PENGERTIAN EUFORIA


  • Pengertian euforia itu apa sih ?
  • Apa itu euforia ? Apa arti kata euforia ?
  • Apa yang dimaksud dengan euforia ?
  • Apa contoh euforia & penyebab euforia ?

Pengertian Euforia


Pengertian Euforia Menurut Para Ahli

Arti euforia adalah :

Pengertian euforia adalah suatu perasaan senang yang berlebihan yang tidak beralasan atau rasa optimisme / kekuatan yang tidak rasional. Penyebab euforia adalah karena pengaruh emosi (senang) yang sangat kuat atau bisa juga terjadi karena pengaruh obat tertentu (seperti psikotropika).


Istilah euforia pasti tak asing terdengar di telinga kita. Tiap kali ada perayaan, pesta olahraga, karnaval, maupun acara masal, kata euphoria acapkali digunakan untuk mendeskripsikan kemeriahan acara tersebut. Dalam artikel ini, akan dibahas secara lebih lengkap mengenai definisi euphoria yang tak asing kita dengar sehari–hari. Berikut ini ulasannya :

 Istilah euforia merupakan sebuah kata serapan dari bahasa Inggris “euphoria”. Secara etimologi “euphoria” berasal dari kata “euphoros” dalam bahasa Yunani yang berarti ‘sehat’ atau ‘keadaan yang secara fisik dihayati sebagai sesuatu yang menyenangkan’ atau ‘keadaan emosi gembira yang berlebihan’.

Pada sekitar abad ke-18, penggunaan istilah “euphoria” digunakan untuk mendeskripsikan keadaan medis di mana pasien mampu bertahan atau melewati suatu operasi. Namun, pada ilmu kesehatan modern, istilah “euphoria” digunakan untuk mendeskripsikan kondisi di mana seseorang mengalami gangguan perasaan yang tidak normal, seperti perasaan bahagia yang terlalu berlebihan. Gangguan ini biasanya disebabkan oleh penggunaan obat-obatan terlarang. Namun dalam kasus yang alami, mengalami kemenangan, perasaan jatuh cinta juga dapat menyebabkan seseorang mengalami euforia secara singkat.

Merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian euforia adalah perasaan nyaman atau perasaan gembira yang berlebihan.  Hal senada juga dikemukakan Merriam – Webster yang mengartikan istilah euforia sebagai perasaan bahagia yang luar biasa. Sedangkan pengertian euforia menurut “Cambridge Dictionary” adalah perasaan sangat bahagia yang terkadang tidak masuk akal dalam situasi tertentu.

Dalam ilmu psikologi, euforia diartikan sebagai rasa bahagia yang meluap-luap secara berlebihan dan terjadi terus-menerus pada suatu rentang waktu singkat yang timbul karena sebuah situasi baru yang belum pernah terjadi sebelumnya, sehingga situasi baru tersebut diterima seseorang sebagai sesuatu yang sangat menakjubkan.

Dari pengertian-pengertian di atas, istilah euforia dapat diartikan sebagai suatu hal yang positif maupun negatif, tergantung pada konteks penggunaan istilah tersebut. Berikut ini beberapa contoh penggunaan istilah euforia,

  1. Euforia masyarakat yang menyambut kemenangan Portugal di Euro 2016 masih terasa meskipun sudah tiga hari semenjak partai final itu diadakan. Hal ini wajar terjadi, mengingat Portugal baru pertama kalinya memenangi pesta sepakbola benua biru tersebut. (Euforia dalam konteks positif)
  1. Opiat (putaw, heroin, morfin) merupakan salah satu jenis narkoba yang menyebabkan penggunakan merasakan euforia dan edisforia secara bergantian dan tiba-tiba. (Euforia dalam konteks buruk)
  1. Larut dalam euforia pesta dan pengaruh minuman keras, membuat seorang pemuda babak belur dihajar massa karena dianggap meresahkan. (Euforia dalam konteks buruk)

Oke itulah penjelasan singkat tentang pengertian euforia dan contohnya. Mudah-mudahan kalian bisa memahami pengertian euforia & contoh euforia secara umum ya ! Lihat juga pengertian tahayul 🙂