PENGERTIAN EFEK SAMPING OBAT


  • Pengertian efek samping pada obat itu apa sih ?
  • Apa definisi efek samping obat ?
  • Apa itu efek samping obat ?
  • Apa arti kata efek samping ?
  • Apa yang dimaksud dengan efek samping obat ?

Pengertian Efek Samping


Pengertian Efek Samping Obat Menurut Para Ahli

Arti efek samping obat adalah :

Definisi efek samping obat adalah suatu efek fisiologis yang sama sekali tidak berhubungan atau tidak berkaitan dengan efek obat yang diinginkan. Semua jenis obat selalu mempunyai efek samping, baik itu efek samping yang diingikan ataupun tidak. Bahkan ironisnya, dengan dosis obat yang tepatpun, efek samping bisa terjadi. (Joyle L Kee & Evelyn R Hayes dalam buku Farmakologi : Pendekatan Proses Keperawatan tahun 1996)

Pengertian efek samping adalah suatu akibat langsung ataupun tidak langsung yang berasal dari suatu zat terhadap proses kehidupan manusia serta lingkungannya. (Budi Suryatin, dalam buku Sains Materi dan Sifatnya tahun 2004)


Kebanyakan orang pasti pernah membeli obat. Entah obat sakit kepala, obat batuk, obat penurun panas,  atau obat yang sudah diresepkan dokter. Jika kita perhatikan setiap obat yang dijual biasanya memiliki kemasan yang disertai kertas petunjuk yang berisi penjelasan mengenai obat tersebut mulai dari jenis obat, komposisi, dosis, efek samping, dan lain sebagainya.

Sayangnya kebanyakan orang malas untuk membacanya dengan teliti, biasanya mereka cukup melihat dosis dan aturan pakainya saja. Padahal ada hal-hal lain yang harus kita perhatikan sebelum mengonsumsi obat, salah satunya efek samping yang ditimbulkan setelah mengonsumsi obat.

Istilah efek samping sering digunakan dalam dunia pengobatan. Pendek kata, pengertian efek samping obat adalah dampak yang merugikan atau berbahaya yang timbul sebagai reaksi terhadap konsumsi obat atau prosedur pengobatan tertentu. Hal ini penting untuk diperhatikan setiap kita akan mengonsumsi obat sehingga kita tahu dan dapat mengantisipasinya.

Contohnya merasa mengantuk setelah minum CTM (obat alergi). Jika kita tahu efek sampingnya kita dapat mengatur waktu yang tepat untuk meminum obat, misalnya malam hari. Bayangkan bila obat ini dikonsumsi pada pagi hari sebelum kita bepergian jauh dengan kendaraan, tentu akan sangat berbahaya bila kita mengantuk saat mengemudi.

Efek samping penggunaan obat beragam, mulai dari yang sederhana seperti mengantuk, kulit ruam, atau gatal-gatal, sampai yang cukup berat seperti gangguan fungsi hati dan syol anafilaksis. Efek samping obat ada yang dapat diprediksi seperti yang tertera pada kemasan obat dan ada pula yang tidak terprediksi seperti reaksi alergi setelah meminum obat tertentu atau efek samping yang timbul karena riwayat kesehatan yang tidak diketahui dokter.

Kita harus cermat dan berhati-hati dalam mengonsumsi obat untuk menghindari atau meminimalisir efek sampingnya. Hal pertama yang harus kita lakukan sebelum mengonsumsi obat adalah membaca dosis dan aturan pakai obat dengan cermat. Kemudian patuhilah dosis dan aturan pakai tersebut, apakah yang tertera di kemasan atau yang diresepkan dokter. Jangan mentang-mentang ingin sembuh sehingga melebihkan dosis.

Jika pemakai obat adalah anak-anak, orang tua, atau seseorang dengan penyakit hati atau ginjal sebaiknya konsumsi obat betul-betul diperhatikan, bila ragu konsultasikan dahulu ke dokter. Jika muncul reaksi alergi setelah konsumsi obat sebaiknya diperhatikan dan dicatat sehingga dapat menjadi referensi untuk pengobatan di masa mendatang.

Kemudian beritahukan ke dokter yang akan meresepkan obat bila anda dalam kondisi hamil, menyusui, sedang dalam pengobatan lain, memiliki penyakit diabetes, atau alergi terhadap obat-obat tertentu. Sebaiknya jangan mengonsumsi beberapa jenis obat sekaligus tanpa sepengetahuan dokter. Dan terakhir mintalah pada dokter untuk mengevaluasi efek samping obat yang mungkin timbul dalam jangka panjang.


Itulah penjelasan tentang pengertian efek samping obat secara singkat. Mudah-mudahan kalian bisa memahami definisi efek samping obat dan macam macam efek samping obat secara umum ya ! Lihat juga pengertian komunikasi menurut para ahli dunia 🙂