PENGERTIAN DINAMIKA MENURUT PARA AHLI


  • Pengertian dinamika sosial itu apa sih ?
  • Apa itu dinamika ? Apa arti kata dinamika ?
  • Apa yang dimaksud dengan dinamika penduduk ?
  • Apa pengertian dinamika musik ?
  • Apa pengertian dinamika fisika ?

Pengertian Dinamika


Pengertian Dinamika Menurut Para Ahli

Arti dinamika adalah :

Pengertian dinamika adalah sesuatu hal yang bersifat berkemampuan atau bertenaga, serta selalu bergerak dan berubah-ubah. (Idrus : 1996)

Definisi dinamika adalah sesuatu hal yang mempunyai tenaga / kekuatan, selalu bergerak, berkembang serta bisa menyesuaikan diri terhadap keadaan tertentu. (Wildan Zulkarnain : 2013)

Pengertian dinamika adalah suatu bentuk perubahan, baik itu yang sifatnya besar-besaran atau kecil-kecilan, maupun secara cepat atau lambat, yang sifatnya nyata dan berhubungan dengan suatu kondisi keadaan. (Kartono : 2007)

Pengertian dinamika penduduk adalah perubahan jumlah penduduk yang dipengaruhi oleh natalitas / fertilitas (kelahiran), mortalitas (kematian), dan migrasi (perpindahan penduduk).

Pengertian dinamika musik adalah istilah yang digunakan untuk menyatakan lembut dan kerasnya permainan sebuah karya musik. Tanda dinamik yang biasa digunakan dalam karya musik antara lain : pianissimo, piano, mezzo piano, mezzo forte, forte dan fortissimo.

Pengertian dinamika fisika adalah ilmu fisika yang khusus mempelajari tentang gerak serta gaya penyebabnya. Contohnya dinamika gerak benda, yang berarti segala bentuk perilaku yang terjadi saat sebuah benda bergerak, bisa berupa percepatan ataupun rotasi.

Pengertian dinamika sosial adalah suatu bentuk gerakan yang berasal dari masyarakat yang sifatnya terus menerus, yang bisa menimbulkan terjadinya perubahan dalam tatanan kehidupan masyarakat yang bersangkutan.


Dalam berbagai bidang ilmu dikenal istilah dinamika. Dalam ilmu sosial misalnya dikenal istilah dinamika sosial. Dalam bidang tata kota dikenal istilah dinamika pembangunan. Dalam ilmu fisika juga dikenal kata dinamika yakni dalam istilah dinamika gerak. Sebenarnya apakah yang dimaksud dengan dinamika?

Dinamika dapat kita artikan sebagai sesuatu yang selalu bergerak. Istilah ini digunakan untuk mendeskripsikan suatu benda atau kondisi yang cenderung berubah-ubah atau tidak konstan. Dinamika merupakan lawan dari kata statika yang berarti diam dan cenderung konstan.

Istilah dinamika banyak digunakan dalam kehidupan karena sebagian besar hal yang terjadi di hidup ini bersifat dinamis. Dalam perekonomian misalnya dikenal istilah dinamika ekonomi yang berarti kondisi perekonomian yang tidak tetap dan cenderung terus berubah dari waktu ke waktu. Ada juga istilah dinamika populasi yang berarti naik turunnya ukuran populasi selama jangka waktu tertentu.

Dinamika terjadi karena adanya pengaruh baik dari luar maupun dari dalam yang membuat kondisi suatu hal menjadi berubah. Hal ini dapat kita cermati secara mudah dalam ilmu fisika dan ilmu sosial. Dalam fisika dikenal istilah dinamika gerak pada suatu benda. Berbeda dengan pergerakan yang biasa, pada dinamika gerak setiap gaya yang mempengaruhi gerak suatu benda diperhitungkan seperti gaya gesek dan gaya angin. Ini pastinya menyebabkan perhitungan analisis geraknya menjadi sedikit lebih rumit daripada biasanya.

Adapun dalam bidang sosial juga dikenal istilah dinamika sosial. Pengertian dinamika sosial adalah perubahan pada suatu masyarakat akibat sekelompok orang yang terus mengusahakan timbulnya suatu perubahan. Tanpa adanya kelompok seperti ini tentu kehidupan masyarakat tidak akan mengalami perubahan yang berarti. Dari sini jelas bahwa dinamika, baik dinamika sosial maupun dinamika gerak yang digunakan sebagai contoh, hanya bisa terjadi jika terdapat pengaruh dari luar atau dari dalam.

Dinamika ini penting untuk diperhatikan dalam suatu perhitungan atau analisis. Sebabnya pada zaman yang semakin modern ini kondisi yang ada cepat berubah dari waktu ke waktu. Analisis dinamika yang memperhatikan hampir keseluruhan faktor pengaruh tentulah dapat memberikan hasil yang lebih mirip dengan kondisi aslinya.


Itulah beberapa pengertian dinamika menurut para ahli. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian dinamika dan contohnya secara umum ya ! Lihat juga pengertian konstitusi fleksibel dan rigid 🙂