (Deci & Ryan : 2000)


Setiap orang mempunyai tujuan dan keinginan yang hendak dicapai. Dalam mencapai tujuan tersebut tentu membutuhkan proses dan tidak jarang muncul halangan atau rintangan dalam meraih tujuan tersebut. Misalnya saja seseorang yang sedang mendirikan usaha rumah makan dan ingin usahanya berkembang. Lalu muncul permasalahan seperti kurangnya pengunjung, lokasi yang tidak strategis, dan lain sebagainya. Tanpa keteguhan hati atau istilahnya determinasi diri mungkin orang tersebut akan menyerah dan menutup usaha rumah makannya.

Determinasi diri yang dalam bahasa Inggris disebut self determination adalah keteguhan hati atau kebulatan tekad untuk mencapai tujuan. Seperti pada contoh di atas seseorang yang memiliki determinasi diri akan berusaha sekuat tenaga mengatasi masalah-masalah yang ada agar apa yang ditujunya dapat dicapai. Misalnya dengan melakukan promosi sehingga rumah makannya mulai dikenal orang, memindahkan lokasi rumah makan ke tempat yang lebih strategis, meningkatkan pelayanan kepada pembeli, atau membuat inovasi dalam rasa makanan.

Agar memiliki determinasi diri yang kuat seseorang membutuhkan tiga hal yaitu otonomi, kompetensi, dan relasi. Seseorang yang memiliki otonomi atau kewenangan yang besar tentu akan memiliki determinasi diri yang kuat. Yang pertama kali adalah kewenangan atas dirinya pribadi dan kemudian baru kewenangan atas orang-orang di sekelilingnya. Misalnya saja seorang pegawai yang ingin meningkatkan penjualan, jika ia menduduki jabatan sebagai kepala bagian penjualan tentu ia akan memiliki kesempatan lebih besar untuk meningkatkan penjualan karena kewenangan yang dimilikinya juga lebih besar dibandingkan ketika ia hanya pegawai biasa.

Kewenangan yang besar juga perlu didukung dengan kompetensi atau kemampuan yang mumpuni agar seseorang dapat mencapai tujuannya. Seperti pada contoh di atas dimana pengetahuan dan keterampilan dalam hal usaha rumah makan mutlak diperlukan untuk meningkatkan pemasukan. Bagaimana membuat makanan yang enak dan menarik, menata dan mempromosikannya, melayani pembeli dengan sigap dan ramah, dan lain sebagainya.

Sebagai makhluk sosial kita membutuhkan orang lain. Begitupula dalam mencapai tujuan kita tidak bisa meraihnya sendiri, kita membutuhkan orang-orang di sekitar kita sebagai relasi serta membangun hubungan sosial yang luas dan baik agar kita memiliki determinasi yang kuat. Misalnya saja dalam memasarkan produk, dengan memiliki relasi yang luas kita dapat menjangkau pasar yang lebih besar untuk memasarkan produk sehingga tujuan kita yaitu peningkatan penjualan dapat dicapai.


Oke itulah penjelasan pengertian determinasi diri secara singkat. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian teori determinasi diri secara umum ya ! Lihat juga pengertian agility 🙂