PENGERTIAN DINAMIS DAN CONTOHNYA


  • Pengertian dinamis dalam sosiologi itu apa sih ?
  • Apa itu dinamis ? Apa arti kata dinamis ?
  • Apa yang dimaksud dengan dinamis dan statis ?
  • Apa pengertian dinamis aktif ?

Pengertian Dinamis


Pengertian Dinamis Menurut Para Ahli

Arti dinamis adalah :

Pengertian dinamis adalah sesuatu hal yang terus berubah dan berkembang secara aktif, atau seseorang yang hidupnya sangat antusias dengan banyak energi dan tekad. Lawan kata dinamis adalah statis.


Dinamis, sering diangkap suatu sikap yang patut dimiliki semua manusia. Bahkan teknologi, seperti motor, mobil, dan lain sebagainya mengunakan ‘dinamis’ sebagai fitur dari produk mereka. Sebenarnya, apa itu arti yang sesungguhnya dari dinamis? Dan bagaimana penggunaan kata dinamis dalam berbagai konten? Artikel ini akan menguak seluk beluk mulai istilah ‘dinamis’.

Secara etimologi, istilah dinamis berasal dari kata dalam bahasa Perancis ‘dynamique’, yang diambil dari bahasa Yunani yang berarti ‘kekuatan’ atau ‘tenaga’. Merujuk pada pengertian dinamis dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, dinamis diartikan sebagai keadaan penuh semangat dan tenaga sehingga cepat bergerak dan mudah menyesuaikan diri dengan keadaan dan sebagainya.

Merriam – Webster mendefinisikan dinamis sebagai sesuatu yang terus aktif dan berubah. Selain itu, Merriam Webster juga mengartika dinamis sebagai keadaan dimana sesuatu atau seseorang memiliki banyak energi.

Selain pengertian-pengertian dinamis dalam linguistik yang telah disebutkan di atas. Kata dinamis juga memiliki pengertian lain sesuai dengan ranah yang bersangkutan. Definisi-definisi lain tersebut antara lain :

1. Dinamis dalam ranah Pendidikan Kewarganegaraan

Penggunaan istilah dinamis dalam Pendidikan Kewarganegaraan merujuk pada keadaan dimana suatu hal (peraturan atau perundang-undangan) selalu bergerak mengikuti perkembangan dan tuntutan jaman.

2. Dinamis dalam ranah Sosiologi

Secara umum, pengertian dinamis dalam sosiologi adalah pola masyarakat yang selalu berubah dan berkembang satu sama lainnya. Dalam ilmu yang mengkaji hubungan antar mahluk sosial (sosiologi), terdapat istilah dinamika sosial yang mengacu pada keseluruhan perubahan yang terjadi dari seluruh komponen masyarakat. Selo Soemardjan mendefinisikan dinamika sosial sebagai segala perubahan pada lembaga-lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat yang mempengaruhi sistem sosialnya, termasuk di dalamnya nilai-nilai sikap dan pola perilaku di antara kelompok-kelompok masyarakat.

3. Dinamis dalam ranah Antropologi

Pengertian dinamis dalam antropologi adalah bersifat aktif bergerak dan berubah.

4. Dinamis dalam ranah Musik

Dalam musik, kita sering mendengar istilah dinamika atau dinamis yang menyangkut tentang perubahan keras lembutnya suatu nada atau frasa dalam bermain musik.

5. Dinamis dalam ranah Psikologi

Dalam psikologi dikenal istilah ‘pemikir dinamis’, mereka adalah orang-orang yang penuh percaya diri dan mandiri. Orang-orang tipe pemikir dinamis sangat menyukai tantangan, mudah bergaul, kompeten, bertanggung jawab, objektif, menyukai diskusi, berbakat dalam retorika dan meyakinkan orang lain, serta membangkitkan semangat. Meskipun dalam kesehariannya, bila sesuatu hal tidak berjalan sebagai mana mereka inginkan, mereka dapat bereaksi agak bebal dan keras kepala.

6. Dinamis dalam ranah Religi

Dalam konteks religi, dikenal sifat dinamis. Sifat dinamis diartikan sebagai keyakinan positif bahwa segala situasi akan membaik berdasarkan pada kesadaran akan kemampuan sendiri, yakni kemampuan untuk secara aktif mengatasi masalah.

7. Dinamis dalam ranah Administrasi

Dalam dunia administrasi perkantoran dikenal istilah dinamis aktif. Pengertian dinamis aktif dalah istilah tentang kearsipan dimana arsip tersebut masih berada di berbagai jenis lingkungan satuan kerja atau unit pengelola di dalam suatu organisasi atau instansi. Hal ini dikarenakan arsip tersebut masih diperlukan dalam pelaksanaan tugas pekerjaan sehari-hari.


Oke itulah penjelasan singkat tentang pengertian dinamis dan contohnya. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian dinamis dan statis secara umum ya ! Lihat juga pengertian prioritas 🙂