PENGERTIAN EKSPANSI


  • Pengertian ekspansi perusahaan itu apa sih ?
  • Apa itu ekspansi paru ? Apa arti kata ekspansi ?
  • Apa yang dimaksud dengan ekspansi termal ?
  • Apa pengertian ekspansi pasar ?
  • Apa ekspansi dalam ekonomi ?

Pengertian Ekspansi


Pengertian Ekspansi Menurut Para Ahli

Arti ekspansi adalah :

Pengertian ekspansi adalah upaya untuk menjadi lebih besar atau lebih luas. Secara etimologi, istilah ekspansi merupakan serapan kata dalam bahasa Inggris ‘expansion’ dari kata dasar ‘expand’. Istilah ‘expand ‘ diperkirakan muncul sekitar awal hingga pertengahan abad ke-15, yang berasal dari bahasa Latin ‘expandere’ yang berarti ‘menyebar’.


Bila merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), istilah ekspansi (/ek-span-si/) didefinisikan sebagai perluasan wilayah suatu negara dengan menduduki wilayah negara lain (baik itu yang bersifat sebagian atau seluruhnya) atau perluasan daerah. KBBI juga menambahkan juga arti ekspansi dalam ilmu fisika, pengertian ekspansi dalam termodinamika adalah pemuaian yang terjadi pada gas dan uap. Selain itu dalam bidang ekonomi, KBBI mengartikan ekspansi sebagai perluasan peredaran uang ke dalam sirkulasi.

“Cambridge Dictionary” mendefinisikan istilah ekspansi sebagai upaya untuk bertambah dalam segi ukuran, banyaknya, maupun kepentinggan, atau dengan kata lain membuat suatu hal meningkat atau bertambah besar. Sementara itu, selain mendefinisikan ekspansi sebagai upaya untuk bertambah besar atau luas, “Oxford Dictionary” juga mengartikan ekspansi dari ilmu fisika sebagai perubahan alam semesta yang terjadi secara terus menerus sesuai dengan teori “Red Shift” di mana seluruh galaksi semakin menjauh satu sama lain. Kamus Oxford juga mendefinisikan ekspansi sebagai tindakan memberikan sebuah versi yang lebih lengkap dari suatu hal (misal lagu atau film).

Dalam bidang bisnis, istiah ekspansi merujuk pada aktivitas memperbesar atau memperluas usaha yang ditandai dengan penciptaan pasar baru, perluasan fasilitas, perekrutan pegawai, dan lain sebagainya. Ekspansi dalam bidang ekonomi juga dapat diartikan sebagai usaha peningkatan aktivitas ekonomi dan pertumbuhan dunia usaha. Beberapa ahli mengemukakan berbagai pengertian ekspansi dalam dunia bisnis, berikut di antaranya,

  1. Bambang Riyanto : ekspansi adalah perluasan modal, baik modal tetap ataupun modal kerja dalam perusahaan.
  2. Alex S. Nitisemito : pengertian ekspansi perusahaan adalah upaya suatu perusahaan untuk memperbesar ukuran perusahaan (kapasitas produksi, cakupan pasar) karena permintaan yang semakin bertambah terhadap produk yang dihasilkannya.
  3. Suad Husnan dan Enny Pudjiastuti : pengertian ekspansi ekonomi adalah perluasan suatu usaha melalui cara penigkatan kapasitas pabrik, penambahan modal baru, penambahan unit produksi, maupun dengan merger dan akuisisi.

Pengertian ekspansi pasar adalah strategi pertumbuhan di mana perusahaan : menargetkan produk yang sudah ada ke pasar baru, mengembangkan pasar dengan menargetkan pasar geografis yang baru, merambah segmen demografis atau psikografis yang baru, atau menargetkan pengguna yang benar-benar baru.

Pengertian ekspansi termal adalah perubahan dimensi ataupun peningkatan volume yang terjadi karena adanya perubahan temperatur.

Pengertian ekspansi paru adalah pengembangan paru-paru yang terjadi ketika proses bernapas.


Oke itulah penjelasan pengertian ekspansi dan contohnya secara singkat. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian ekspansi secara umum ya ! Lihat juga pengertian penetrasi 🙂