PENGERTIAN DIARTROSIS SINARTROSIS AMFIARTROSIS


  • Pengertian diartrosis sinartrosis amfiartrosis itu apa sih ?
  • Apa itu diartrosis ? Apa arti kata diartrosis ?
  • Apa yang dimaksud dengan diartrosis ?
  • Sebutkan jenis persendian diartrosis beserta contohnya !
  • Apa perbedaan sendi sinartrosis sinfibrosis dengan sinartrosis sinkondrosis ?

Pengertian Diartrosis Sinartrosis Amfiartrosis


Pengertian Diartrosis Sinartrosis Amfiartrosis Menurut Para Ahli

Diartrosis adalah istilah dalam persendian. Pengertian diartrosis adalah adalah sendi yang bisa melakukan gerakan bebas, biasa disebut dengan sendi gerak. Pada sendi ini, tulang dapat melakukan gerakan, karena pada kedua ujung pangkal tulang tidak dihubungkan dengan jaringan sehingga tulang bisa bergerak bebas.

Tulang pada sendi diartrosis dilapisi dengan tulang rawan yang lembut serta terdapat cairan sinovial yang bertugas sebagai pelumas untuk kedua pangkal tulang pada sendi diartrosis. Cairan sinovial berwarna transparan, kental dan mengandung asam hialuronat. Cairan inilah yang melicinkan gerakan antar tulang. Jenis tulang yang termasuk dalam diartrosis umumnya tulang berjenis panjang dan besar.

Ada beberapa jenis sendi diartrosis, yaitu:

  1. Sendi Peluru

Memungkinkan untuk bergerak bebas ke segala arah, karena berporos tiga. Sendi ini ditemukan di daerah antara tulang pinggul dan tulang paha. Contoh : tulang lengan atas dengan lengan bahu.

  1. Sendi Engsel

Sendi ini berporos satu sehingga pergerakan hanya bisa dilakukan satu arah. Contoh : siku, lutut, mata kaki.

  1. Sendi Putar

Walaupun sendi ini berporos satu, tetapi pergerakan bisa dilakukan secara memutar. Contoh : kepala yang dapat menoleh ke kanan dan ke kiri diakibatkan adanya sendi putar di daerah tulang belakang pertama dengan kedua.

  1. Sendi Pelana

Seperti namanya, sendi ini bisa melakukan gerakan seperti orang naik kuda yang memegang pelana. Sendi berporos dua yang bisa ditemuka di tulang ibu jari dan telapak tangan.

  1. Sendi Geser

Sesuai sebutannya, sendi geser digunakan untuk menyebut sendi yang memiliki gerakan menggeser. Contohnya ruas-ruas tulang belakang.

  1. Sendi Luncur

Sendi ini dapat membuat badan melakukan gerakan melengkung ke depan, belakang, dan memutar. Contohnya adalah telapak tangan. Kita dapat memutar, melengkungkan telapak tangan ke depan dan ke belakang.

Sendi gerak atau diartrosis memungkinkan tubuh kita untuk bisa bergerak lebih leluasa. Itulah keistimewaan khusus yang diberikan Tuhan pada kita. Coba bayangkan misal tubuh kita terbentuk dari satu tulang yang menyambung seperti pada hewan, pasti kita akan susah untuk bergerak bebas seperti sekarang.

Pengertian sinartrosis adalah sendi yang tidak bisa melakukan suatu pergerakan karena tulang-tulanya satukan dengan jaringan tulang. Contoh sinartrosis adalah tulang-tulang yang terdapat pada kepala.

Secara umum sinartrosis terbagi 2 yaitu sinartrosis sinfibrosis dan sinartrosis sinkondrosis. Pengertian sinartrosis sinfibrosis adalah sinartrosis yang tulangnya dihubungkan oleh jaringan ikat fibrosa. Contoh sinartrosis sinfribrosis adalah persendian pada tulang tengkorak.

Sedangkan pengertian sinartrosis sinkondrosis adalah sinartrosis yang dihubungkan dengan tulang rawan. Contoh sinartrosis sinkondrosis adalah hubungan antarsegmen yang tedapat pada tulang belakang manusia.

Pengertian amfiartrosis adalah sendi yang bisa melakukan gerak namun gerakannya sangat terbatas sekali. Amfiartrosis ada dua macam yakni sinkondrosis dan sindesmosis. Pengertian sinkondrosis adalah sendi yang dihubungkan dengan tulang rawan hialin. Contoh sinkondrosis adalah pelekatan tulang iga dan tulang dada. Sementara pengertian sindesmosis adalah sendi yang dihubungkan dengan jaringan penyambung (ligamen dan jaringan ikat serabut). Contoh sendi sindesmosis adalah sendi yang terdapat di tulang kering dan tulang betis.


Oke itulah penjelasan singkat mengenai pengertian diartrosis sinartrosis amfiartrosis. Mudah-mudahan kalian bisa memahami karakteristik serta perbedaan diartrosis amfiartrosis sinartrosis secara umum ya ! Lihat juga pengertian mimik dalam drama 🙂