PENGERTIAN ESTETIS


  • Pengertian estetis dalam seni rupa itu apa sih ?
  • Apa itu estetis ? Apa arti kata estetis ?
  • Apa yang dimaksud dengan estetis ?
  • Apa pengertian estetis dalam tarian ?

Pengertian Estetis


Pengertian Estetis Menurut Para Ahli

Arti estetis adalah :

Pengertian estetis adalah suatu nilai keindahan yang terdapat atau melekat dalam suatu karya atau objek seni. Contoh dalam karya sastra nilai estetisnya bisa dilihat dari bentuk rima, diksi dan gaya bahasanya. (Alfi Irsyad dkk : 2015)

Pengertian estetis dalam seni rupa adalah nilai-nilai keindahan yang terkandung dalam suatau karya seni seperti patung, lukisan, benda hias dsb. (Drs sri Murtono dkk : 2007)

Pengertian estetis dalam seni tari adalah nilai-nilai seni yang terkandung serta unsur-unsur estetis lainnya yang ada di dalam seni tari baik tari tradisional, tari kreasi baru ataupun tari kontemporer yang bisa dilihat dari gerakan, tata rias & busana serta kebebasan ekspresi. (Sigit Astono dkk : 2007)


Apa yang biasanya dilakukan orang-orang pada akhir minggu? Menonton film, menyaksikan konser musik, menghadiri pertunjukan teater, atau kegiatan-kegiatan lainnya? Ya, semua kegiatan tersebut dilakukan sebagai cara untuk menyegarkan pikiran setelah satu minggu berkutat dengan aktivitas-aktivitas rutin seperti bekerja, belajar, dan lain sebagainya.

Dari semua kegiatan akhir minggu tersebut dapat kita lihat bahwa semuanya memiliki kesamaan yaitu memiliki unsur keindahan di dalamnya. Seperti film, konser musik, pertunjukan tari atau teater, masing-masing memiliki unsur estetis yang dapat dinikmati.

Apa itu estetis? Estetis adalah istilah yang digunakan untuk menyatakan segala sesuatu yang menyangkut keindahan, apakah itu keindahan alam, seni, atau sastra. Misalnya seni tari, dimana pada setiap gerakannya terdapat nilai keindahan sehingga kita senang menyaksikannya. Atau dalam  sebuah konser musik dimana orang-orang rela berdesakan untuk menyaksikannya, ini tidak akan terjadi jika orang-orang tersebut tidak menemukan unsur estetis atau keindahan di dalamnya. Ada beberapa contoh kata yang menggunakan istilah estetis seperti unsur estetis, perasaan estetis, pengalaman estetis, dan lain sebagainya.

Unsur estetis dapat dikatakan sebagai nilai-nilai keindahan yang dimiliki suatu objek atau karya seni. Dalam menentukan nilai-nilai keindahan suatu objek dapat dilihat dari empat prinsip yaitu kesatuan, keselarasaan, keseimbangan, dan kontras.

Setiap objek terdiri dari berbagai unsur dan akan menjadi indah jika seluruh unsurnya saling membangun membentuk kesatuan. Contohnya pada suatu komposisi musik. Sebuah komposisi musik akan terdengar indah jika setiap alat musik yang dimainkan seperti gitar, bass, drum, dan keyboard memiliki kesatuan bunyi. Sebaliknya sehebat apapun permainan setiap alat musik jika tidak ada kesatuan dari semua unsurnya maka permainan musik itu tidak akan terdengar indah.

Selain kesatuan juga diperlukan keselarasan dan keseimbangan masing-masing unsur tersebut. Bagaimana masing-masing alat musik dimainkan dengan porsi yang pas sehingga terdengar indah. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah prinsip kontras diantara unsur-unsur pembentuk objek sehingga masing-masing unsur dapat ditonjolkan keunikannya yang membuat sebuah objek terlihat menarik. Jika keempat prinsip ini dimiliki oleh sebuah objek dengan komposisi yang tepat maka objek tersebut akan terlihat indah.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian estetis secara umum ya ! Semoga artikel pengertian estetis ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semua. Lihat juga pengertian etos belajar 🙂