PENGERTIAN E-PAPER


  • Pengertian e-paper itu apa sih ?
  • Apa itu e-paper ? Apa arti kata e-paper ?
  • Apa yang dimaksud dengan e-paper ?

Pengertian E-paper


Pengertian E-Paper Menurut Para Ahli

Arti e-paper adalah :

Pengertian e-paper adalah adalah koran elektronik atau koran dalam bentuk digital. Sama seperti koran konvensional, e-paper merupakan media komunikasi dan penyiaran untuk menyebarkan informasi dan berita-berita terbaru. E-paper termasuk ke dalam media elektronik karena instrumen pendukungnya menggunakan alat elektronik seperti televisi dan radio. Untuk dapat mengakses e-paper kita harus memiliki komputer, smartphone, atau peralatan sejenis dan terhubung dengan jaringan internet.

Media cetak nasional pertama yang menerbitkan koran elektronik di Indonesia adalah surat kabar Kontan pada tahun 2008. Kemudian disusul oleh Kompas, Republika, dan Tempo. Sampai sekarang sudah banyak surat kabar yang membuat versi digital seperti Jawa Pos, The Jakarta Post, dan Media Indonesia.

Dengan makin berkembangnya teknologi komputer dan semakin mudahnya akses ke internet, segala sesuatu dibuat versi digitalnya sehingga dapat disimpan, disebarkan dan diakses melalui komputer dan jaringan internet. Contohnya e-book atau buku elektronik, e-passport atau passport elektronik , e-paper, dan lain sebagainya.

Ada beberapa kelebihan e-paper yang menyebabkan banyak media cetak menerbitkan koran dalam bentuk digital, salah satunya dapat menyajikan berita dengan tampilan yang lebih menarik seperti penambahan animasi, desain yang beragam, dan perpaduan warna yang menarik. E-paper juga dapat diunduh dan disimpan sehingga dapat dibaca sewaktu-waktu. Untuk menyimpannya juga tidak membutuhkan ruang fisik karena disimpan dalam bentuk file komputer.

Penggunaan e-paper juga selaras dengan masalah pemanasan global karena dapat meminimalisir penggunaan kertas dan tinta. Biaya produksi dan distribusi pun jauh berkurang karena proses distribusi mengambil porsi yang cukup besar yaitu sekitar 75 persen dari keseluruhan biaya produksi. Untuk mendapatkannya juga lebih mudah, kita tidak perlu ke toko atau loper koran, cukup duduk di rumah bermodalkan komputer dan  jaringan internet kita sudah bisa mengakses berita-berita terbaru.

Pengertian epaper juga dapat diartikan sebagai kertas elektronik yang merupakan teknologi yang memiliki fungsi dan tampilan yang sama seperti kertas biasa akan tetapi dapat digunakan kembali berulang kali dan dapat dibawa kemana-mana. Hal ini membuat kertas digital lebih ramah lingkungan. Dibandingkan layar/monitor biasa, kertas elektronik tampilannya lebih stabil dan sudut pandang yang lebih luas. Salah satu negara yang telah mengembangkannya dalah Taiwan pada tahun 2011. Kertas elektronik ini dinamai i2R e-paper dan dapat ditulis tanpa menggunakan listrik.


Oke itulah penjelasan singkat mengenai definisi e-paper. Mudah-mudahan sobat bisa memahami pengertian e-paper secara umum ya ! Lihat juga pengertian dukungan 🙂