PENGERTIAN E-PAYROLL


  • Pengertian e-payroll itu apa sih ?
  • Apa itu e payroll ? Apa arti e-payroll ?
  • Apa yang dimaksud dengan e-payroll ?

Pengertian E-payroll


Pengertian E-Payroll Menurut Para Ahli

Arti e-payroll adalah :

Definisi e-payroll adalah metode pembayaran dana gaji kepada karyawan tanpa menggunakan cek kertas yang dapat dengan mudah hilang atau dicuri.

Pengertian e-payroll adalah sistem pemberian gaji karyawan secara elektronoik yang pada umumnya melalui direct deposit atau transfer langsung ke rekening karyawan yang bisa dipantau secara real time.


Karyawan merupakan salah satu aset penting perusahaan karena produktifitas perusahaan sangat tergantung pada kinerja karyawan. Untuk itu karyawan harus mendapatkan timbal balik yang sesuai agar dapat bekerja dengan baik dan loyal terhadap perusahaan. Salah satu bentuk timbal baliknya adalah pemberian remunerasi atau penghargaan/imbalan atas jasa mereka berupa gaji yang biasanya dibayarkan setiap bulan.

Pemberian gaji karyawan tentu harus disesuaikan dengan kinerja masing-masing karyawan yang dapat dilihat melalui absensi karyawan, lembur, dan perjalanan dinas. Selain itu juga dipengaruhi oleh jabatan, masa kerja karyawan, dan lain sebagainya. Untuk itu dalam memberikan remunerasi pada karyawan diperlukan data-data pendukung dan bekerja sama dengan bagian hr atau human resources.

Setiap perusahaan mempunyai sistem dan kebijakan masing-masing dalam memberikan remunerasi karyawan. Rangkaian kegiatan dalam menerapkan sistem dan kebijakan perusahaan dalam pemberian remunerasi disebut juga dengan payroll.

Departemen payroll merupakan bagian penting dari perusahaan. Mereka harus bekerja dengan cepat, tepat, dan akurat agar gaji karyawan dapat diberikan dengan baik dan tepat waktu setiap bulan. Untuk perusahaan kecil dengan jumlah karyawan yang sedikit, pengelolaan gaji karyawan masih dapat dilakukan secara manual. Akan tetapi untuk perusahaan besar dengan jumlah karyawan yang mencapai ribuan, pengelolaan gaji secara manual bukanlah pilihan tepat karena memungkinkan terjadinya human error dan tidak efisien.

Untuk mengatasi masalah ini maka diterapkan e-payroll atau electronic payroll. Pengertian e-payroll adalah sistem pemberian remunerasi karyawan secara elektronik. Biasanya berbentuk aplikasi atau software yang akan melakukan penghitungan gaji sesuai dengan peraturan perusahaan. Aplikasi ini juga terhubung dengan bagian human resources untuk mendapatkan database karyawan, absensi, keterlambatan, izin, cuti, dan data lain yang diperlukan untuk penghitungan gaji.

Setiap karyawan biasanya diberikan akun dan dapat mengakses aplikasi ini sehingga mereka dapat mengetahui detail gaji masing-masing. Dengan detail yang diberikan karyawan bisa tahu mengapa gajinya naik atau turun, apakah dipengaruhi jabatan, bonus, atau absensinya. Selain itu pemberian gaji juga tidak dibayarkan secara tunai akan tetapi langsung ditransfer ke rekening karyawan. Biasanya pihak perusahaan bekerja sama dengan bank tertentu. Beberapa bank yang menyediakan layanan e-payroll diantaranya BRI Syariah, BSM atau Bank Syariah Mandiri, dan BNI.


Oke mudah-mudahan sobat bisa memahami pengertian e-payroll secara umum ya ! Lihat juga pengertian e-passport & pengertian e-paper 🙂