PENGERTIAN ETOS BELAJAR


  • Pengertian etos belajar itu apa sih ?
  • Apa itu etos belajar ? Apa arti kata etos belajar ?
  • Apa yang dimaksud dengan etos belajar siswa?

Pengertian Etos Belajar


Pengertian Etos Belajar Menurut Para Ahli

Arti etos belajar adalah :

Pengertian etos belajar adalah semangat belajar siswa dalam suatu proses pembelajaran atau niat yang bersungguh-sunguh untuk menggali pemahaman yang kompleks atas suatu objek tertentu.

Definisi etos belajar adalah suatu bentuk semangat yang tinggi yang ada pada diri seseorang untuk terus berkeinginan belajar dalam hidupnya.


Ketika dihadapkan pada hal-hal baru ada berbagai macam reaksi yang diberikan orang. Ada yang tidak tertarik, ada yang tertarik tetapi tidak berani atau tidak mau mempelajarinya, ada pula yang tertarik dan mau untuk mempelajarinya.

Contohnya ketika di kantor ada pengadaan mesin fotokopi baru yang jauh lebih canggih dari mesin fotokopi sebelumnya dimana mesin tersebut selain dapat memfotokopi juga dapat mencetak dari komputer dan mengirimkan fax. Bagi orang-orang dengan etos belajar yang baik mereka akan berusaha mempelajari cara penggunaan mesin tersebut sehingga dapat memanfaatkannya secara maksimal seperti bagaimana cara memperbesar hasil fotokopi, mengirim fax, dan lain sebagainya.

Apa itu etos belajar? Etos belajar adalah sebuah pandangan hidup, sikap, watak, karakter, atau kepribadian yang khas yang dimiliki seseorang atau sekelompok orang mengenai belajar. Belajar dalam dalam hal ini tidak sekedar belajar di ruang kelas tetapi belajar dalam arti luas. Menonton balapan dan mempelajari cara membalap dapat dikatakan belajar, mencoba berbisnis lalu gagal dan belajar dari pengalaman kegagalan juga dapat dikatakan belajar, serta masih banyak contoh belajar lainnya dalam arti luas. Dapat dikatakan segala aspek dalam kehidupan kita adalah pembelajaran.

Lalu bagaimana etos belajar yang baik? Etos belajar yang baik memandang belajar sebagai suatu kebutuhan, bukan beban sekedar melaksanakan kewajiban dan mengejar nilai. Contoh etos belajar yang baik seperti memiliki minat baca yang tinggi, menyukai tantangan dan kompetitif, mandiri dalam belajar, memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi dalam belajar, mau belajar dari manapun dan siapapun, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, aktif mempelajari sesuatu dan tidak bersikap pasif menerima apa yang diberikan guru di sekolah saja, pantang menyerah mempelajari sesuatu, dan lain sebagainya.

Etos belajar yang baik tentu tidak serta merta muncul dalam diri seseorang atau sekelompok orang. Perlu penanaman nilai pada diri seseorang mengenai pentingnya belajar, penanaman budaya belajar, perlu latihan dan pembiasaan agar sikap-sikap belajar yang baik menjadi etos belajar dalam diri seseorang.


Oke mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian etos belajar secara umum ya ! Lihat juga pengertian determinasi diri 🙂