PENGERTIAN DIFABEL DAN DISABILITAS


  • Pengertian difabel dan disabilitas itu apa sih ?
  • Apa itu difabel ? Apa arti kata difabel ?
  • Apa yang dimaksud dengan penyandang difabel ?
  • Apa yang dimaksud dengan penyandang disabilitas ?
  • Apa perbedaan difabel dan disabilitas ?

Pengertian Difabel dan Disabilitas


Pengertian Difabel dan Disabilitas Menurut Para Ahli

Arti difabel dan disabilitas adalah :

Pengertian difabel adalah seseorang yang memiliki kelainan fisik dan atau mental yang sifatnya mengganggu atau merupakan suatu hambatan baginya untuk melakukan kegiatan sehari-hari secara layak atau normal. (John C. Maxwell)

Definisi difabel adalah
suatu kehilangan atau ketidaknormalan baik itu yang bersiffat fisiologis, psikologis, maupun kelainan struktur atau fungsi anatomis. (WHO – World Health Organization)

Pengertian disabilitas adalah seseorang yang termasuk ke dalam penyandang cacat fisik, penyandang cacat mental ataupun gabungan penyandang cacat fisik dan mental (UU 4/1997)

Definisi disabilitas adalah ketidakseimbangan interaksi antara kondisi biologis dan lingkungan sosial (Konvensi Hak Penyandang Disabilitas/ CRPD)


Tidak semua manusia diciptakan dengan kondisi fisik ataupun mental yang sempurna. Ada sebagian orang yang memiliki kekurangan seperti tidak dapat mendengar, tidak dapat berbicara, keterbelakangan mental, dan lain sebagainya.

Ada juga yang dilahirkan sempurna akan tetapi karena peristiwa tertentu seperti bencana alam dan kecelakaan menyebabkan ia memiliki kekurangan fisik ataupun mental. Kekurangan tersebut menyebabkan seseorang memiliki keterbatasan dalam menjalani kehidupan baik secara pribadi maupun dalam kehidupan bermasyarakat.

Hal ini menyebabkan sebagian dari mereka menjadi minder atau rendah diri dalam pergaulan. Apalagi jika mendapat sebutan orang cacat, membuat mereka semakin tidak percaya diri. Untuk itu penggunaan istilah penyandang cacat bagi orang yang memiliki kekurangan fisik atau mental sudah mulai ditinggalkan. Sekarang orang lebih sering menggunakan istilah difabel atau disabilitas.

Walaupun demikian kedua istilah ini tidak terdapat dalam kamus besar bahasa Indonesia. Kedua istilah ini sering digunakan bergantian karena lebih berkonotasi positif. Tetapi apakah kedua istilah ini memiliki pengertian yang sama?

Mari kita lihat istilah difabel terlebih dahulu. Istilah ini sering digunakan oleh aktivis LSM atau lembaga swadaya masyarakat di daerah Yogyakarta yang kemudian meluas digunakan di seluruh Indonesia. Merupakan singkatan dari dua kata yaitu differently abled yang artinya kemampuan yang berbeda.

Dengan demikian pengertian kaum difabel adalah sekelompok orang yang memiliki kemampuan baik fisik, mental, ataupun keduanya yang berbeda daripada orang kebanyakan, bukan orang yang memiliki kekurangan.

Misalnya orang yang tidak memiliki tangan sehingga untuk menulis ia menggunakan kaki. Orang ini berarti memiliki kemampuan yang berbeda dari orang lain pada umumnya. Bahkan sering kita dengar orang seperti ini memiliki kemampuan melebihi orang biasa seperti ada orang yang mampu melukis dan bermain piano dengan menggunakan kaki.

Istilah disabilitas atau disability dalam bahasa Inggris lebih umum digunakan di dunia internasional. Istilah ini digunakan dalam konvensi PBB mengenai hak-hak penyandang disabilitas. Selain itu istilah ini juga digunakan dalam undang-undang nomor 19 tahun 2011 tentang penyandang disabilitas.

Penyandang disabilitas adalah orang yang memiliki kondisi yang belum dapat diakomodir oleh lingkungan sekitarnya, ketika kondisinya sudah dapat diakomodir oleh lingkungan maka orang tersebut tidak lagi dapat disebut penyandang disabilitas.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian difabel dan disabilitas. Mudah-mudahan kalian bisa memahami perbedaan difabel dan disabilitas secara umum ya ! Lihat juga pengertian rentenir 🙂