PENGERTIAN DUKUNGAN


  • Pengertian dukungan keluarga itu apa sih ?
  • Apa itu dukungan ? Apa arti kata dukungan ?
  • Apa yang dimaksud dengan dukungan ?
  • Apa pengertian dukungan suami ?
  • Apa pengertian dukungan sosial ?

Pengertian Dukungan


Pengertian Dukungan Menurut Para Ahli

Arti dukungan adalah :

Definisi dukungan adalah pemberian dorongan, motivasi atau semangat serta nasehat kepada orang lain yang sedang di dalam situasi membuat keputusan. (Chaplin : 2006)

Pengertian dukungan adalah segala bentuk informasi verbal ataupun non verbal yang bersifat saran, bantuan yang nyata maupun tingkah laku diberikan oleh sekelompok orang yang dekat dan akrab dengan subjek di dalam lingkungan sosialnya. Atau dalam bentuk lain juga bisa berupa kehadiran ataupun segala sesuatu hal yang dapat memberikan keuntungan emosional yang berpengaruh pada tingkah laku penerimanya. Contoh bentuk dukungan adalah kepedulian, keberadaan, kesediaan, serta sikap menghargai dan menyayangi. (Kuntjoro : 2002)


Sebagai makhluk sosial kita sangat membutuhkan orang lain dalam menjalani kehidupan. Sebanyak apapun harta yang kita miliki tidak akan dapat menggantikan kebutuhan kita terhadap orang lain. Sering kita dengar ungkapan bahwa tidak semua hal bisa dibeli dengan uang. Keluarga, teman, dan cinta merupakan hal-hal yang tidak bisa didapatkan dengan uang.

Kita membutuhkan cinta dan dukungan dari orang-orang terdekat untuk menjalani kehidupan yang tidak selalu mulus. Seringkali kita menemui hambatan dan rintangan yang tidak bisa kita hadapi sendiri. Pada saat inilah kita membutuhkan dukungan dari orang-orang terdekat agar dapat menghadapi permasalahan yang ada. Contohnya ketika seseorang terjerat narkoba dan berupaya untuk sehat kembali, pada saat ini ia sangat membutuhkan dukungan dari keluarga dan sahabat agar dapat benar-benar bebas dari ketergantungan terhadap obat-obatan terlarang. Dukungan yang diberikan bisa dalam bentuk perhatian, hiburan, atau mengingatkan jika ia mulai mencoba-coba kembali.

Dari penjabaran di atas dapat kita katakan bahwa pengertian dukungan adalah segala sesuatu yang diberikan kepada seseorang agar ia tetap bertahan pada apa yang dihadapi atau dijalaninya. Dukungan dapat diberikan dalam berbagai bentuk apakah materi atau immateri seperti harta, tenaga, penghiburan, perhatian, dan lain sebagainya yang dapat membuat seseorang merasa lebih semangat, nyaman, optimis, dan percaya diri. Dukungan yang diberikan kepada seseorang dapat menjadi penyemangat ketika ia menghadapi berbagai tantangan.

Pengertian dukungan suami adalah upaya yang diberikan oleh suami baik secara mental, fisik maupun sosial. (Effendi & Mukhfudli : 2009)

Pengertian dukungan sosial adalah bentuk dukungan yang diberikan kepada seseorang dalam hubungan sosialnya dengan orang lain seperti keluarga, teman, tetangga, dan lain-lain. Biasanya dukungan sosial diberikan oleh orang yang memiliki hubungan sosial yang dekat dan akrab atau memiliki kesamaan tertentu. Misalnya dukungan yang diberikan pada perempuan korban pelecehan, walaupun secara pribadi tidak kenal dengan korban tetapi karena sama-sama perempuan sehingga banyak kaum perempuan yang memberikan dukungan karena mereka bisa merasakan penderitaan korban.

Ada beberapa bentuk dukungan sosial yang dapat diberikan. Pertama dukungan emosional, dapat berupa perhatian dan kepedulian terhadap seseorang. Kemudian dukungan penghargaan, merupakan penyemangat yang dapat menambah optimisme seseorang seperti mengungkapkan prestasi dan kelebihan yang dimilikinya. Ketiga, dukungan instrumental yang merupakan bantuan langsung terhadap permasalahan yang terjadi seperti jika seseorang sedang butuh uang dibantu dengan memberikan pinjaman, atau dengan memberi pekerjaan kepada seseorang yang sudah lama menjadi pengangguran. Dan terakhir dukungan informatif yang merupakan nasehat, saran, informasi, ataupun petunjuk sebagai solusi atas permasalahan atau rintangan yang dihadapi.


Pengertian dukungan sosial menurut para ahli :

Pengertian dukungan sosial adalah tersedianya hubungan yang sifatnya menolong serta memiliki nilai khusus bagi seseorang yang menerimanya. (Cahyadi : 2012)

Definisi dukungan sosial adalah berbagai sumber yang diberikan oleh orang lain kepada individu tertentu yang bisa mempengaruhi perilaku dan kesejahteraan individu yang bersangkutan (Cohen & Syme : 2012)

Arti dukungan sosial adalah suatu bentuk penghargaan akan kepeduliaan, kesenangan yang dirasakan ataupun dalam bentuk membantu orang untuk menerima sesuatu dari rang atau kelompok-kelompok lainnya. (Smet : 1994)

Pengertian dukungan sosial keluarga adalah suatu bentuk dukungan antara kerabat suatu individu yang melibatkan perhatian emosional, bantuan instrumental serta pemberian informasi yang terjadi sepanjang masa kehidupan. (Friedman : 1998)


Pengertian dukungan keluarga menurut para ahli :

Definisi dukungan keluarga adalah berbagai sikap, tindakan serta penerimaan keluarga terhadap anggota keluarga yang menderita sakit yang diwujudkan dalam memberikan pertolongan dan bantuan jika diperlukan. (Friedman : 1998)

Pengertian dukungan keluarga adalah bentuk hubungan interpersonal yang melindungi seseorang anggota keluarga dari bahaya efek stress yang buruk. (Kaplan & Sadock : 1998)


Oke itulah penjelasan singkat tentang pengertian dukungan dan contohnya. Mudah-mudahan sobat bisa memahami pengertian dukungan secara umum ya ! Lihat juga pengertian daya tahan tubuh 🙂