PENGERTIAN E-PASSPORT


  • Pengertian e-passport itu apa sih ?
  • Apa itu e-paspor ? Apa arti e passport ?
  • Apa yang dimaksud dengan e-passport ?
  • Apa keuntungan e passport ?
  • Apa kelebihan e paspor ?

Pengertian E-passport


Pengertian E-passport Menurut Para Ahli

Arti e-passport adalah :

Pengertian e-passport adalah passport elektronik yang sudah terintegrasi dengan sistem informasi digital namun fungsinya sama dengan paspor konvensional, yang membedakannya adalah penggunaan chip yang dipasang pada bagian depan paspor.

Chip ini berisi data biometrik pemilik paspor seperti wajah dan sidik jari serta data-data pendukung lainnya. Hal ini membuat e-passport jauh lebih aman jika dibandingkan paspor konvensional karena sangat sulit dipalsukan atau disalahgunakan oleh orang lain.

Seperti yang kita ketahui bahwa salah satu syarat untuk bisa memasuki negara lain adalah menggunakan paspor. Paspor pada dasarnya sama dengan KTP, sama-sama sebagai tanda pengenal. Yang membedakannya adalah wilayah penggunaan, KTP digunakan di dalam negeri sementara paspor digunakan sebagai tanda pengenal di luar negeri.

Paspor merupakan dokumen resmi yang dikeluarkan bagian imigrasi suatu negara yang berisi identitas pemilik paspor seperti nama, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, foto, tanda tangan, kewarganegaraan, dan lain-lain.

Sama seperti KTP, paspor juga sering dipalsukan. Untuk meminimalisir hal ini maka banyak negara-negara di dunia yang menerapkan paspor elektronik atau e-passport. Di Indonesia sendiri e-passport mulai digunakan sejak tahun 2011.

Hal lain yang membedakan e-passport dengan paspor konvensional adalah dari segi harga. Karena dibekali dengan teknologi chip tentu saja e-passport lebih mahal dari pada paspor konvensional. Biaya yang dipatok untuk pembuatan e-passport dengan 48 halaman sekitar Rp.655.000, dua kali lipat jika dibandingkan dengan biaya pembuatan paspor konvensional dengan jumlah halaman yang sama yaitu sekitar Rp.355.000. Ini merupakan tarif pada Februari 2015.

Selain lebih aman ada beberapa kelebihan e paspor lainnya yaitu mempermudah dalam pemeriksaan imigrasi. Pemeriksaan yang biasanya dilakukan manual kini dapat dilakukan hanya dengan pemindaian e-passport milik kita. Hal ini tentu saja lebih cepat dan menghemat waktu.

Manfaat lainnya adalah visa gratis yang akan kita dapatkan jika berkunjung ke negara Jepang. Hal ini mulai diberlakukan sejak akhir tahun 2014. Kita cukup mendaftarkan e-passport ke kedutaan besar Jepang untuk Indonesia di bagian visa atau konsuler.

Untuk membuat e-passport juga tidak sulit. Syarat-syaratnya sama dengan pembuatan paspor biasa yaitu KTP, kartu keluarga, akte kelahiran, ijazah, akta nikah bagi yang sudah menikah, dan paspor lama jika ada. Lama pembuatannya juga sama yaitu sekitar lima hari kerja.


Oke itulah penjelasan singkat mengenai definisi e-passport. Mudah-mudahan sobat bisa memahami pengertian e-passport dan keuntungannya ya ! Lihat juga pengertian e-paper 🙂