PENGERTIAN EDUKATIF DAN CONTOHNYA


  • Pengertian edukatif dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa itu edukatif ? Apa arti kata edukatif ?
  • Apa yang dimaksud dengan edukatif ?
  • Apa pengertian edukatif dalam sejarah ?
  • Apa pengertian edukatif dalam sosiologi ?

Pengertian Edukatif


Pengertian Edukatif Menurut Para Ahli

Arti edukatif adalah :

Pengertian edukatif adalah suatu kondisi  yang memberikan pengetahuan, pemahaman dan pengajaran. (Abibakrin : 2015)

Definisi edukatif adalah sesuatu hal yang dapat mengajarkan seseorang mengenai hal-hal yang bersifat pengetahuan yang bisa berguna bagi perkembangan kognitif mereka. (Henri Tafjel : 1981)


Segala sesuatu yang bersifat mendidik, memberikan pembelajaran dan amanat disebut edukatif. Sedangkan pendidikan adalah edukasi. Semisal, film Laskar Pelangi memiliki unsur edukatif. Artinya film Laskar Pelangi memberikan pengajaran atau pendidikan kepada penontonnya. Edukatif sangat erat hubungannya dengan pendidikan.

Di dalam dunia pendidikan, unsur paling penting adalah guru (pendidik) dan murid (peserta didik). Mereka memiliki ikatan hubungan yang disebut interaksi edukatif yaitu interaksi yang dibuat dengan tujuan mengubah perilaku seseorang yaitu murid tersebut ke arah yang lebih baik (pintar). Pintar yang dimaksud adalah pintar dalam segi kognitif, psikomotor, dan afektif.

Interaksi edukatif antara seorang guru dan murid pasti memiliki ciri-ciri, yaitu memiliki tujuan, prosedur (RPP) dan materi. Di dalam interaksi edukatif guru bertindak sebagai pembimbing, sehingga guru harus bisa menciptakan suasana disiplin dan memberikan evaluasi terhadap apa yang telah dipelajari. Komunikasi yang terjadi di dalam interaksi edukatif tidak hanya komunikasi satu arah atau komunikasi dari guru ke murid, tetapi juga harus komunikasi banyak arah yaitu dari murid ke guru.

Tentu saja interaksi edukatif memiliki banyak fungsi, karena interaksi tersebut bersifat edukatif atau mendidik, sehingga fungsi interaksi edukatif mengarah pada hal positif, diantaranya:

  1. Pengetahuan dapat diterima murid dengan optimal

Dalam interaksi edukatif, guru harus bisa menyampaikan ide atau gagasan kepada murid dengan tepat sehingga tujuan dari pembelajaran dapat tersampaikan dengan baik.

  1. Adanya perubahan peserta didik

Perubahan itu ialah perubahan dalam bentuk sikap. Apabila guru dapat bersikap luwes dan humoris ketika menyampaikan materi, maka murid akan menikmati pelajaran yang diberikan kepada mereka dan disinilah terjadi perubahan sikap dari yang semula biasa saja sebelum kegiatan belajar dimulai, menjadi senang.

  1. Menciptakan hubungan yang baik antara pendidik dengan peserta didik

Bila guru dapat menyampaikan materi dengan gaya lugas dan menarik, murid sebagai peserta didik akan memberikan respon positif terhadap guru. Mereka akan menghormati dan menaati semua perintah yang disampaikan oleh guru.

Semua hal yang bersifat edukatif pada dasarnya memiliki nilai positif, karena sifat edukatif mengarahkan pada perilaku yang benar dan sesuai dengan norma dan kaidah yang ada.

Pengertian edukatif dalam sejarah adalah kisah yang tertuang dalam sejarah haruslah mampu dijadikan pelajaran dan membuka wawasan bagi siapa saja yang mempelajarinya agar tidak terjebak ke dalam kesalahan yang sama. Contohnya sejarah tentang keganasan PKI, apabila kita memahami sejarah tersebut maka kita akan mempunyai pengetahuan apabila PKI masih berjalan maka sesuatu yang sama akan terjadi, maka dari itu PKI harus diberantas agar tidak terjadi kekejaman yang serupa.

Pengertian edukatif dalam sosiologi adalah suatu hubungan atau interaksi di dalam suatu masyarakat yang mana interaksi ini memuat unsur pengajaran atau pengetahuan tertentu. Contohnya seorang ibu yang membantu anaknya belajar membaca atau seorang ayah yang mengajari anaknya menyetir mobil.


Oke itulah penjelasan singkat mengenai pengertian edukatif dan contohnya. Semoga artikel pengertian edukatif pendidikan ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua. Lihat juga pengertian empiris dan contohnya 🙂