PENGERTIAN DOMISILI


  • Pengertian domisili menurut hukum perdata itu apa sih ?
  • Apa pengertian domisili perusahaan ?
  • Apa itu domisili ? Apa arti kata domisili ?
  • Apa yang dimaksud dengan domisili fiskal ?

Pengertian Domisili


Pengertian Domisili Menurut Para Ahli

Arti domisili adalah :

Pengertian domisili adalah tempat dimana seseorang memenuhi kewajiban dan melakukan hak-haknya meskipun pada kenyataannya saat sekarang ini dia sedang tidak berada di tempat tersebut. (Sri Soedewi Masjchoen Sofwan)

Pengertian domisili perusahaan adalah lokasi perusahaan sesuai dengan akta pendirian serta akta-akta perusahaan lainnya.

Pengertian domisili dalam hukum perdata adalah tempat kedudukan resmi yang dapat berupa tempat tinggal, rumah, kantor atau kota yang mempunyai kedudukan hak serta kewajiban di mata hukum.

Pengertian domisili fiskal adalah status domisili kependudukan yang digunakan untuk tujuan pemajakan. Hal ini sesuai dengan pasal 4 ayat 1 dalam UU PPh dimana pajak akan dikenakan dinegara domisili, baik itu penghasilan yang diperoleh dari dalam negeri ataupun yang diperoleh dari luar negeri.


Kata domisili berasal dari kata domicile atau woonplaats yang bermakna tempat tinggal.

Lalu apa perbedaan domisili dan alamat ? Secara umum, domisili adalah kediaman atau tempat tinggal yang tetap dan resmi, sementara alamat adalah tempat yang biasa digunakan untuk menemui seseorang atau surat menyurat. Contohnya : Erika adalah orang asli Bandung yang berdomisili di Dago, Bandung. Saat ini dia sedang bekerja menjadi teller bank di Jakarta. Di Jakarta dia tinggal bersama neneknya di jalan Pancoran Timur IX no 36. Dengan demikian, Bandung adalah domisilinya sedangkan Pancoran adalah alamatnya.

Berbicara mengenai domisili, ternyata domisili memiliki 2 aspek umum, yaitu manusia dan badan hukum. Dalam aspek manusia, domisili diartikan sebagai tempat tinggal atau bisa disebut dengan kediaman yang sah. Sedangkan dalam aspek hukum, pengertian domisili adalah tempat di mana seseorang dianggap senantiasa berada atau hadir untuk melaksanakan kewajibannya dan juga mendapatkan hak-haknya.

Ternyata domisili dalam aspek hukum sangatlah penting, ada 3 alasan kenapa domisili sangat penting dalam aspek hukum.

  • Berguna dalam menentukan dimana subjek hukum (seseorang) harus dipanggil dan ditarik di muka pengadilan.
  • Domisili juga berguna untuk menentukan pengadilan mana yang berhak berkuasa terhadap subjek hukum (seseorang) tersebut. Hal ini berhubungan dengan suatu peraturan bahwa pengadilan yang berwenang mengadili seseorang dalam perkara perdata adalah pengadilan dalam wilayah hukum di mana penggugat atau tergugat berdomisili (Pasal 118 ayat 1 dan 2 H.I.R)
  • Dalam perkawinan ternyata domisili juga diperlukan karena domisili digunakan untuk menentukan dimana seseorang harus melakukan sebuah perkawinan, hal ini terhubung dengan suatu peraturan bahwa perkawinan harus dilaksanakan di tempat salah satu pihak (Pasal 76 KUH Perdata).

Selain memiliki 2 aspek, ternyata domisili juga memiliki 2 macam bentuknya, antara lain :

1. Domisili Terikat atau Wajib

Sebuah tempat kediaman yang tidak bergantung kepada keadaan orang A itu sendiri, melainkan bergantung kepada keadaan orang lain yang ada hubungannya dengan orang A itu.

Contoh :

a. Istri (A) yang mempunyai domisili di tempat tinggal suaminya.

b. Seorang anak (A) yang belum dewasa mempunyai domisili di tempat tinggal orang tuanya.

2. Domisi Bebas atau Berdiri Sendiri

Dijelaskan sebagai saat seseorang dengan bebas yang sesuai dengan kehendaknya dapat menentukan sebuah tempat kediaman di tempat tertentu.

Domisili bebas juga tersusun menjadi 2 bagian anatara lain :

a. Domisi yang sesungguhnya, dapat dijelaskan sebagai tempat yang bertalian dengan hal yang melakukan wewenang perdata pada umumnya.

b. Domisili pilihan, dapat dijelaskan sebagai tempat yang ditunjuk sebagai tempat kediaman oleh satu pihak atau lebih dalam hubungannnya dengan melakukan perbuatan tertentu.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian domisili dan contohnya. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian domisili menurut hukum perdata  & pengertian domisili hukum dalam ilmu ekonomi secara umum ya ! Lihat juga pengertian maklumat 🙂