PENGERTIAN ETOS KERJA DALAM KEWIRAUSAHAAN


  • Pengertian etos kerja dalam kewirausahaan itu apa sih ?
  • Apa itu etos kerja ?
  • Apa arti kata etos kerja ?
  • Apa yang dimaksud dengan etos kerja ?
  • Apa contoh etos kerja dalam kewirausahaan ?

Pengertian Etos Kerja


Pengertian Etos Kerja Menurut Para Ahli

Pengertian etos kerja adalah suatu keyakinan atau doktrin mengenai pekerjaan yang dipercaya dan diyakini oleh manusia, baik itu sebagai pribadi individu ataupun kelompok, sebagai sesuatu hal yang dianggap baik dan benar yang diwujudkan secara khas dan nyata di dalam perilaku kerja mereka. (Max Weber : 1958)

Arti etos kerja adalah suatu pandangan serta sikap terhadap kerja dan kebiasan kerja yang terdapat pada diri seseorang, sekelompok manusia atau suatu bangsa. (Mochtar Buchori : 2002)

Definisi etos kerja adalah suatu sikap terhadap kerja, waktu dan masa depan yang membentuk suatu perilaku khas individu ataupun organisasi. (Moctar Lubis : 1992)

Pengertian etos kerja dalam kewirausahaan adalah suatu aktivitas mental yang menggerakkan para wirausahawan untuk menghadapi suatu pekerjaan dan melaksanakan pekerjaan mereka dengan standar tertentu seperti, target kerja, disiplin waktu, disiplin kerja serta semangat dan kepercayaan yang tinggi untuk mencapai hasil yang maksimal dalam berwirausaha.


Menjadi seorang wirausahawan yang baik dan berhasil tentu tidak mudah. Diperlukan kerja keras, keteguhan hati, ketekunan, dan sikap-sikap lainnya yang lahir dari etos kerja yang tertanam dalam diri seseorang.

Etos kerja adalah pandangan, konsep, atau kerangka berpikir yang diyakini seseorang atau sekelompok orang mengenai kerja yang diwujudkan dalam bentuk perilaku secara khas. Etos kerja tidak serta merta muncul dalam diri seseorang, ia dibentuk melalui pengaruh, kebiasaan, serta budaya dan nilai-nilai yang didapatkannya dalam kehidupan sehingga menjadi keyakinan di dalam diri.

Etos kerja seseorang berhubungan dengan hal-hal seperti orientasi ke masa depan untuk menjadi lebih baik, penghargaan terhadap waktu dengan sikap disiplin untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam bekerja, tanggung jawab terhadap pekerjaan dengan tekun dan sungguh-sungguh dalam bekerja, bersikap hemat dan sederhana sehingga masih dapat mengembangkan usaha, serta persaingan yang sehat diantara sesama pengusaha seperti dengan meningkatkan kreativitas.

Etos kerja yang dimiliki seseorang sangat bermanfaat untuk menggerakkan atau mendorong orang tersebut untuk berbuat dan bekerja. Selain itu juga bermanfaat untuk menimbulkan gairah dan semangat dalam bekerja. Misalnya saat usaha yang dijalankan seseorang mengalami kegagalan, dengan etos kerja yang dimiliki mendorong dan menimbulkan semangat dalam dirinya untuk bekerja lebih baik dan giat lagi.

Etos kerja seorang wirausahawan meliputi pandangannya mengenai makna bekerja dalam kehidupan, karakter orang yang sukses, serta langkah-langkah seseorang dalam menjalani kesibukan menjadi wirausahawan. Bagi seorang wirausahawan, bekerja tidak sekedar bekerja akan tetapi memiliki makna yaitu rasa kebersamaan dan saling memberi antar sesama manusia, memiliki fungsi sosial, sebagai penentu status seseorang di masyarakat, serta bersifat pribadi.

Untuk meraih kesuksesan usaha diperlukan karakter-karakter seperti berkepribadian unggul, memiliki vak atau keahlian tertentu, bersedia dan mau untuk terus belajar dan bekerja keras, kaya baik secara mental, material, dan spiritual, serta mampu mengenali, mengetahui, serta memperhatikan hambatan-hambatan yang ada dan mungkin akan muncul.

Untuk menjadi wirausahawan yang sukses ada beberapa langkah atau tingkatan yang harus dijalani yaitu dimulai dari bekerja dengan orang lain untuk mendapatkan upah, menyibukkan diri dengan belajar dan bekerja untuk meraih prestasi atau keuntungan, terus menyibukkan diri dan bekerja sama dengan orang lain untuk meningkatkan keuntungan, menciptakan lapangan kerja, serta tidak lupa memberikan sumbangan untuk lingkungan, bisa dalam bentuk harta, berbagi pengalaman, dan lain sebagainya.


Oke mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian etos kerja dalam kewirausahaan secara umum ya ! Lihat juga pengertian mandor 🙂