PENGERTIAN EKSKLUSIF DALAM SOSIOLOGI


  • Pengertian eksklusif dalam sosiologi itu apa sih ?
  • Apa pengertian masyarakat eksklusif dan inklusif ?
  • Apa itu eksklusif ? Apa arti kata eksklusif ?
  • Apa pengertian eksklusif dan inklusif ?
  • Apa yang dimaksud dengan eksklusif ?

Pengertian Eksklusif


Pengertian Eksklusif Menurut Para Ahli

Arti eksklusif adalah :

Pengertian eksklusif dalam sosiologi adalah masyarakat yang merasa takut terhadap budaya lain karena diyakini budaya tersebut memiliki pengaruh untuk merusak budayanya. Masyarakat eksklusif akan cenderung membatasi pergaulannya dengan masyarakat lainnya terutama dalam hal keyakinan, perkawinan dan agama. Sedangkan pengertian inklusif dalam sosiologi adalah kebalikan dari eksklusif yaitu masyarakat yang bersifat lebih akomodatif terhadap budaya lain. Dengan demikian masyarakat inklusif akan lebih mudah berhubungan dengan masyarakat lainnya dan mengganggap bahwa harkat setiap anggota masyarakat adalah sama. (Kun Maryati & Juju Suryawati : 2006)


Pengertian eksklusif dalam sosiologi berarti sesorang yang berperilaku sosial hanya pada golongan orang-orang tertentu saja, seperti etnis, tingkatan materi, hingga jabatan. Sehingga sebagian besar masyarakat yang merasa dirinya spesial, misalnya dari sisi materi akan mencari lingkungan orang-orang yang sepadan karena dianggap lebih cocok dari segi pemikiran hingga pandangan hidup.

Apakah setiap orang yang eksklusif dalam kehidupan sosialnya akan seperti itu? Tidak semua seperti itu, karena masih ada sebagian masyarakat yang dapat bersikap fleksibel dan dapat menyatu dengan lingkungan masyarakat tingkat manapun baik yang sederajat maupun yang tingkatannya secara materi dibawahnya.

Pada saat sekarang ini penilaian eksklusif seseorang dalam kehidupan sosial memang identik dengan materi yang dimilikinya hingga tingkatan jabatan yang dijabatnya. Ini disebabkan pandangan kesuksesan seseorang adalah dari apa saja yang sudah dimilikinya hingga saat ini. Pandangan tersebut memang tidak sepenuhnya salah, namun memang tercipta dengan sendirinya melalui ikatan sosial orang-orang yang kebetulan sudah mapan secara materi.

Contoh lainnya seperti masyarakat yang tinggal di sebuah lingkungan perumahan cluster yang identik dengan eksklusifnya. Setiap orang yang bukan bagian dari perumahan tersebut harus melapor pada bagian keamanan perumahan, bahkan orang-orang yang sekedar menjajakan makanan kecilpun juga harus ikut melapor.

Selain dari kehidupan di lingkungan perumahan, aktivitas lainnya yang menunjukkan eksklusifnya seseorang adalah dalam menjalani rutinitas pekerjaannya dengan naik kendaraan pribadi. Seperti yang kita ketahui bahwa penyebab utamanya kemacetan di Jakarta saat ini adalah banyaknya orang yang menggunakan mobil, padahal penumpangnya hanya satu orang. Bisa dibayangkan bila orang yang menganggap dirinya eksklusif seperti itu, maka akan ada lebih dari 100 orang yang akan menyebabkan kemacetan hingga 500meter.

Eksklusif atau tidaknya seseorang dalam kehidupan sosial sejatinya tergantung dari sudut pandang masyarakat dalam menilai suatu hal, apakah mereka menilai dari sisi materi atau dari sisi lainnya. Eksklusif tidak selalu dilihat dari sisi materi, karena ada masyarakat yang berperilaku bijaksana dan terpelajar serta berwawasan luas namun materinya tidak banyak, tetapi dipandang eksklusif oleh banyak orang. Contohnya Dosen, peneliti, Ustadz, dan masih banyak lagi. Nah kalau kalian ingin dipandang eksklusif, kalian bisa menentukan pilihan apakah lebih memilih untuk memiliki harta yang banyak ataukah justru dengan cara lainnya.


Itulah penjelasan pengertian eksklusif dalam sosiologi dan contohnya secara singkat. Semoga artikel pengertian eksklusif dan inklusif ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua. Lihat juga pengertian tabligh dan contohnya 🙂