PENGERTIAN ETIS DAN TIDAK ETIS


  • Pengertian etis dan tidak etis itu apa sih ?
  • Apa itu etis ? Apa arti kata etis ?
  • Apa yang dimaksud dengan etis ?
  • Apa pengertian politik etis menurut van deventer ?
  • Apa pengertian etis dan contohnya ?

Pengertian Etis


Pengertian Etis Menurut Para Ahli

Arti etis adalah :

Definisi etis adalah sesuatu hal yang berkaitan dengan atau berurusan dengan moral atau prinsip-prinsip moralitas serta berkaitan dengan benar dan salah dalam melakukan sesuatu.

Pengertian etis adalah bertindak dengan cara yang konsisten dengan apa yang masyarakat dan individu biasanya berpikir bahwa hal tersebut adalah nilai-nilai yang baik yang mencakup kejujuran, keadilan, kesetaraan, martabat, keragaman dan hak-hak individu.

Pengertian politik etis adalah politik yang pada dasarnya bertujuan rangkap yaitu yang pertama adalah untuk meningkatkan kesejahteraan penduduk pribumi, dan yang kedua adalah untuk menumbuhkan otonomi serta desentralisasi politik di Hindia Belanda secara berangsur-angsur. (Nagazumi 1989 : 27-28) 

Definisi politik etis adalah politik balas budi dimana pemerintah kolonial bertanggung jawab secara moral untuk meningkatkan kesejahteraan pribumi atau negara jajahannya (van de venter). Tujuan pelaksanaan politik etis menurut van de venter ada 3 yaitu untuk meningkatkan sektor di bidang edukasi, irigasi dan emigrasi.


Sebagai makhluk sosial kita hidup dalam kelompok atau masyarakat yang menganut nilai-nilai tertentu yang tidak tertulis dan sudah disepakati bersama yang disebut dengan etika. Nilai-nilai ini sangat dipengaruhi oleh budaya masyarakat setempat sehingga etika di suatu tempat bisa berbeda di tempat lain. Apa yang diperbolehkan di Sumatera Barat belum tentu sesuatu yang dibenarkan di Jawa Barat.

Contohnya budaya cium pipi ketika bertemu antara sejenis maupun lawan jenis adalah hal biasa dan diperbolehkan di negara Amerika, berbeda dengan di Padang, jangan coba-coba melakukan ini kalau tidak ingin dicap perempuan tidak baik.

Oleh karena itu etika bersifat sangat subjektif dan mencerminkan budaya yang dianut masyarakatnya. Dan tidak menutup kemungkinan terjadinya perubahan nilai-nilai yang dianut seiring pertambahan waktu dan pengaruh dari luar yang masuk ke suatu daerah.

Contohnya dulu di desa-desa pergaulan laki-laki dan perempuan sangat terbatas, tidak ada istilah pacaran apalagi pergi berduaan. Seiring bertambahnya waktu dan pengaruh dari luar salah satunya dari tontonan di televisi membuat nilai-nilai ini bergeser. Masyarakat sudah mulai memaklumi jika melihat pasangan yang bukan suami istri berduaan, pacaran pun menjadi sesuatu yang biasa.

Pendek kata, pengertian etis adalah segala tindakan yang sesuai dengan etika atau nilai-nilai yang disepakati secara umum. Kebalikannya, pengertian tidak etis adalah jika suatu tindakan menyalahi etika yang dianut suatu kelompok masyarakat. Karena berdasarkan kesepakatan suatu kelompok dan bersifat tidak resmi maka ganjaran atau hukuman dari suatu tindakan yang tidak etis adalah hukuman moral dari kelompok masyarakat tersebut.

Contoh perilaku tidak etis seperti perempuan yang hamil sebelum menikah akan dipandang rendah, digosipkan, bahkan bisa diusir jika tinggal di daerah yang sangat menjaga pergaulan laki-laki dan perempuan. Si perempuan tidak bisa dihukum secara undang-undang tetapi ia mendapat hukuman secara moral dari masyarakat.

Tidak hanya dalam bentuk tidak tertulis, ada juga asas-asas dan nilai moral yang dibuat secara tertulis untuk mengatur profesi tertentu dan disebut dengan kode etik. Contohnya kode etik jurnalistik dan kode etik kedokteran. Kode etik ini mengatur tindakan-tindakan yang etis dan tidak etis dalam profesi tertentu dan menjadi pedoman seseorang dalam menjalankan profesinya.


Oke itulah penjelasan mengenai pengertian etis dan contohnya. Mudah-mudahan sobat bisa memahami pengertian etis secara umum ya ! Lihat juga pengertian epistemologi 🙂